Acyclovir adalah

Pengertian dan Manfaat Acyclovir Untuk Penyakit Herpes

ACYCLOVIR ADALAH – Pernah dengar istilah Acyclovir tidak? kalau penyakit herpes atau cacar pasti tau dong. Nah Acyclovir  ini adalah salah satu jenis obat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit seperti herpes atau cacar air tadi. Biar lebih paham terkait dengan Acyclovir, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Acyclovir

Pengertian Acyclovir
PregnancyLoveToKnow.com

Acyclovir adalah sejenis obat antivirus yang dapat digunakan untuk meneyembukan atau memulihkan infeksi yang disebabkan oleh virus jenis tertentu.

Obat ini juga bisa mengobati atau menyembuhkan luka maupun benjolan-benjolan yang berisi air di sekitar wilayah mulut yang biasanya disebabkan oleh virus herpes zoster, virus herpes simpleks atapun cacar air.

Sealin itu juga Acyclovir ini juga dapat dipakai untuk mengobati herpes genital (herpes yang sering terjadi di wilayah organ intim).

Sejatinya Acyclovir tidak dapat membasmi virus yang ada pada tubuh sepenuhnya dari tubuh. Obat ini hanya bekerja untuk mencegah penyebaran serta perkembangan infeksi virus.

Kemudian juga, obat ini berguna untuk pencegahan dari infeksi yang diakibatkan oleh virus. Salah satu kelebihan Obat Acyclovi ini adalah dapat memulihkan dan menyembuhkan luka serta benjolan yang ada dengan lebih efektif dan cepat, kemudian mencegah adanya luka atau benjolan yang baru, serta dapat mengurangi rasa sakit serta gatal.

Selain itu juga, bagi orang yang dengan sistem kekebalan lemah, obat ini berguna untuk mengurangi risiko virus menyebar ke seluruh bagian tubuh yang lain yang nantinya dapat menyebabkan infeksi serius.  Ada beberapa bentuk untuk Obat Acyclovir ini.

Salah diantaranya ada yang berbentuk bubuk untuk dilarutkan, larutan, kapsul, tablet dan suspensi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, perlu adanya penegasaan bahwa pemakaiaan obat Acyclovir ini sejatinya tidak akan menghilangkan virus yang ada sepenuhnya dari dalam tubuh. Obat tersebut hanyalah bermanfaat untuk pencegahan perkembangan infeksi virus serta penyebarannya.

Indikasi Acyclovir

kegunaan Acyclovir
Kidspot.au.com

Obat Acyclovir efektif sekali dalam melawan virus herpes walaupun tidak dapat sepenuhnya diberantas. Berikut ini 4 indikasi Aciclovir;

  • Herpes zoster
  • Herpes simplex
  • Herpes genital (herpes pada organ intim
  • cacar air atau Chicken pox

Kontraindikasi

kontraindikasi Acyclovir

Selain indikasi, obat ini juga memlikiki kontraindikasi, salah satunya ialah obat ini tidak cocok unutk Pasien yang hipersensitif dengan obat golongan Acyclovir dan ValAcyclovir.

Aturan Pakai atau Dosis Acyclovir

aturan pakai Acyclovir

 

1. Untuk Penegobatan Herpes simpleks yang bukan genital

  • Untuk Anak yang beruisa 1 bulan hinnga 2 tahun, pemeberian dosisinya ialah dengan Acyclovir 100 mg dalam 5 kali sehari selama 5 hari. (dapat ditambah lebih jika tidak ada perbaikan, dosis bisa dinaikan untuk pasien dengan imunokompromise atau gangguan penyerapan)
  • Untuk Anak yang beruisa diatas 2 tahun serta untuk dewasa : pemeberian dosisinya ialah 200 mg dalam 5 kali sehari selama 5 hari.

2.Untuk Penegobatan Herpes simpleks genital

  • Pemeberian dosisinya ialah dengan Acyclovir 200 mg dalam 5 kali sehari atau dengan Acyclovir 400 mg dalam 3 kali sehari selama 5 hari.
  • Untuk Pasien imunokompromise atau pengidap HIV pemeberian dosisinya ialah dengan Acyclovir 400 mg dalam 5 kali sehari selama 7 – 10 hari pada infeksi pertama. kemudian Acyclovir 400mg dalam 3 kali sehari selama 5 sampai 10 hari untuk infeksi kambuhan.

3. Herpes simpleks, pencegahan kekambuhan

  • Pemeberian dosisinya ialah dengan Acyclovir 200 mg dalam 4 kali sehari atau dengan Acyclovir 400 mg dalam dua kali sehari. Dapat juga diturunkan sampai 200mg dalam 2-3 kali sehari.
  • Dosis juga bisa dinaikan sampai 400mg dalam 3 kali sehari, kalau penyakit muncuk ketika saat terapi. Setiap 6 sampai 12 bulan, terapi dihentikan untuk dilakukan penilaian kembali.

4. Herpes simpleks, pencegahan pada pasien imunokompromise

  • Pemeberian dosisinya ialah dengan Acyclovir 200 sampai 400 mg dalam 4 kali sehari.
  • Pemeberian dosisi untuk Anak dibawah 2 tahun ialah dengan Acyclovir 100-200 mg dalam 4 kali sehari

5. Varicella dan Herpes zoster

  • Pemeberian dosisi untuk Anak 1 bulan sampai 12 tahun ialah dengan Acyclovir 20mg/kg (max. 800mg) dalam 4 kali sehari selama 5 hari.
  • Pemeberian dosisi untuk orang Dewasa ialah dengan Acyclovir 800 mg dalam 5 kali sehari selama 7 hari.
  • Salep Acyclovir 5% dioleskan pada daerah cacar 5 kali sehari sampe kering

Kemudian yang menjadi catatan dalam mengkonsumsi obat Acyclovir ini adalah selalu perhatikan kondisi-kondisi dimana obat ini dilarang untuk diminum.

Bagi ibu hamil serta ibu yang lagi menyususi haruslah sangat diperhatikan, jangan sembarangan dalam mengkonsumsi obat ini.

Kemudian bagi anak-anak dalam pemberian obat harus lah dengan dosis yang tepat agar tidak terjadi overdosis.
Selama masa mengkonsumsi obat Acyclovir ini dianjurkan sekali untuk memperbanyak minum air putih. Yang mana nantinya berguna agar tidak mengalami dehidrasi.

Jika mengalami overdosis atau reaksi alergi yang berlebih haruslah segera berkonsultasi dengan dokter. Karena dalam pemberian Dosis obat ini sejatinya disesuaikan dengan respon tubuh terhadap obat, kondisi kesehatan dari pasien, tingkat keparahan penyakit, dan jenis infeksi.

Dan teruntuk anak-anak, pemberian dosisnya mengikuti berat badan serta usianya. Untuk pemebrian dosis yang aman, biasanya Acyclovir yang dianjurkan ialah antara 600 sampai 1000 mg setiap harinya.

Konsumsi Acyclovir harus sesuai dengan dosis anjuran dariokter serta selalu perhatikan saran penggunaan yang ada di bagian kemasan.

Acyclovir akan lebih berfungsi optimal jika diminum langsung ketika gejala awal sudah mulai terlihat. Obat Acyclovir bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan.

Kemudian selalu perhatikan dan tingkatkan asupan air putih. Karena air putih dapat membantu organ ginjal untuk selalu berfungsi dengan lebih baik.

Untuk hasil yang signifikan, antara konsumsi setiap dosisny untuk diaatur jarak secara baik. Dan jika ternyata kelupaan dalam mengonsumsi Acyclovir, dianjurkan untuk segera meminumnya.

Dengan catatan tidak terlalu dekat waktunya dengan dosis selanjutnya.

Jangan pernah menggandakan atau melebihkan dosis obat Acyclovir dari jadwal konsumsi yang selanjutnya, walaupun ada pemberian dosis sudah terlewat. Takutnya nanti malah terjadi overdosis. Dan jika sudah terlanjur overdosis segeralah hubungi dokter.

Efek Samping Dan Bahaya Acyclovir

bahaya Acyclovir
hellosehat.com

Setiap obat tentunya memiliki efek samping. Begitu juga dengan obat Acyclovir ini yang memiliki Efek samping berbeda-beda terhadap setiap pasien.

kebanyakan efek samping dari obat ini jarang terjadi, paling efek samping dari obat Acyclovir ini ialah menyebabkan kulit terasa lebih sensitif ketikaber paparan langsung dengan sinar matahari.

Oleh karena itu, pada saat mengkonsumsi obat ini disarankan untuk tidak langsung terkena sinar matahari. Dan kalaupun memang tidak bisa untu tidak terkena sinar matahari maka disarankan untuk menggunakan tabir surya.

Sejumlah efek samping Acyclovir yang biasa terjadi adalah memicu rasa kantuk, tubuh terasa kelelahan, ruam yang terasa gatal, demam, pusing atau sakit kepala, mual, kembung , sakit perut serta diare.

Efek samping yang terbilang serius sebetulnya jarang sekali ditemui, tetapi ketika sudah serius paling parahnya adalah gatal dan pembengkakan, menurunnya produksi air seni, gelisah , perdarahan atau memar tidak normal, halusinasi, kejang dan lain sebagainya.

Jika efek samping yang sudah dijelasakan di atas tadi terjadi secara terus menerus atau terjadi reaksi alergi, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Demikinalah penjelasan singkat tentang Acyclovir. Jadi sekarang sudah tau dong kalau Acyclovir adalah obat untuk penyakit yang disebabkan virus herpes zoster, virus herpes simpleks atapun cacar air. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam kesehatan. Jangan lupa Shere jika artikel ini dinilai bermanfaat. Terimaksih.

Leave a Comment