Pengertian Alopecia beserta Cara Mengatasi dan Mencegah Alopecia

ALOPECIA ADALAH bahasa medis untuk menyebut rambut rontok secara berlebihan yang mengakibatkan kebotakan. Rambut rontok merupakan masalah yang cukup serius, apalagi jika terjadi di usia muda. Pasti akan menjadi beban yang menyangkut tingkat kepercayaan diri seseorang, karena rambut merupakan salah satu faktor yang berperan dalam penampilan.

Apa jadinya jika masih muda dan belum menikah. Jika belum siap ini bisa berpengaruh terhadap kondisi psikologisnya. Semua orang pasti bisa mengalami rambut rontok. Bahkan bisa saja semua orang sudah mengalami rambut rontok. Namun belum masuk definisi alopecia jika rambut yang rontok hanya satu dua helai saja.

Alopecia Adalah Penyebab Kebotakan

Alopecia adalah rambut rontok berlebihan
Sumber: huffingtonpost.co.uk

Alopecia adalah kerontokan rambut yang berlebihan, seseorang bisa dianggap terkena alopecia jika sudah mengalami kerontokan rambut minimal 100 helai setiap harinya. Jumlah yang sangat banyak bukan? Jadi orang yang terkena alopecia kemungkinan besar akan mengalami kebotakan.

Dari banyaknya kasus alopecia, mereka yang terkena alopecia rambutnya tidak bisa tumbuh kembali secara alami. Dan alopecia bisa terjadi kepada semua orang baik laki-laki, perempuan, orang tua, anak muda, bahkan anak-anak. Kerontokan rambut bisa saja terjadi dengan tiba-tiba, bisa juga terjadi secara perlahan biasanya tergantung dengan faktor penyebabnya.

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok
Sumber: nuna-shop.com

Penyebab rambut rontok sangat banyak dan bermacam-macam. Ada yang disebabkan karena masalah sepele dan ada juga yang disebabkan karena masalah yang serius. Kerontokan rambut yang sudah masuk definisi alopecia adalah kerontokan rambut yang biasanya terjadi karena sebab-sebab yang serius.

Jika secara tiba-tiba anda mengalami kerontokan rambut dalam jumlah banyak. Maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Namun, kerontokan rambut yang sudah masuk definisi alopecia ada kemungkinan juga bukan disebabkan karena hal yang serius. Penasaran apa saja yang menyebabkan terjadinya kerontokan rambut? Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kerontokan rambut.

  • Faktor keturunan, kerontokan rambut bisa terjadi dikarenakan faktor dari keluarga, apalagi jika sudah masuk definisi alopecia, kemungkinan menjadi turunan sangat besar.
  • Faktor perawatan, faktor ini yang cukup yang cukup banyak dijumpai masyarakat, terutama kaum perempuan yang suka merawat rambutnya. Perawatan yang salah sangat bisa menyebabkan terjadinya rambut rontok. Seperti penggunaan bahan kimia berlebihan, terlalu sering menggunakan alat perawatan rambut, jarang keramas, dan terlalu kencang mengikat rambut.
  • Faktor kondisi seseorang, kondisi seseorang juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya rambut rontok. Seperti stress, usia, kehamilan, kurang gizi, dan terkena penyakit serius.

Adapun alopecia adalah kerontokan rambut yang kemungkinan besarnya rambut tidak akan tumbuh kembali. Namun bukan berarti sudah hilang harapan memiliki rambut. Tidak ada usaha yang sia-sia. Jika anda seorang yang mau bekerja keras pasti percaya dengan kata tidak ada yang tidak mungkin.

Mengatasi Rambut Rontok

tips mengatasi rambut rontok
Sumber: deherba.com

Jika anda sudah mulai mengalami kerontokan rambut, meskipun jumlah sedikit namun setiap hari, harus segera diatasi. Jangan dibiarkan apalagi menganggapnya hal sepele. Mungkin kalau memang ada faktor kesengajaan seperti mencabutnya sendiri boleh diabaikan.

Adapun beberapa tips mengatasi rambut rontok yang bisa anda terapkan bisa memakai bahan-bahan alami dan bisa juga menggunakan teknologi modern. Zaman sekarang sudah sangat canggih sampai untuk mengatasi rambut saja sudah ada.

Biasanya yang membutuhkan teknologi yaitu mengatasi kebotakan yang disebabkan karena alopecia. Karena alopecia ini memang bisa menghabiskan rambut dan rambut tidak tumbuh lagi tanpa adanya usaha yang maksimal.

Ada beberapa tips mengatasi rambut rontok atau alopecia, namun jika anda seorang yang mengalami rambut rontok sebaiknya direkomendasikan dulu ke dokter, jika memang masalah rambut rontok anda serius maka akan dilakukan diagnosis supaya penyebab rambut rontok yang anda alami teridentifikasi.

Adapun tips atau cara mengatasi rambut rontok yaitu:

  • Menggunakan obat, ada obat yang khusus untuk mengatasi rambut rontok. Seperti kortikosteroid dan finasteride.
  • Pembedahan, ini biasanya dilakukan untuk penderita alopecia. Ada beberapa macam pembedahan, seperti transplantasi rambut, terapi laser, scalp flaps, dan scalp reduction.
  • Mengunakan bahan alami seperti memakai minyak zaitun, lidah buaya, dan bahan alami lainnya yang dipercaya berkasiat terhadap rambut.

Mencegah Rambut Rontok

mencegah rambut rontok
Sumber: laksani.com

Alopecia adalah kerontokan rambut yan bisa terjadi sama siapa saja, meskipun anda tidak termasuk ke dalam orang yang memiliki jalur keturunan penderita alopecia. Atau anda tidak memiliki hal-hal lain yang menyebabkan alopecia, akan tetapi bisa saja sewaktu-waktu anda bisa menjadi penderita alopecia. Jika anda lalai dalam menjaga dan merawat dengan baik rambut anda.

Mencegah itu lebih baik dari pada mengatasi, jadi untuk menghindari terjadinya alopecia atau pun kerontokan rambut lebih baik mencegahnya. Adapun cara mencegah alopecia atau kerontokan rambut yaitu:

  • Perawatan yang sederhana saja, seperti keramas setiap hari minimal sekali sehari.
  • Tidak sering mewarnai rambut.
  • Hindari berlama-lama terkena panas, selain membuat rambut bercabang, bisa juga menyebabkan kerontokan.
  • Pemberian nutrisi, pemberian nutrisi tidak lewat perawatan rambut secara langsung, tapi bisa juga dari pola makan.
  • Minum air putih yang cukup.

Macam-macam Jenis Alopecia

alopecia
Sumber: canadianhair.ca

Alopecia adalah kerontokan rambut yang memiliki beberapa macam jenisnya, kita mungkin sering melihat orang ada yang mulai dari bagian atas rambutnya tidak ada, ada yang dari depan, dan sebagainya. Itu merupakan jenis-jenis alopecia, dan itu memiliki nama-nama istilah dari kedokteran tersendiri. Yaitu sebagai berikut:

Alopecia Symtomatica

Alopecia symtomatica merupakan kerontokan rambut yang terjadi secara mendadak dan merata. Biasanya terjadi karena mengalami beberapa penyakit yang menyebabkan rambut rontok.

Kerontokan yang terjadi karena penyakit yang diderita menyebabkan kerusakan papil rambut. Sehingga rambut dengan mendadak bisa rontok dalam jumlah banyak, namun pertumbuhan rambut bisa kembali membaik jika papil rambutnya sudah baik pula.

Alopecia Areta

Alopecia Areta adalah nama lain dari pitak, yaitu bagian rambut kepala yang tidak tumbuh rambut dan terlihat jelas dengan warna yang putih mengkilap. Kemungkinan sembuh dan tumbuh baiknya sangat kecil, dan bisa juga memburuk yang membuat kebotakan secara keseluruhan.

Alopecia dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Alopecia liminaris, yaitu kebotakan dahi belakang disebabkan karena tekanan penggulung rambut, topi, atau juga helm.
  • Pressure alopecia, yaitu kebotakan yang terjadi karena tekanan, misal pada bayi. Bagian belakang kepala bayi biasanya lambat dalam pertumbuhan rambutnya. Itu terjadi karena tekanan kepala dengan bantal atau tempat yang lain yang dijadikan bantalan.
  • Ophiasis, yaitu kebotakan yang menjalar kebelakang degan bentuk melingkar.

Alopecia Totalis

Alopecia totalis bisa juga disebut dengan alopecia universalis, ini adalah jenis kerontokan secara menyeluruh termasuk juga rambut-rambut yang tumbuh selain di kepala.

Jenis ini sangat jarang dijumpai, jika terjadi pun kebanyakan terjadi pada orang tua yang sudah memiliki usia lanjut atau di atas usia 50 tahun.

Alopecia Cicatrizata

Alopecia cicatrizata merupakan jenis kerontokan rambut yang sangat jarang terjadi. Yaitu folikel-folikel rambut yang meradang dan menjadi tidak tumbuh rambut lagi.

Demikian penjelasan-penjelasan seputar alopecia. Alopecia adalah jenis kerontokan rambut yang benar-benar harus diperhatikan dan dihindari jika anda tidak ingin mempunyai kepala botak. Caranya pertama yang paling baik yaitu mencegahnya, dan jika sudah terjadi segera lakukan penangan. Bisa dengan cara yang sudah dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat.