15+ Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

MANFAAT MINYAK ZAITUN – Minyak zaitun sudah lama sekali digunakan orang-orang untuk dijadikan salah satu bahan diet terutama masyarakat Mediterania, apabila anda tak asing mendengar istilah diet mediterania, maka sudah pasti anda kenal dengan minyak zaitun.

Diet yang digunakan masyarakat mediterania yaitu menggunakan bahan dari minyak zaitun, mereka menggunakannya untuk dijadikan bahan olahan makanan sebagai pengganti minyak-minyak nabati contohnya minyak kelapa sawit.

Ekstraksi dari biji buah tanaman zaitun yang biasa dikenal olea europaea L akan menghasilkan minyaqk zaitun, pada biji zaitun terdapat kandungan asam lemak seperti asam lemak oleic yang sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Kandungan dan Jenis Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan http://familinia.com

terdapat dua jenis minyak zaitun yang bisa anda temukan di pasaran yaitu:

1. Minyak Zaitun Murni

Extra Virgin Olive Oil atau minyak zaitun murni merupakan kualitas terbaik dan termahal daripada jenis-jenis minyak zaitun yang ada, biasanya memiliki rasa buah zaitun yang asli pada minyak zaitun kualitas terbaik ini.

2. Minya Zaitun Standar

Minyak zaitun standar biasanya sudah melakukan proses pemurnian dan tidak memiliki rasa, aroma, dan warna dari buah zaitun.

Biasanya binyak zaitun yang beredar di pasaran merupakan jenis standar yang di mix dengan sedikit minyak zaitun yang bertipe extra virgin olive oil, berikut kandungan nutrisi yang terkandung di dalam 100 g minyak zaitun murni:

  • Terdapat 44% energi 884 kcal
  • Terdapat total lemak 100 g
  • Terdapat lemak jenuh
  • Terdapat lemak jenuh ikatan tunggal sebanyak 73%
  • Terdapat omega 6 sebanyak 9.7 %
  • Terdapat omega 3 0.76%
  • Terdapat vitamin E sebanyak 14,39 mg 72%
  • Terdapat Vitamin K sebanyak 60,2 µg 75%

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan http://fungsiminyakzaitun.com

Banyak khasiat yang bisa kita temukan pada buah zaitun, khasiat tersebut sudah di buktikan secara ilmiah oleh para peneliti, berikut beberapa manfaat minyak zaitun yang bisa anda jadikan bahan pengobatan dan kesehata.

1. Menjaga Kesehatan Peredaran Darah

Minyak zaitun mempunyai suatu fingsi utama yang mampu mempertahankan kesehatan organ kardiovaskular atau sistem peredaran darah terkhusus pada jantung dan pembuluh darah.

Minyak zaitun sangat berpengaruh untuk mempertahankan kesehatan peredaran darah, penjelasannya sebagai berikut:

A. Memberikan peningkatan terhadap elastisitas pembuluh darah arteri, sehingga mampu mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah arteri.

B. Dua macam lemak terdapat di dalam tubuh manusia yaitu lemak baik atau HDL dan lemak jahat atau disebut LDL yaiti lemak tidak jenuh. Minyak zaitun bisa menignkatkan kadar lemak yang ada di dalam tubuh dan mampu mengurangi lemak tak jenuh yang menyebabkan terjadinya penyempitan terhadap pembuluh darah.

C. Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk meminimalisir tekanan darah dengan meningkatkan elastisitas pada pembuluh darah serta mengurangi kadar asam nitrit pada tubuh, yaitu asam senyawa yang mampu merangsang naiknya tekanan darah pada tubuh.

Selain melindungi jantung dan pembuluh darah, asam lemak yang terdapat pada minyak zaitun juga mampu melindungi sel darah merah dari kerusakan – kerusakan oleh radikal bebas.

2. Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Alzheimer

Peneliti dari University of Massachusetts Amhersy Mengemukakan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan memori otak seseorang hingga 25% serta melindungi sel-sel otak dari kerusakan-kerusakan.

3. Mengobati dan Mencegah Kanker

Kemampuan lain dari minyak zaitun yaitu mampu mencegah dan menyerang penyakit kanker, selain itu, penyakit ini juga menjadi salah satu penyumbang angka kematian paling besar di dunia.

Minyak zaitun memiliki kandungan senyawa phitokimia yang bertugas sebagai antioksidan, disebutkan dalam sebuah jurnal bahwa minyak zaitun mampu menekan mutasi gen dan membunuh sel kanker pada tubuh.

4. Mencegah Penyakit Maag

Siapa yang menyangka bahwa minyak zaitun dapat menngobati dan mencegah penyakit maag, riset membuktikan bahwa minyak zaitun mempunyai skill untuk menghentikan pertumbuhan bakter Helicobacter pylori.

Helicobacter pylori ini merupakan penyebabk terjadinya maag atau radang lambung yang akhirnya memicu terjadinya pembentukan asam lambung, dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara berkelanjutan dapat mengurangi infeksi bakteri H pylori dan menghancurkan bakteri penyebab terjadinya penyakit maag.

5. Membantu mengurangi berat badan

Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan senyawa antioksidan dan senyawa lainnya yang bisa memancing sinyal rasa lapar di otak manusia, sehingga tubuh akan terasa cepat kenyang biarpun makan dalam jumlah yang sedikit.

6. Menghilangkan Jerawat

Cukup terdengar aneh sih jika minyak zaitun dipakai untuk menghilangkan jerawat, karena pada umumnya jerawat muncul pada kulit yang minyakan, minyak zaitun memiliki kandungan senyawa antibakteri yang bisa mengurangi infeksi bakteri P. Acne di kulit.

7. Menenangkan kulit yang terbakar

Kulit yang terbakar oleh sinar matahari akan terasa panas dan terasa menyakitkan, minyak zaitun bisa digunakan untuk memperbaiki kulit yang terbakar tsb dengan cara mengoleskan minyak zaitun pada daerah kulit yang tersa sakit.

Minyak zaitun akan meresap kedalam kulit hingga mencapai lapisan terdalam kulit dan menenangkan rasa panas dan sakit akibat sengatan cahaya matahari, gabungan minyak zaitun dan air dingin juga bisa dipakai untuk spray anti sengatan cahaya matahari.

8. Melembutkan bibir

Punya masalah dengan bibir seperti pecah-pecah, kering, dan sebagainya? minyak zaitun bisa digunakan untuk mengobatinya dengan kandungan yang terdapat di dalam minyak zaitun tsb bisa membantu membuat bibir kembali lembab dan lembut.

Caranya oleskan minyak zaitun pada area bibir yang pecah-pecah, lakukan kegiatan ini setiap harinya sebelum tidur agar mendapatkan kembali bibir yang lembab dan lembut, ditambah minyak zaitun juga dapat mengurangi warna kehitaman yang terdapat di bibir.

9. Menutrisi dan melembabkan rambut

Rambut yang kasar dan kering dapat diatasi dengan memakai minyak zaitun, kandungan asam lemak yang dimiliki minyak zaitun bisa membantu menambah kelembapan pada rambut dan menambah kilauan pada rambut.

Rahasia para wanita itali dan yunani yaitu karena mereka senantiasa memakaikan minyak zaitun ke rambut mereka sehingga terlihat sehat selalu dan berkilauan seperti cahaya.

10. Mencerahkan dan melembabkan kulit

Minyak zaitun bisa dipakai untuk bahan pencerahan kulit secara alami, minyak zaitun bisa mengurangi dan menghilangkan sel kulit mati yang bertumpuk pada lapisan epidermis yang terdapat pada kulit, sehingga membuatnya kembali cerah karena sel-sel kulit mati itu sudah terangkat dan menghilang.

Cara membuat scrub dari minyak zaitun, anda bisa mencampurkannya dengan beberapa butir garam dan urut-urutlah kulit yang sudah dioleskan tersebit selama 10 menit, setelah itu bersihkan dengan air yang sudah hangat, scrub ini juga dapat dipakai untuk memperlembab daerah kulit yang kering contohnya tumit dan siku.

11. Mencegah penuaan

Selain menyehatkan dan melembabkan kulit, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mencegah munculnya keriput keriput di wajah dan tanda-tanda terjadinya penuaan, minyak zaitun memiliki kandungan senyawa squalene yang bisa menjaga keelastisan dan kekencangan kulit.

Penelitian menyimpulkan bahwa orang yang dengan rutin menggunakan minyak zaitun dan mengkonsumsinya akan mempunyai kulit yang lebih awet muda daripada orang yang tidak mengkonsumsi minyak zaitun ini.

12. Menghilangkan selulit

Minyak zaitun bisa dipakai untuk mengurangi dan menghilangkan selulit pada kulit, adanya kandungan squalene dalam minyak zaitun mampu memulihkan kembali kondisi alami selulit serta mampu menghilangkan selulit.

14. Mencegah diabetes

Diabetes merupakan penyebab terjadinya kematian yang ada di seluruh dunia dan menjadi penyakit peringkat ke 6 yang mematikan setelah penyakit kanker dan jantung, diabetes atau biasa dibilang penyakit kencing manis ini merupakan penyakit yang muncul disebabkan tubuh tidak mampu menahan dan mengontrol kadar gula yang terdapat didalam darah sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ-organ lainnya.

Penelitian membuktikan bahwasannya minyak zaitun dapat digunakan untuk mencegah terjadinya diabetes yaitu dengan mengkonsumsinya akan meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh serta mengurangi kadar gula pada darah.

15. Meningkatkan kekebalan tubuh

Minyak zaitun memiliki kandungan kadar antioksidan yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk pertahanan bagi sel dari serangan infeksi, penyakit dan radikal bebas.

Antioksidan yang terdapat pada minyak zaitun bisa digunakan untuk menguatkan fungsi sel sistem imun bagian dalam, menurunkan tingkat peradangan serta pencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh kita.

16. Meningkatkan libido

sejak zaman dahulu romawi kuno sudah menggunakan minyak zaitun untuk aprodisiak atau biasa disebut senyawa yang mampu meningkatkan gairah seksual pada wanita maupun pria.

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara konsisten mampu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan pembentukan hormon seksual pada pria maupun wanita.

17. Mengurangi rasa sakit akibat infeksi

Minyak zaitun mempunyai kandungan senyawa yang bernama oleocanthal yang mampu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh infeksi ataupun peradangan, efek dari senyawa ini mirip dengan efek yang dihasilkan oleh ibuprofen atau obat pereda rasa nyeri.

18. Mempertahankan kekuatan tulang

Penelitian menyimpulkan bahwa minyak zaitu yang dimakan bersamaan dengan makanan mampu meningkatkan penyerapan kalsium yang terdapat di dalam tulang, dan juga mempertahankan padatnya tulang, minyak zaitun juga dipercaya mampu mencegah terjadinya osteoporosis atau penyakit tulang yang biasa menyerang para lansia.

Efek samping minyak zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan http://jualminyakzaitun.org

Walaupun memiliki kandungan kaya akan nutrisi yang memberikan banyak manfaat pada tubuh, minyak zaitun juga harus dipakai dan dikonsumsi sesuai takaran yang telah ditentukan, menggunakan minyak zaitun secara berlebihan akan mengakibatkan terjadinya alergi pada kulit, diare kecil karena minyak zaitun mempunyai kelebihan dan kekurangan, dosis untuk minyak zaitun murni yang disarankan yaitu 25 hingga 40 ml.

Tips menggunakan minyak zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan https://nasydiranursery.files.wordpress.com

Jika berminat untuk mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur dan mendapatkan banyak manfaatnya ikuti tips-tips berikut:

1. Jika membeli minyak zaitun murni pastikan juga membaca keterangan dan labelnya terlebih dulu serta pastikan minyak zaitun yang tersebut tidak tercampur dengan bahan-bahan atau zat lainnya, juga tanggal produksi minyak zaitun kadarluarsa dari produk minyak zaitun tsb.

2. Minyak zaitun sensitif terhadap sengatan cahaya matahari, cahaya matahari bisa menurunkan kualitas dari minyak zaitun, baiknya belilah minyak zaitun yang sudah dikemas dengan botol gelap agar cahaya tidak mengenainya.

3. Simpan minyak zaitun tsb di dalam botol yang gelap lau letakkan di tempat yang tidak terjamah cahaya matahari secara langsung, usahakan suhunya normal dan sejuk, kualitas minyak zaitun akan bertahan mulai dari 8 hingga 12 minggu lamanya.

18 Manfaat Minyak Zaitun yang Tak Terduga, Salah Satunya untuk Mencegah Kanker!