alprazolam adalah obat dosis

Sering Panik dan Cemas? Alprazolam adalah Obatnya

ALPRAZOLAM ADALAH obat yang digunakan untuk mengobati gangguan panik dan kecamasan dari penderitanya.

Obat Alprazoam termasuk dalam kelas obat benzodiazepin yang bekerja pada saraf dan otak  untuk memberikan efek menenangkan pada penderitanya.

Kegunaan yang lainnya dari obat alprazolam adalah untuk mengobati depresi dan sindorm pramenstuasi (PSM) beserta gejala-gejala yang diakibatkannya.

Obat Alprazoam berkerja dengan meningkatkan zat kimia alami yang terdapat dalam tubuh pengkonsumsinya (GABA).

Dosis Alprazolam 

alprazolam adalah obat dosis
crbusa.com

Dalam mengkonsumsi obat alprazolam sebagiknya disesuaikan dengan umur atau dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau apoteker sehingga kita tidak over dosis saat mengkonsumsinya.

Kebanyak penderita yang mengkonsumsi obat alprazonam adalah orang dewasa, sedangan untuk anak-anak belum ada ukuran pastinya.

Beberapa jenis dan  dosis yang tersedia untuk obat alprazolam adalah Tablet, Extended Release, Oral: 0,5 mg, 1 mg, 2 mg, 3 mg.

Dosis Dewasa untuk Kecemasan

ALPRAZOLAM adalah obat cemas
PsyCom.net

Obat Alprazolam tablet immediate-release, tablet kunyah, konsentrat oral :

  • Dosis awal untuk mengkonsumsi sekitar 0,25-0,5 mg secara oral 3x per hari. Dosis ini bisa ditingkatkan secara bertahap selama 3 sampai 4 hari jika diperlukan. Akan tetapi kalau Anda bisa merasa lebih tenang tanpa ketergantungan dengan ini, itu lebih baik.
  • Dosis pemeliharaan : Dosis dapat meningkat sampai max 4 mg dalam sehari dalam dosis yang terbagi.

Dosis Dewasa untuk Gangguan Panik

alprazolam adalah obat panik
hallodoctor.co.za

Tablet immediate-release, tablet kunyah :

  • Dosis awal ketika mengkonsumi obat sekitar 0,5 mg secara oral 3x per hari. Jika diperlukan dosis ini bisa ditingkatkan setiap 3 sampai 4 hari apabila diperlukan.
  • Dosis pemeliharaan : 1 sampai 10 mg setiap hari yang terbagi dalam beberapa kali minum.

Efek Samping dan Bahaya Obat Alprazolam

alprazolam adalam menimbulkan efek samping
mashable.com

Mengkonsumsi obat penenang cukup aman dikonsumsi dalam jangka waktu pendek. Kalau dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama sangat berbahaya untuk kesehatan karena bisa menimbulkan berbagai efek buruk pada tubuh.

Kematian artis terkenal Michel Jackson dan Whitney Houston beberapa waktu yang lalu cukup menggemparkan dunia. Pasalnya mereka mengkonsumsi obat penenang yang juga termasuk sejenis Narkoba.

Baya yang Pertama Adalah Kecanduan

alprazolam adalah menimbulkan efek kecanduan
obat ascert.biz

Obat penenang seperti Alprazolam mengakibatkan kecanduan jika dikonsumsi dalam waktu tertentu. Apabila konsumsi obat dihentika setelah terbiasa mengkonsumi, pasien akan mengalami gejala putus obat (withdrawal).

Jangka waktu konsumsi obat sampai menibulkan kecandua kepada pasien berbeda-beda waktunya.

Dalam dunia kedokteran batas waktu untuk memberi obat alprazolam adalah sekitar 2 samapi 4 minggu setiap hari. Akantetapi, orang yang sudah mengalami kecanduan cukup diberi 4 hari saja setelah minum.

Potensi ketergantungan pada obat juga melihat jenis obat apa yang dikonsumsi. Semakin cepat obat tersebut bereaksi pada tubuh maka semakin cepat pula menimbulkan ketergantungan pada pengkonsumsinya.

Beberapa obat seperti calmlet/xanax/zypraz/alganax/apazol (generiknya alprazolam ) adalah beberapa obat yang cukup menimbulkan kecanduan pada pengkonsumsinya karena obat ini sangat cepat sekali bereaksi pada tubuh.

Gejala putus obat atau Withdrawal memiliki efek yang bermacam-macam dan bisa berefek pada seluruh organ tubuh. Mulai efek ringan yang ditimbulkan seperti mual, muntah, pikiran tidak enak, panik, cemas dan banyak lagi.

Sedangkan efek yang cukup parah pada tubuh adalah seperti eizure (kejang-kejang) dan naiknya tekanan darah yang dapat menimbulkan kematian.

Masa waktu, efek, dan parahnaya withdrawal yang ditimbulkan berbeda-beda. Ada pasien yang mengkonsumsi dengan dosis tinggi dengan masa waktu yang lama bisa langsung berhenti dengan yang sebentar dan hanya menglami gejala yang sedikit.

Ada juga pasien yang mengkonsumsi obat Alprazolam dengan dosis rendah akan tetapi merasakan withdrawal yang cukup para hingga sampai 2 tahun lebih.

Withdrawal juga tergantung dari berapa lama dan seberapa besar dosis yang yang dikonsumsi. Apakan pasien langsung bisa berhenti (cold turkey) atau dengan mengurangi konsumsi sedikit demi sedikit (tapering off).

Bahaya yang Kedua dari Alprazolam Adalah Toleransi

alprazolam adalah menimbulkan efek toleransi
obat ascert.biz

Pasien yang mengkonsumsi obat Alprazolam secara rutin dengan dosis tertentu, lama kelamaan dosis tersebut tidak akan mempan lagi (dalam dunia kedokteran disebut toleransi), sedangkan untuk mengatasi penyakit pasien yang sama diperlukan tambahan dosis.

Apabila dosis obat tidak ditambah, maka akan menimbulkankan withdrawal dengan tanpa mengurangi dosis obat.

Bahaya yang Ketiga dari Obat Aprazolam Adalah Efek Samping

alprazolam adalah menimbulkan efek samping
whitesandstreatment.com

Pasien yang mengkonsumsi obat Aprazolam dalam jangka waktu lama akan menimbulkan beberapa efek samping seperti kesulitan konsentrasi, kesulitan berfikir, menjadi pelupa.

Beberapa perubahan kepribadian yang dialami seperti depresi, emotional bulunting (tidak bisa merasakan senang, sedih, atau perasaan lainnya) , merasa kecemasan, kehilangan minat dan banyak lagi. Kebanyakan pengkonsumsi obat-obatan ini merasa hidupnya tidak berarti seperti zombi.

Berikut video tentang orang-orang yang hidupnya hancur karena mengkonsumsi obat-obat seperti Alprazolam dan sejanisnya :

 Alprazolam Reviews

Golongan Obat benzodiazepine
Kategori Obat resep
Manfaat Mengatasi kecemasan, serangan panik, kecemasan yang berkaitan dengan depresi
Dikonsumsi oleh Dewasa
Bentuk obat Tablet, cairan oral, obat larut

Demikian sharing ilmu mengenai obat Alprazolam, semoga bermanfaat dan lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi obat ini.

Leave a Comment