Kegunaan Amoxicillin Beserta Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

AMOXICILLIN ADALAH – Biasanya Setiap pasien yang berobat ke dokter akan di beri resep obat amoxicillin, terlebih lagi jika penyakit yang diderita si pasien disebabkan oleh serangan bakteri-bakteri pada tubuh. Biar lebih paham lagi terkait dengan apa itu Amoxicillin, simak penjelasan berikut.

Pengertian Amoxicillin

Amoxicillin adalah obat
zhaherbal.blogspot.co.id

Amoksisilin atau amox atau juga Amoxicillin adalah obat antibiotik yang yang dapat digunakan untuk mengobati atau mengatasi infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh serangan bakteri.

seperti radang paru-paru,radang amandel, bronkitis, gonorea, infeksi pada hidung, telinga, kulit, tenggorokan atau saluran kemih.

Obat amoxicillin ini bekerja dengan cara menghentikandan mematikan perkembangan bakteri yang di dalam tubuh si pasien.
Amoxicillin termasuk kedalam golongan antibiotik penicillin yang mana cara kerjanya adalah dengan jalan merusak sintesis dinding sel bakteri.

Antibiotik ini efektif untuk menghabat atau membunuh bakteri seperti; bakteri H. Influenzae, E. Colli, N. Gonorrhoea, Streptococcus, Pneumonia dan beberapa Staphylococcus.

Karena amoxicillin memiliki fungsi untuk menghentikan perkembangan bakteri dalam tubuh. Maka tidak heran, banyak dikalangan medis menggunakan amoxicillin dalam menyembuhkan pasien dari penyakitnya.

Karena yang dilakukan pertama kali adalah menghambat perkembangan dari bakteri penyebab penyakit itu sendiri.

Kegunaan Atau Indikasi Amoxicillin

kegunaan Amoxicillin
PenyakitBronkitis.com

Amoxicillin efektif untuk mengatasi infeksi akibat bakteri seperti:

  • Infeksi saluran pernafasan kronik dan akut: pneumonia, faringitis (tidak untuk faringitis gonore), bronkitis, langritis.
  • Infeksi saluran cerna: disentri basiler.
  • Infeksi saluran kemih: gonore tidak terkomplikasi, uretritis, sistitis, pielonefritis.
  • Infeksi lain: septikemia, endokarditis.

Kontraindikasi Amoxicillin

pantangan Amoxicillin
tipsvitalitaspria.blogspot.co.id

Amoxicillin tidak dapat diberikan pada orang yang memiliki riwayat alergi pada amoksisilin serta antibiotik lainnya serperti penisiliina atau cephalosporin

Dosis Amoxicillin

penggunaan Amoxicillin
justdoc.com

Dalam pemberian dosis Amoxicillin ada banyak hal yang harus diperhatikan, muali dari tingkat keparahan penyakit, jenis penyakit dan bakterinya, berat badan hingga usia serta juga adanya penggunaan obat lain untuk pasien. Akan tetapi secara umum, penggunaa dosis Amoxicillin adalah;

1. Amoxicillin 500mg dan 250mg

Dosis penggunaan 250mg sampai 500mg amoxicillin diberikan kepada pasien dewasa. Pemberian dosis pada pasien dengan usia 12 tahun keatas ialah dengan Amoxicillin 250 sampai 500 mg dalam 3 kali sehari selama 7 hingga 10 hari. Untuk kasus yang lebih berat dapat diberikan atau ditambah menjadi dua kali sehari.

Akan tetapi dalam penggunaannya harusalah tetap memperhatikan aturan atau ketentuan yang ada tergantung dari jenis penyakit yang diderita juga. Sangat dianjurkan sekali melalui resp dokter dalam mengkonsumis obat Amoxicillin ini.

2. Amoxicillin 20mg sampai dengan 50mg

Dosis penggunaan amoxicillin 20mg sampai dengan 50mg biasanya diperuntukan bagi anak-anak, yang rentang usianya antara 4 bulan hingga 12 tahun dengan penggunaan setiap 8 -12 jam.

Akan tetapi penggunaan dosis ini sekali lagi tetap harus memperhatikan jenis penyakit, tingkat keparahan dan juga berat badan pada anak itu sendiri. Agar lebih aman untuk anak mintalah anjuran atau resep dari dokter dalam mengkonsumsi Amoxicillin.

Efek Samping Amoxicillin

Efek Samping Amoxicillin
Infocinta.com

Efek samping yang umumnya terjadi dalam penggunaan obat Amoxicillin ini adalah Mual dan muntah, Mengalami diare, Sakit kepala serta timbul Ruam.

Akan tetapi dalam kasus lain yang lebih serius, penggunaan obat Amoxicillin memiliki efek samping seperti.

  • Bercak putih atau luka pada bibir atau di dalam mulut
  • Nyeri sendi, demam, ruam serta gatal-gatal, kelenjar membengkak, atau perasaan sakit pada umumnya
  • Kulit terlihat pucat dan menguning, mata menguning, urin berwarna gelap, terasa seperti kebingungan atau lemah
  • Mati rasa, kesemutan, kelemahan otot yang parah dan nyeri
  • Gampang sekali memar, sering terjadi perdarahan yang tidak biasa (seperti pada hidung, mulut, vagina, atau dubur), terjadi bintik-bintik ungu atau merah pada kulit

Tidak semua orang mengalami efek samping seperti yang disebutkan di atas tadi. Bisa jadi ada beberapa kasus lain juga yang mengalami efek samping yang tidak disebutkan di atas tadi.

Baiknya jika memiliki kekhawatiran yang lebih terkait dengan efek samping tertentu, maka konsultasikanlah pada dokter yang beperngalaman menangani permasalah tersebut.

Peringatan !

perhatian Amoxicillin
HuffingtonPost.com

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan pasien jika mengkonsumsi obat antibiotik ini:

  • Bagi penderita fungsi hati dan ginjal yang rusak lebih Hati-hati lagi dalam mengkonsumsi obat Amoxicillin ini, terlebih lagi untuk pemakaian obat dalam jangka waktu panjang.
  • Hentikan penggunaan jika terjadi infeksi berlebih yang biasanya sering terjadi pada saluran pencernaan (umumnya disebabkan Pseudomonas, Enterobacter, S.aureus Candida)
  • Amoxicillin merupakan salah satu Antibiotik dari golongan penicillin, yang mana dapat mempengaruhi air susu ibu (ASI). Oleh sebab itu, jika obat amoxicillin dikonsumsi bagi ibu menyusui, perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Ini bertujuan untuk agar terhindar dari efek sensitivitas amoxicillin bagi bayi, dan yang terpenting adalah penggunaan antibiotik ini harus dilakukan dengan rentang waktu yang cukup dengan saat waktu menyusui.
  • Antibiotik tidak untuk digunakan mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus.
  • Untuk mencegah terjadinya resistensi bakteri terhadap antibiotik ini, disarankan untuk tidak menghentikan pengobatan sebelum dosis dan durasi yang disarankan selesai.

Itulah pembahsan singkat tentang Amoxicillin. Yang jelas Amoxicillin adalah antibiotik untuk menghambat infeksi yang disebabkan bakteri. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dalam dunia kesehatan. Jangan lupa shere ! Terimkasih.