Albumin adalah

Membahas Tuntas Mengenai Pengertian Albumin fungsi, dan Makanan yang Menandungnya

ALBUMIN ADALAH istilah yang dipakai untuk merujuk ke berbagai jenis protein monomer yang larut dalam garam atau air dan mengalami koasgulasi saat terkena panas. Substansi yang memiliki kandungan albumin, seperti putih telur, disebut juga albuminoid.

Albumin Adalah

Albumin adalah
skinclinic.pl

Albumin (bahasa Latin: albus, white) adalah protein utama yang didapat pada darah manusia. Mengatur tekanan osmotik pada darah merupakan sebuah fungsi utama protein yang dihasilkan oleh organ hati ini. Dibutuhkannya keseimbangan albumin untuk menjaga supaya cairan yang terdapat pada darah tidak bocor ke jaringan tubuh.

Obat albumin mempunyai fungsi sama dengan protein alami yang dihasilkan tubuh kita. Obat ini diberikan bagi pengidap defisiensi albumin atau hipoalbuminemia. Kondisi menurunnya kadar albumin pada darah ini biasanya mengindikasikan adanya gangguan pada kinerja hati dan ginjal, adanya proses peradangan, atau pada orang-orang yang terkena derita malnutrisi.

Pemberian albumin harus ditangani oleh petugas medis atau dokter, karena obat ini cuma ada dalam bentuk cairan infus.

Tentang Albumin

Golongan Protein
Kategori Obat resep
Manfaat Menangani defisiensi albumin
Dikonsumsi oleh Dewasa
Bentuk obat Obat infus

Peringatan Menggunakan Albumin

  • Bagi wanita hamil atau menyusui sebaiknya hanya memakai obat albumin jika ada perintah dari dokter.
  • Harap berhati-hati untuk penderita penyakit gagal jantung kongesti atau lansia, anemia yang parah, edema paru, gangguan ginjal, sirosis kronis, hipoproteinemia, juga nefrosis kronis.
  • Jika terjadi reaksi overdosis atau alergi, segera konfirmasi dokter.

Dosis albumin

Albumin hanya bisa diberikan melalui cairan infus. Karena itu, dosisnya akan ditentukan oleh para dokter dilihat dari kondisi kesehatan masing-masing pasien juga pemantauan secara seksama.

Mengonsumsi Albumin dengan Benar

Pemberian albumin harus dengan dosis yang tepat disesuaikan dengan kebutuhan pasien, sehingga harus diberikan oleh dokter atau petugas medis berdasarkan perintah dan pemantauan dokter.

Perhatikan isi dalam kemasan albumin sebelum digunakan. Cairan albumin harus dalam keadaan bening dan tanpa partikel. Jangan dipakai jika warna cairan telah berubah, berisi partikel, atau tempatnya bocor. Mintalah pada petugas medis guna memberikan yang baru.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Albumin

Sama seperti obat-obatan pada biasanya, albumin juga mempunyai efek samping. Beberapa efek samping yang bisa terjadi saat obat ini diberikan, tapi tidak sesuai dengan kondisi khusus pada masing-masing penderita mencakup:

  • Urtikaria.
  • Haus
  • Demam.
  • Berkeringat, sensasi rasa panas, dan jantung berdebar (hot flushes).
  • tekanan darah meningkat.
  • Sakit kepala.
  • Mual dan muntah.
  • Detak jantung menurun (bradikardia) atau meningkat (takikardia).

Apa Saja Fungsi Albumin?

Albumin adalah
ummi-online.com

Tingginya komposisi albumin pada plasma darah menjadikan sebagian besar fungsi plasma darah saling terkait dengan keberadaan albumin di dalam plasma darah itu sendiri. Selain itu manfaat albumin juga sangat besar untuk mengikat sel-sel dalam darah agar tetap dalam anomali normal.

Terdapat gen yang bersifat larut dan mengikat dalam albumin yang fungsinya menjaga darah tetap pada komposisi yang normal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah fungsi dan manfaat albumin dalam tubuh manusia.

