Penyebab dan Pengertian Adhesi Atau Perlengketan Usus

ADHESI ADALAH – Disini kami akan menjelaskan tentang apa itu adhesi. Pasti anda sedang bertanya-tanya apa itu yang dinamakan dengan adhesi. Adhesi adalah, Perlengketan usus atau adhesi adalah fenomena di mana percernaan dan otot saling menempel pada dinding abdomen.

Penyebabnya adalah luka pada jaringan anara organ dalam dan abdomen. Pada umumnya, jaringan yang berada dalam perut dan abdomen memiliki permukaan yang lembut yang tidak akan menempel walaupun saat tubuh bergerak.

Namun ada keadaan tertentu yang membuat keduanya saling menempel. Perlengketan usus mungkin saja terjadi di antara saluran gastrointestinal atau saluran pencernaan dan jaringan pada otot perut

Adhesi usus adalah komplikasi yang umum setelah operasi. Hampir 90% pasien telah menjalani operasi perut, usus, pelvis, dan melahirkan mudah terkena adhesi ini

Tanda-tanda Adhesiadhesi

Kebanyakan kasus adhesi ini awal-nya tidak punya gejala tertentu. Tetapi gejala awal yang paling umum adalah sakit perut berkepanjangan. Mungkin masih banyak lagi gejala-gejala yang lain, yang belum tercantum. Jika ada pertayaan tentang gejala adhesi anda bisa langsung menanyakannya ke dokter ahli.

Komplikasi Adhesi

Infertilitas perempuan merupakan salah satu komplikasi dari terjadinya adhesi. Adhesi dapat mendistorsi tuba falopi, menghalangi jalannya sel telur dibuahi untuk rahim, di mana janin berkembang. Obstruksi usus adalah komplikasi yang paling serius dari Adhesi perut.

Adhesi dapat memutar atau menarik usus kecil atau besar keluar dari tempat, menghalangi gerakan normal bahan makanan dan limbah melalui tubuh. Gejala obstruksi usus termasuk sakit perut yang parah, kembung, dan muntah. Sebuah penyumbatan lengkap adalah keadaan darurat medis yang membutuhkan perhatian segera.

Kapan Harus Periksa Ke Dokter

dokter
rd.com

Jika anda mengalami sakit perut berkepanjangan tanpa sebab yang jelas, mandul, ileus, anda perlu ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan cepat. Setiap orang status dan kondisi dapat berbeda atau bervariasi tergantung orangnya tersebut. Anda harus selalu berdiskusi dengan dokter untuk mencari tahu metode diagnosis dan perawatan yang paling baik untuk anda.

Penyebab Terjadinya Adhesi

Operasi yang terjadi di perut adalah penyebab utama-nya terjadi adhesi tetapi masih ada lagi penyebab yang lainnya :

  • Pengeringan organ dan jaringan tubuh
  • Operasi usus buntu
  • Jaringan organ terpapa oleh benda asing seperti perban, sarung tangan operasi, jarum, dan masih banyak lainnya
  • Darah biasa atau yang tersumbat selama terjadi-nya operasi dan darah tidak di cuci selama prosedur operasi

Penyabab lain adhesi selain operasi adalah:

  • Usus buntu yang pecah
  • Infeksi Perut
  • Perawatan radioterapi untuk kanker
  • Dinding abdomen yang menempel tanpa sebab
  • Infeksi ginekologikal

Apa Yang Dapat Meningkatkan Terjadinya Adhesi

tingkan
wkyes.blogspot.com

Jika seseorang terlalu sering menjalankan opersi perut maka akan meningkatkan resiko dinding abdomen terkontaminasi. Selain itu, jika anda melakukan diet yang tidak seimbang setelah menjalankan operasi maka akan lebih rentang dengan penempelan dinding abdomen atau adhesi.

Pengobatan Jika Terkena Adhesi

obat-obatan
salon.com

Pengobatan untuk adhesi perut tergantung pada penyebabnya, lokasi dan gejala. Seringkali, semua dokter mengobati gejala, semisal dengan di kasih penghilang rasa sakit. Ada operasi yang dapat menyembuhkan adhesi perut, tetapi biasanya jika operasi akan menyebabkan perlengketan baru yang mungkin dapat menyebabkan permasalahan baru pada perut anda.

Obstruksi yang disebabkan oleh abhesi perut, bagaimanapun anda harus langsung menjalani perawaran yang intensif dari dokter. Salah satu perawatan yang paling efektif untuk adhesi adalah terapi yang dinamakan dengan terapi Teknik Wun. Mirip dengan pijatan, tetapi memiliki teknik khusus agar dapat menghilangkan adhesi.

Apa Saja Tes Yang Biasa Dilakukan Jika Terkena Adhesi

Perlengketan usus atau adhesi tidak akan bisa terditeksi melalui tes ataupun ultrasound. Kebanyakan perlengketan usus (adhesi) dapat terlacak setelah melalui operasi pada perut. Namun, X-ray perut, endoskopi gastrointestinal bawah (GI) atau tomografi (CT) dapat mendeteksi penyumbatan usus karena adhesi.

Mencegah Adhesi Dengan Laparoskopibedah laparoskopi

Zaman dahuku, pembedahan dilakukan dengan cara penyesetan besar di kulit agar dokter dapat melihat dengan jelas isi dalam perut. Tidak heran akhirnya terjadi perlengketan usus atau adhesi. Perlengketan memang sangat susah dihindari setelah operasi, tetapi gejala ini dapat dimilimalisir dengan tata cara operasi yang lembut, teliti dan hati-hati.

Saat ini pembedahan atau operasi bedah perut dapat dilakukan dengan teknik laparoskopi atau peneropongan. Dengan demikian, sayatan yang diperlukan tidak terlalu besar tidak seperti jika operasi bedah terbuka yang sayatannya terlalu besar.

Agar terlihat lebih jelas dokter biasanya menggunkan gas karbondioksida. Dengan cara demikian adhesi bisa dihindarkan. Selain itu, jika menggunakan sarung tangan latex-free , maka akan mempersingkat waktu operasi, mempersingkat waktu operasi juga dapat mencagah terjadinya perlengketan usus atau adhesi pada perut.

Sekian penjelasan dari saya semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya