Pengertian dan Kegunaan Analgesik

ANALGESIK ADALAH – Analgesik adalah sebuah obat untuk menghilang rasa sakit dan tidak akan membuat kesadaran pengguna-nya hilang. Analgesik memiliki sifat yang sama seperti narkori, yaitu sistem saraf pusat dan perubahan persepsi terhadap rasa sakit sang penderita.Analgesik biasanya dikonsumsi berbarengan dengan obat-obata yang lainnya seperti parasetamon dan kodein.

Nansteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAID)

Merupakan salah satu jenis obat analgesik yang meilki reaksi terhadap tubuh atau gangguan orrgan tubuh yang tidak terlalu kuat atau keras. Obat ini dilarang untuk ibu hamil dan menyusui.

Cara Kerja NSAID

Obat
Dailytimes.ng

Cara kerja obat ini adalah kerja sampingan pada enzim prostaglandin (zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh yang membuat demam, rasa sakit, dan peradangan) sehingga bisa menghasilkan tingkat yang rendah. Dapat mengurangi banjir ras, demamm, peradangan, itu sendiri.

Obat ini terbagi dari beberapa golongan dan antara nya adalah:

Aspirin

Digunakan untuk mengurangi ras sakit jika anda mengalami nyeri, demam, dan saat anda merasakan perdangan yang sakit. Obat ini juga dapat digunakan unutk menceh dan mengobati jika terkena serangan jantung, rasa sakit di dada, maupun stroke.

Obat ini meiliki beberapa merk dagang diantaranya adalah joseph aspirin, miniprin, halfprin, fasprin, ecpirin, ecotrin, easprn, bufferin, bayer childrens aspirin, aspir-low, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Penggunaan Asparin

Minum obat
netdoctor.co.uk
  • Sebaiknya obat ini idak dikasih kepada anak-anak dan remaja yang sedang mengalami penyakit demam, cacar air, maupun flu, karena obat ini mengakibatkan efek samping yang sangat fatal bagi mereka. Efek samping nya adalah mereka akan mengalami syndron reye, yaitu salah satu penyakit yang langka yang dapat mengakibatkan kerusakan pada fungsi otak
  • Bagi para pasien yang sedang mengalami gangguan pendarahan pada usunya, pendarahan hemofilia, ataupun penderita terhadap alergi terhadap NSID, sebaiknya anda menghindari pengunaan otab ini.
  • Dan sebaik oabat ini diihindari unutk para ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan pada janin. Yaitu gangguan pada jantung dan menurunnya berat badan sang bayi ketika sudah lahir.
  • Unutk para penderita asma, penyakit hati,  maag, jantung, hipertensi, maupun polip sebainya anda berkonsultasi kepada dokter yang ahli

Efek Samping Dari Penggunaan Aspirin

Jika anda tidak memerhatikan cara penggunaa aspirin ini maka anda akan mengalami efek samping diantanya adalah sakit kepala, mengantuk, sakit peru, terjadi pembengkakan ( pada bibir, lidah, wajah, dan tenggorokan) , gatal-gatal, dan gangguan pernafasan.

Dan jiak anda sudah sering menggunakan obat ini sebaik anda menggunakan secara rutin karena jika anda menghentikan mengonsumsi obat ini maka anda akan mengalami efek samping seperti halusinasi, kebingungan, kejang, gangguan pernafasan,muntah, mual, atau sakit perut, batuk darah atau muntah darah , demam, serta mengalami pembengkakan pada bagian tertentu.

Ibuprofen

Merupakan salah satu inflasi yang dapat bekerja untuk megurangi hormon yang dapat menyebabkan demam, sakit gigi, sakit punggung, sakit kepala peradangan, nyeri, kram saat menstruasi, dan masih banyak yang lainnya.

Tentang Ibuprofen

  • Beberapa merk dagangnya antara lain, genpril,advil, Midol, Nuprin, motrin.
  • Dan dosis penggunaan obat ini adalah 200 hingga 400 mg setiap 4 hingga 6 jam.

Kontra indikasi :

  • Sebaiknya obat ini tidak digunakan sebelum maupun setelah menjalani operasi bypass jantung, karena obat ini dapat mengancam jantung seperti terjadinya serangan jantung atau stroke.
  • Bagi penderita yang memiliki sejarah penyakit jantung, gagal jantung, stroke jantung, hipertensi, maag, asma, gangguan hati, ginjal, polip, maupun gangguan perdarahan sebaiknya menghubungi dokter sebelum mengkonsumsi obat ini, karena dapat mengakibatkan efek serius pada perut atau usus, termasuk perdarahan.
  • Bagi wanita hamil dan menyusui, penggunaan ibuprofen selama 3 bulan dapat membahayakan janin.

Efek samping :

Obat ini juga memilki efek samping diantaranya adalah timbulnya ruam,telinga berdenging, pusing, sakit kepala, mengantuk, mual, sakit perut, diare, mulas, dan sembelit.

Celebrex

Digunakan untuk mengurangi hormon penyebab radang dan nyeri pada tubuh, seperti arthritis, nyeri haid,ankylosing spondylitis,dan juga polip pada usus.

Dosis pemakaian : 100 hingga 400 mg perhari.

Kontra indikasi :

  • Sebaiknya obat tidak digunakan sebelum maupun setelah menjalani operasi jantung, karena obat ini dapat menimbulkan serangan jantung atau stroke.
  • Bagi penderita yang memiliki riwayat sejarah serangan jantung, maag, stroke, penyakit jantung, gagal jantung, tekanan darah tinggi, gangguan hati , penyakit ginjal, epilepsi, gangguan pembekuan darah, asma, polip, maupun yang alergi terhadap jenis NSAID seperti aspirin, sulfa, dan yang lainnya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya, karena obat ini dapat mengakibatkan efek serius pada perut atau usus.
  • Begitu juga bagi wanita hamil, atau menyusui, jadilah ibu hamil dengan dokter sebelum penggunaanya, karena bisa membahayakan kondisi janin.

Efek samping yang bisa ditimbulkan obat ini seperti timbulnya gatal-gatal, gangguan pernafasan, terjadi pembengkakan (wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan), gangguan pada perut (seperti diare, sering buang gas, kembung), pusing, hidung meler atau tersumbat, Sakit tenggorokan, gugup, dan timbulnya ruam pada kulit.

Sekian penjelasan kami tentang kegunaan analgesik semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya, jika ingin lebih nyakin dengan dosis maka sebaiknya anda langsung mendatangi dokter.