Berfungsi Sebagai Agen Pengikat Darah

Sel darah sebetunya tidak sepenuhnya pada bentuk cairan. Albuminlah yang mengikat semua bagian sel dengan air sampai membentuk cairan darah seperti apa yang Anda kenal sekarang.

Albumin mengikat darah dan disaat jumlahnya tidak sesuai dengan kebutuhan, sel-sel dalam darah dan juga cairan akan terpisah sampai-sampai membentuk sebuah endapan darah dalam beberapa bagian pada tubuh yang kemudian disebut edema. Pada bagian dimana edema itu terjadi, muncul pembengkakan terkadang disertai lebam.

Berfungsi Sebagai Penjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Sel itu sendiri membutuhkan keseimbangan cairan saat menjaga fungsinya. Dan di sini albumin termasuk agen yang berfungsi untuk menjaga kondisi tersebut. Kadang sel tubuh terjadi kurangnya kadar air, dan albumin secara otomatis akan membantu menyalurkan air dalam darah guna masuk pada sel yang bersangkutan guna mengembalikan kadar normal air dalam sel itu sendiri.

Pada kondisi yang berlawanan albumin juga membantu sel untuk mengeluarkan kelebihan air dan memasukannya kembali di dalam darah. Ini juga bersangkutan dengan edema, ketika tubuh tidak lagi bisa mengendalikan kelebihan dan kekurangan air dalam sel.

Befungsi Sebagai Saluran Berbagai Nutrisi dan Hormon

Sebagaimana fungsi albumin yang berfungsi sebagai pengikat dalam darah, albumin juga menjadi sebuah media dimana berbagai lemak, nutrisi, beberapa hormon semisal tiroksin juga kortisol, beberapa protein darah semisal bilirubin, dan beragam mineral yang tersimpan selama berjalan menuju semua tubuh dengan melalui plasma darah. Sehingga disaat kekurangan albumin tubuh sudah bisa mengalami malnutrisi.

Membantu Memperbaiki Kerusakan Jaringan

Albumin berperanan penting dalam perbaikan sel proses dan regenerasi sekaligus sebagai agen dalam pembentuk ikatan antar sel. Selain itu albumin membantu menyumbang sinyal pada sistem imunitas mengenai adanya serangan kerusakan pada sel.

Itu sebabnya albumin juga erat kaitannya sama pembentukan sel darah putih sebagai benteng utama sistem imunitas. Ketika terjadi hipoalbumin, tubuh jadi lebih mudah terkena edema sampai-sampai meningkatkan sebuah efek inflamasi, selain proses pembentukan pada sel baru berjalan dengan lebih lambat.

Makanan yang Mengandung Albumin

Albumin Adalah
irondumbbell.com

Terdapat banyak jenis makanan yang terdapat banyak  mengandung albumin, dan sejatinya jenis-jenis makanan itu sangat mudah kita jumpai semisal dari jenis sayuran, buah-buahan, macam daging, susu dan jenis makanan yang lainnya.

Jenis sayuran

  1. Brokoli
  2. Bayam
  3. Asparagus
  4. kacang kapri
  5. Kentang
  6. Kembang kol
  7. Kecambah
  8. Buncis
  9. Jagung manis
  10. Jamur

Jenis Buah-buahan

  1. Manggis
  2. Kurma
  3. Jambu biji merah
  4. Pisang
  5. Apel
  6. Jeruk keprok
  7. Alpukat
  8. Markisa
  9. Buah persik
  10. Buah naga

Jenis Daging-dagingan

  1. Daging ikan tuna
  2. Ikan lele
  3. Ikan salmon
  4. Ikan gabus
  5. Dada ayam
  6. Daging sapi
  7. Daging Kalkun
  8. Daging domba
  9. Daging Belut
  10. Daging kelinci

Jenis Produk Susu

  1. Yougurt
  2. Susu kambing
  3. Susu sapi
  4. keju
  5. sereal

Jenis Makanan Lain

  1. Gandum
  2. Beras merah
  3. Telur tetapi hanya pada putihnya

Leave a Comment