Beberapa Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan

ANTIBIOTIK UNTUK RADANG TENGGOROKAN –  Kali ini kami akan menjelaskan macam-macam antibiotik untuk radang tenggorokan. Disini kami akan menjelaskan dengan jelas dan teperinci.

Sangat banyak sekali antibiotik radang tenggorokan di apotek yang bisa anda temukan. Obat antibiotik memang sudah menjadi obat yang pro dan kontra apalagi jika dikonsumsi tanpa harus dengan resep dokter.

Bila memang tidak betul, lantas jangan langsung mengkonsumsi obat antibiotik tanpa menggunakan resep dokter.

Jika radang tenggorokan yang sudah cukup baru bisa diberikan pilihan atau pilihan untuk mengobatinya memakai obat antibiotik ini.

Dan pada intinya obat antibiotik hanya untuk pengobatan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri. Yang paling penting anda ingat adalah, tidak semua radang tenggorokan itu membutuhkan antibiotik.

Namun radang tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri saja yang bisa diobati dengan menggunakan obat antibiotik itu

Tentu saja anda saat ini bertanya-tanya, dengan cara apa yang mana radang tenrggorokan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri dan juga mana yang radang tenggorokan tanpa terkena infeksi bakteri.

Untuk menjawab pertanyaan ini hanya dokterlah yang bisa menjawab. Dokter akan melakukan berbagai macam diagnosa untuk stadium radang tenggorokan yang Anda alami tidak oleh bakteri atau bukan

Golongan Antibiotik

cara mengatasi sakit tulang belikat
hellosehat.com

Jika kita melihat kondisi farmasi yang ada di Indonesia,Maka ada oknum yang dengan mudah menjalankan pembelian obat antiotik tanpa disertai dengan resep dokter. Memang banyak sekali obat dengan jenis antibiotik yang tersedia di apotik.

Akan tetapi semua versi obat itu cocok untuk mengobati radang tenggorokan akibat dari bakteri streptococcus. Dan ada beberapa jenis obat antibiotik yang telah terbukti efektif untuk mengurangi dan mengobati sakit tenggorokan yang anda derita.

Berikut ini adalah Kelompok obat antibiotik radang tenggorokan di apotek yang telah teruji efektif untuk menanggulangi radang tenggorokan :

1. Betalaktam

Harga nonflamin
flickr.com

Macam atau varietas antibiotik pertama yang tepat untuk menaggulangi radang tenggorokan efek dari infeksi bakteri adalah kelompok betalaktam.

Obat ini adalah obat umum yang sangat sering digunakan untuk mengobati radang tenggorokan akibat infeksi dari bakteri. Kategori obat yang tergolong dalam golongan ini adalah penisilin dengan merk tertentu, ampsilin dan juga amoksilin.

Dan jika penggunaan obat ini selama dua minggu lamanya tidak menunjukkan hasil yang signifikan maka dibutuhkan obat antibiotik lainnya untuk menaggulangi radang tenggorokan tersebut.

Bakteri streptococcus yang bisa disembuhkan dengan obat antibiotik ini adalah golongan bakteri streptococus jenis A.

2. Cefolosporin

Golongan antibiotik lainnya yang dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan akibat dari bakteri adalah cefolosporin. Penggunaan antibiotik jenis ini dirasa lebih efektif dibandingkan dengan golongan antibiotik jenis betalaktam.

Ada banyak sekali cefolosporin potensial dimana berfungsi untuk meredakan sakit radang tenggorokan. Dan ada beberapa obat antibiotik yang dapat diresepkan untuk mengatasi radang tenggorokan tersebut yaitu adalah obat cephalexin dan cefadroxil.

Biasanya orang-orang yang mengalami alergi obat antibiotik ini tidak bisa mengkonsumsi salah satu obat dari kedua jenis antibiotik tersebut.

Tetapi dalam beberapa kasus alergi obat antibiotik, orang yang mengalami alergi obat antibiotik dengan golongan betalatam biasanya juga mengalami alergi obat dengan jenis cefolosporin.

Sehingga untuk menaggulangi radang tenggorokan yang lainnya dan diakibatkan oleh infeksi bakteri sebaiknya anda menguji coba diri anda apakah anda alergi pada obat antibiotik atau tidak.

Jika sudah terlanjur mengkonsumsi obat ini padahal anda mengalami alergi justru akan memicu reaksi alergi berupa mual dan muntah, pusing, gatal-gatal bahkan bisa menyebabkan muka bengkak.

Dibutuhkan obat antibiotik yang lainnya agar radang teggorokan akibat infeksi bakteri bisa disembuhkan.

3. Makrolida

dosis
Sumber: TheHealthSite.com

Alternatif obat antibiotik dengan varietas yang lainnya adalah antbiotik dengan kategori makrolida. Obat-obatan ini termasuk ke dalam jenis makrolida adalah eritromisin,  azithromicyn dan klaritomisin juga .

Mengkonsumsi obat ini akan memberikan dampak yang lebih diantaranya adalah obat azithromcyn bisa diminum sebanyak empat kali sampai dengan lima kali saja. Mengkonsumsi obat ini tidak perlu dilakukan selama dua minggu lamanya berturut-turut.

Ada kelebihan juga ada kelemahannya. Dimana efek samping dari obat antibiotik ini tergolong tinggi dibandingkan dengan efek samping obat antibiotik yang lainnya.

Efek samping itu akan dirasakan oleh lambung dimana obat antibotik terlalu keras untuk dicerna oleh lambung.Efek samping itu hanyalah kerugian yang kecil ditilik dari manfaat antibiotik itu untuk kesehatan yang luar biasa.

Meski begitu ketika mengkonsumsi obat ini, anda harus didampingi oleh orang yang ahli di dalamnya. Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat itu tanpa resep dokter.

Sekian penjelasan dari kami tentang antibiotik untuk radang tenggorokan semoga dapat lebih bermanfaat bagi para pembacanya sekian dan terimakasih karena sudah membaca artikel ini. Jika ada kesalahan anda bisa komentar di bawah ini.

Leave a Comment