Pengertian Alter Ego Adalah Beserta Ciri-ciri dan Cara Menyembuhkan

ALTER EGO ADALAH – Selamat datang di Portal sehatafiat, kali ini tim sehatafiat akan membahas tentang alter ego adalah.

Mungkin dari kita penasaran, apa sih alter ego itu sebenarnya? apa saja ciri ciri alter ego, bagaimana cara berbicara dengan Alter ego, cara mengetahui alter ego, dan bagaimana cara menyembuhkan alter ego?

Tenang dari semua jawaban kamu diatas, akan kami jawab segamblang dan sejelasnya, berikut materinya.

Pengertian Alter Ego Adalah

alter ego adalah
playbuzz.com

Alter ego atau dalam bahasa latinnya “Saya Yang Lain” adalah kondisi seseorang yang memiliki 2 kepribadian yang dipercaya kepribadian satu berbeda dengan kepribadian yang lainnya. Istilah gampangnya alter ego sendiri merupakan pembahasan dari ilmu psikologi yang  mana para peneliti menjelaskan adalah orang penderita alter ego adalah orang yang menjalani kehidupan ganda dalam kehidupannya.

Ada istilah lain yang orang lain samakan dengan alter ego seperti peniru, kepribadian ganda, doppelgangeer dan avatar.Tapi tidak sama antara alter ego dengan kepribadian ganda, nanti kita akan membahasnya di sub pembahasan yang lainnya.

Memang alter ego sendiri agak abstrak dalam menjelaskannya, namun kita bisa lebih memahami lagi dengan membaca literatur sastra yang tersedia, seperti novel yang isinya menceritakan atau menggambarkan tentang tokoh yang baik tingkah laku, ucapan, ataupun pikirannya mewakili pengarang, namun disisi lain juga menampilkan penampilan yang  berbeda.

Istilah alter ego muncul di tahun 1730 Masehi yang mana diperkenalkan oleh hipnoter bernama Anton Mesmer. Anton Mesmer membuktikan keberadaan adanya alter ego dengan menuangkannya ke dalam percobaan hipnotis.

Hasilnya ternyata memang benar, dari hipnotis tersebut orang yang masih sadar (belum dihipnotis) pola perilakunya tidak sama dibandingkan ketika keadaan dihipnotis. Dalam tubuh yang sama karakter lain dikembangkan dalam kesadaran yang berubah.

Ciri-ciri Alter Ego

ciri alter ego
ulatbersayap.blogspot.com
  1. Sering berubah-ubah perilakunya
  2. Kondisi emosi cepat naik turun, terkadang senang, tak berangsur lama sedih dan sebaliknya.
  3. Penderita alter ego terkadang merasa kehilangan waktu
  4. Memiliki sifat Panik
  5. Dia tidak sadar ketika identitas alternatifnya menguasai dirinya

Penyebab Alter Ego

penyebab alter ego
huffingtonpost.com

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari alter ego itu sendiri yaitu diantaranya:

  1. Penderita alter ego trauma terhadap masa lalunya yang suram
  2. Penderita alter ego memiliki tujuan tertentu dalam hidupnya
  3. Penderita alter ego sering merasa kesepian,
  4. Sering dicuekkin, Penderita alter ego membutuhkan lawan bicara

Cara Menyembuhkan Alter Ego

menyembuhkan alter ego
foxnews.com

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit psikologi alter ego, diantaranya adalah:

  1. Mengontrol sifat asli untuk menghancurkan sifat-sifat alternatif
  2. Meleburkan semua identitas menjadi satu identitas, contohnya identitas A pintar matematika, identitas B pintar bahasa, identitas C pintar olahraga, maka setelah dileburkan menjadi satu maka penderita tersebut menjadi orang yang multitalenta yang bisa matematika, bahasa, dan olahraga.
  3. Untuk orang terdekat coba lebih mendekatinya lagi secara personal supaya dia tidak merasa kesepian dan penyakit alter egonya tidak kambuh

Perbedaan Alter Ego dan Kepribadian Ganda

perbedaan alter ego dan kepribadian ganda
kepribadian ganda

Kepribadian ganda atau istilah medisnya adalah DID (Dissociative identity disorder) adalah kelain pada individu yang mana dia memiliki identitas banyak dalam satu tubuh. Para penderita kepribadian ganda lebih sering mengucapkan kata “kami” daripada kata “Aku”.

Berikut adalah ciri-ciri dari kepribadian ganda

  1. Karakter lebih dari dua orang dalam satu tubuh
  2. Terdiri dari identitas utama atau asli dan identitas alternatif, yang mana masing-masing terpisah satu sama lain.
  3. Ketika diri penderita dikuasai oleh identitas alternatif, maka identitas alternatif sepenuhnya menguasainya
  4. Bersifat total, adanya perubahan dari logat bicara, memori, nama, usia dan gender
  5. Ketika penderita kembali ke kondisi identitas utama, penderita sudah tidak bisa mengingat kembali ketika kondisi saat dia sedang berada di identitas alternatif
  6. Fungsi tiap-tiap kepribadian dalam individu terpisah

Ketika membaca sekilas tentang ciri ciri kepribadian ganda di atas, kita akan berfikir bahwasanya kepribadian ganda adalah alter ego. Pendapat kita tidak sepenuhnya benar.

Ada perbedaan yang signifikan antara penderita alter ego dengan penderita kepribadian ganda, apa saja itu?

  1. Penderita alter ego masih sadar meskipun dia berada dalam identitas alternatif (di bawah wewenang identitas asli)
  2. Penderita alter ego tidak lupa yang dia lakukan ketika dia berada dalam kondisi identitas alternatif, sedangkan penderita kepribadian ganda sama sekali tidak ingat dengan apa yang dilakukannya ketika berada dalam kondisi identitas alternatif
  3. Identitas asli penderita alter ego memiliki kewenangan atau kontrol penuh terhadap identitas alternatif, sedangkan identitas asli penderita kepribadian ganda tidak ada kontrol terhadap identitas lain

Tokoh Penderita Alter Ego

tokoh alter ego
brilio.net

Kebanyakan yang disorot dari tokoh penderita alter ego berasal dari para penyanyi dunia, berikut beberapa tokohnya:

  1. Lady Gaga

Lady gaga ini memiliki 2 identitas dalam dirinya yaitu Jo Calderone, karakter alter ego laki-laki gaga yang dia klaim berasal dari kota New Jersey. Kemudian karakter alter ego lainnya adalah Yuyi The Mermaid, karakter putri duyung yang memiliki sirip hijau buatan lady Gaga

  1. Beyonce

Beyonce memiliki identitas asli yaitu Once berupa karakter pemalu, namun terkadang pada beberapa waktu dia menampilkan Sasha Fierce yang mana karakter tersebut adalah karakter berani di dalam dirinya.

Demikianlah beberapa informasi tentang pengertian alter ego adalah beserta ciri-ciri, penyebab dan cara menyembuhkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment