Gejala-gejala Anorexia dan Cara Pengobatannya

ANOREXIA ADALAH – Hati-hati jika ada seseorang diantara kita yang bertubuh normal berkeinginan keras untuk kurus dan akhirnya melakukan diet yang ketat serta mengurangi pola makannya.

Bisa jadi itu pertanda kita sedang mengalami Anorexia. Pernah tidak melihat foto orang yang kurus banget? Nah Anorexia itu seperti itu. Kebanyakan Anorexia itu terjadi pada wanita dewasa. Biar lebih paham lagi simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Anorexia

pengertian Anoreksia
obatkomplikasitradisional.jellygamatluxor.biz

Anorexia adalah gangguan akan kesehatan jiwa dimana penderitanya menginginkan tubuh yang kurus serta merasa takut kalau mereka terlihat gemuk.

Bahkan saking takutnya, mereka selalu menganggap tubuhnya itu masih terlihat kurang kurus atau terasa masih terlihat gemuk walaupun pada kenyataannya tidak seperti itu.

Biasanya mereka yang memiliki Usia 16 sampai 17 tahun yang dianggap rentan dan berpotensi terhadap Anorexia. Kebanyakan mereka yang mengidap anorexia ini berasal dari golongan remaja putri serta wanita dewasa.

Untuk menjadikan tubuh mereka semakin terlihat kurus, penderita Anorexia biasanya membatasi pola makan mereka seoptimal mungkin, mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan nafsu makan mereka, serta berolahraga yang keras agar berat badan mereka cepat turun.

Bahkan ada sebgaian dari mereka yang mengidap Anorexia ini selalu memuntahkan kembali apa yang mereka makan, sama halnya dengan bulimia nervosa yang merupakan gangguan makan.

Akan tetapi, bulimia nervosa ini kebanyakan penderitanya tetap pada berat normal atau standar, sedangkan penderita anorexia mempunyai berat badan yang kurang bahkan sangat kurus. Itulah perbedaan antara Anorexia dengan bulimia nervosa.

Tanda-tanda dan Gejala Anorexia

tanda Anoreksia
youtube.com

Anorexia ini dapat dikenali dengan tanda-tanda serta gejala-gejala seperti dibawah ini:

Tidak mau Makanan. Yang menjadi gejala utama dari Anorexia ini adalah biasanya menolak makanan. Penderita Anoreksia cenderung tidak mau makan bahkan mereka lebih memilih untuk lapar daripada harus makan.

Kebiasaan Makan yang Berubah. Tanda lain berikutnya yang ada pada penderita Anoreksia ini ialah pola makan yang berubah serta tak terduga, seperti makan secara sembunyi-sembunyi, hanya memakan jenis-jenis makanan tertentu serta mengurangi porsi makan dari yang seperti biasanya.

Berat Badan Turun. Gangguan makan yang ada pada seorang penderita Anorexia tentunya berpengaruh juga dengan turunnya berat badan. Hal ini tentunya disebabkan oleh tidak tercukupinya asupan gizi yang dibutuhkan tubuh.

Berubahnya Kebiasaan dalam Berpakaian. Kebanyakan penderita Anorexia ini, mereka menggunakan pakaian yang cenderung terlihat longgar, ini bertujuan untuk menutupi penurunan berat badan mereka serta menutupi agar mereka tidak terlihat kurus di depan orang lain.

Pertumbuhan Bulu atau Rambut. Dengan menurunnya berat badan yang secara tiba-tiba, tentunya berpengaruh juga pada suhu tubuh secara keseluruhan. Ini lah yang nantinya menjadikan pertumbuhan bulu atau rambut dibeberapa bagian tubuh seperti di wajah, kaki ataupun tangan menjadi lebih terlihat banyak.

Perubahan Pola Pikir terhadap Bentuk Tubuh. Orang yang mengalami penyakit Anorexia ini, kebanyakan dari mereka mengalami perubahan dalam berpikir, tentunya dalam bepikir yang berkaitan dengan bentuk tubuh mereka.

Penderita penyakit ini selalu merasa dirinya terlihat gemuk, walaupun pada aslinya mereka itu terlihat nampak kurus. Mereka selalu dihantui dengan rasa yang tidak puas terhadap bentuk tubuh mereka, serta ingin selalu terlihat lebih kurus.

Gangguan lain Pada Tubuh. Ada beberapa gejala lain yang dapat terlihat dari seseorang yang menderita penyakit Anorexia ini, diantaranya adalah gampang sekali dehidrasi, kuku lebih rentan untuk patah, cepat merasa lelah, kulit terlihat kering, pusing, rambut rontok, kejang, sembelit serta osteoporosis.

Faktor-Faktor Resiko Anorexia

Anoreksia adalah
s-media-cache-ak0.pinimg.com

Berikut ini Ada Beberapa faktor yang berisiko yang bisa memengaruhi kemungkinan untuk terkena penyakit anoreksia, yaitu:

Keturunan atau gen. Secera genetik, jika dalam keluarganya misal punya ibu atau saudara perempuan yang memiliki riwayat penyakit anoreksia, ada kemungkinan juga dapat terkena anoreksia.

Minimnya rasa percaya diri. Para penderita anoreksia biasanya membenci diri mereka sendiri. Mereka bisa jadi tidak suka dengan penampilan mereka, bahkan mereka merasa sudah tidak semangat dalam menjalani hidup. Mereka kerap kali memasang target yang tinggi dan sulit untuk diwujudkan untuk diri mereka, hanya untuk menjadi sempurna seperti apa yang mereka inginkan.

Perubahan dan pengalaman hidup yang membuat stress. Trauma akan masa lalu, misalnya saja pernah menjadi korban kekerasan seksual, atau perubahan monumental, seperti memulai pekerjaan yang baru dapat membawa dampak anoreksia.

Pengaruh sosial media. Gambar-gambar yang muncul di tv, internet, ataupun media cetak seringkali menampilakan atau menyajikan tipe tubuh yang kurus itu terkesan lebih baik. Gambar-gambar itulah mengindikasikan jika menjadi kurus itu merupakan suatu kesuksesan dan kecantikan.

Penyebab Anoreksia

anoreksia adalah
majalahayah.com

Secara umum Tidak diketahui pasti apa yang menyebabkan beberapa orang bisa terkena penyakit anorexia ini. Seperti kebanyakan pada penyakit lain, Anorexia ini merupakan kombinasi faktor biologis, psikologis serta sosiokultural.

• Biologis

Secara genetik ada beberapa orang yang rentan terkena penyakit anorexia ini. Utamanya ialah Wanita muda yang memiliki saudara kandung perempuan atau ibu yang pernah mengalami gangguan makan, mempunyai resiko yang lebih tinggi.

• Psikologis

Kepribadian seseorang juga berkontribusi terhadap anorexia. Sebagai contoh mereka yang memiliki kepercayaan diri yang rendah terhadap bentuk tubuh atau kepribadian obsesif-kompulsif bawaan.

Tentunya akan membuat mereka melakukan diet ketat dan menolak makan ketika lapar. Tidak dipungkiri juga adanya sifat perfeksionis yang tinggi, yang mereka pikir jika mereka belum cukup kurus.

• Sosiokultural

Kultur di negara barat kerap kali mempengaruhi keinginan untuk terlihat kurus. Banyak media yang menayangkan foto model atau aktor yang bertubuh kurus. Bahkan Kesuksesan dari seseorang itu selalu dikaitkan dengan tubuh yang kurus.

Kemudian Faktor berteman bisa menjadikan alasan untuk menjadi kurus, utamanya para wanita-wanita muda. Akan tetapi sosiokultural ini tidaklah dapat dijadikan semata-mata penyebab penyakit ini, karena memang Anoreksia ini sudah ada sejak dahulu.

Cara Mengobati serta Penanganan Anoreksia

pengobatan anoreksia
wisegeek.com

Hal yang terpenting untuk menangani seseorang yang mengidap anoreksia ini ialah menyadarkan mereka bahwa mereka itu memiliki sebuah gangguan.

Kebanyakan penderita anoreksia mereka menganggap bahwa pola makan mereka sudah benar, dan mereka biasanya menyangkal jika dianggap pola makan mereka tidak sehat.

Penanganan untuk penderita anoreksia dapat dilakukan dengan cara:

• Melakukan komunikasi yang baik dan intens kepada penderita anoreksia, ini bertujuan untuk menyemangati kembali merka agar kembali ke pola makan yang sehat
• Cognitive behavioural therapy (sejenis terapi melalui percakapan)
• Terapi kelompok
• Terapi keluarga
• Memberikan obat-obatan seperti antidepresi, penstabil mood, dan anti psikotik bisa membantu beberapa pasien anorexia dalam perawatan. Obat-obatan itu setidaknya bisa meringankan ataupun menghilangkan depresi ataupun perasaan gelisah.

Cara Pencegahan Anorexsia

mengatasi anoreksia
medifitbiologicals.com

Sebenarnya Penyakit Anoreksia dapat dicegah sepenuhnya. Akan tetapi agar tidak terjadi Anoreksia kedepannya dapat dicegah dengan cara memberikan pendidikan terhadap anak sejak usia dini, dimulai dari dalm keluarga.

Karena ini nantinya dapat berpengaruh besar dalam menekan terjadinya resiko Anoreksia. Pendidikan yang dapat diberikan disini adalah pendidikan berupa pengajaran atau penerapan pola makan yang teratur dan sehat secara tegas.

Selain itu juga diajarkan bagaimana gambaran bentuk tubuh yang ideal. Dan jika ada keluarga kita yang menunujukan gejala-gejala kearah Anorexia segera periksakan ke dokter untuk pencegahan hal-hal yang lebih buruk lagi.

Demikian Ulasan tentang Anorexia, mulai dari pengertian, gejala-gejala, hingga cara penanganannya. Semoga dapat memberikan manfaat bagi yang membaca. Jangan lupa untuk shere. Terimaksih