Dosis dan Efek Samping Aminofilin Sebagai Obat Asma dan Bronkritis

AMINOFILIN –  Obat Aminofilin berguna untuk mengobati dan mengatasi batuk-batuk, bengek, dan susah bernapas. Tidak hanya itu obat ini juga bisa menyembuhkan sakit pernapasan berkelanjutan seperti asma, emphysema, dan bronkitis parah.

Cara kerja obat ini adalah membuat rileks otot pada saluran pernapasana atau paru-paru. Sehingga jalur oksigen akan terbuka dan  sistem pernapasan kembali membaik dan meminimalkan reaksi paru-paru terhadap benda-benda asing yang masuk ke dalamnya.

Cara kerja obat ini menjadikan obat tersebut termasuk ke dalam kelompok bronkodilator yang berfungsi untuk membuka dan melancarkan jalur pernapasan pada paru-paru. Dengan mengonsumsi obat ini pasien dapat kembali bernapas dengan baik dan lega.

Nama Dagang Obat Aminofilin

Aminofilin
lucaspharmaceutical.co.id

Obat ini di pasaran atau apotik memiliki banyak nama dagang. Nama dagang adalah merk yang diberikan suatu perusahaan untuk setiap produk yang dibuatnya. Hal ini berguna agar produk tersebut dapat dibedakan dengan barang-barang yang serupa.

Adapun nama dagang dari Aminofilin adalah sebagai berikut:

  1. Amicain,
  2. Aminophyllinum,
  3. Phyllocontin,
  4. Phyllocontin continus,
  5. Phaminov,
  6. Decafil,
  7. Erphafiliun.

Dosis Aminofilin

dosis Aminofilin
hellosehat.com

Dosis obat disesuaikan dengan umur dan kondisi pasien. Informasi mengenai dosis obat ini jangan dianggap sebagai pengganti nasehat dokter. Dikarenakan obat ini termasuk obat keras, jadi penggunaannya harus berdasarkan saran dan resep dari dokter.

Orang Dewasa Belum Mendapat Penanganan

Dosis Aminofilin Orang Dewasa
pixabay.com

Asma kronis yang semakin bertambah parah dan belum mendapat penanganan dengan Teofilin. Injeksi intravena secara perlahan : 250-500 mg (5 mg/kg) disuntikan dengan waktu lebih dari 20 menit dengan pengawasan yang ketat. Kemudian dapat dilanjutkan dengan dosis seperti pada asma kronis.

Orang Dewasa

Asma kronis: intravena infus 500 mcg/kg/jam dengan pengawasan ketat yang disinkronkan dengan kandungan plasma Teofilin.

Anak-anak Belum Mendapat Penanganan

Dosis Aminofilin Anak-anak
truerestchild.com

Asma kronis yang bertambah parah dan belum menerima penanganan dengan Teofilin. Injeksi intravena secara perlahan: 5 mg/kg yang diinjeksikan dalam waktu lebih dari 20 menit dengan pengawasan ketat. Kemudian dapat dilanjutkan dengan dosis seperti pada asma kronis.

Anak-anak

Asma kronis: intravena infus: anak umur 6 bulan – 9 tahun 1 mg/kg/jam anak usia 10 – 16 tahun 800 mcg/kg/jam disinkronkan dengan kandungan plasma Teofilin.

Cara Pemberian Aminofilin

Cara Pemberian Aminofilin
thedailybeast.com

Turuti saran dan instruksi dari dokter dan membaca informasi yang tercantum pada bungkus obat aminofilin sebelum mulai menggunakannya.

Konsumsilah tablet aminofilin menggunakan air minum dan jangan memecah obat dengan gigi atau menghancurkannya terlebih dulu. Obat ini dapat diminum sebelum atau sesudah makan, dengan jumlah sebanyak 2 kali dalam satu hari atau saat pagi dan malam hari.

Pastikan terdapat jeda waktu yang cukup antara satu obat dengan obat selanjutnya, jaraknya kira-kira 12 jam. Cobalah untuk mengonsumsi aminofilin pada waktu yang sama setiap hari agar lebih terasa efeknya.

Bagi pasien yang terlewat mengonsumsi aminofilin, dianjurkan untuk segera meminumnya begitu mengingatnya apabila waktunya belum terlewat lebih dari 4 jam dari waktu konsumsinya. Dilarang menambahi dosis aminofilin pada waktu berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewati.

Aminofilin adalah obat yang dikonsumsi dalam kurum waktu yang lama. Oleh sebab itu jangan berhenti menggunakan obat ini sebelum meminta saran terlebih dulu pada dokter.

Tidak diperbolehkan merokok atau mengonsumsi alkohol ketika menjalani terapi dengan aminofilin. Bahan-bahan yang terdapat pada rokok atau alkohol bisa mengubah fungsi oabat pada tubuh, dan ditakutkan akan meperkecil pengaruh obat atau bahkan mengakibatkan efek samping.

Apabila belum juga ada perubahan setelah beberapa hari meminum Aminofilin atau bahkan semakin memburuk, segera berkonsultasi dengan dokter yang memberikan resep.

Ketika mengonsumsi obat ini, harus selalu berkonsultasi dengan dokter secara rutin supaya dapat dilakukan uji darah. Pengujian darah diadakan untuk memastikan bahwa kandungan kimia obat di dalam tubuh tidak terlalu banyak dan untuk mengecek kadar potasium dalam darah.

Efek Samping Obat Aminofilin

Efek Samping Aminofilin
frequentmigraineheadaches.com

Apabila Anda mendapati efek samping seperti di bawah ini, segra berhenti mengonsumsi Aminofilin dan segeralah mintalah penanganan medis secepat mungkin. Berikut efek samping yang meungkin timbul akibat memakai Aminofilin.

  • Timbul alergi, sehingga menjadi sulit bernapas karena terjadi penyempitan saluran tenggorokan, pembengkakan bibir, lidah, atau muka atau gatal-gatal.
  • Otot menjadi kaku atau menegang
  • Detak jantung menjadi tidak stabil atau bertambah cepat
  • Timbul rasa mual atau muntah yang disertai dengan kepala terasa berat.

Efek samping lainnya yang lebih tidak terlalu parah juga bisa muncul meskipun kemungkinannya kecil, bila dosis yang digunakan tepat. Jika mengalami hal-hal dibawah ini tetap teruskan mengonsumsi Aminofilin dan jangan lupa konsultasikan dengan dokter bila Anda merasakannya:

  • Mual ringan, nafsu makan menurun, atau berat badan berkurang
  • Gelisah, gemetaran, atau sulit tidur
  • Pening, terasa seperti mau pingsan, atau pusing.

Tidak semua orang pernah merasakan efek samping yang telah disebutkan di atas. Mungkin terdapat efek samping yang tidak tertulis pada penjelasan di atas. Jika Anda merasa kahwatir karena merasakan ada yang salah dengan kondisi tubuh Anda, dianjurkan untuk meminta saran pada dokter atau apoteker yang memberikan resep.