Pengertian Anxiety Beserta Faktor Penyebab dan contohnya

Pengertian Anxiety Beserta Faktor Penyebab dan contohnya

PENGERTIAN ANXIETY – Halo teman-teman sekalian apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan Anxiety? Anxiety merupakan istilah lain dari penyakit, yaitu penyakit rasa cemas akan sesuatu, sebenarnya takut akan sesuatu merupakan hal yang sangat normal terjadi oleh setiap orang, rasa cemas akan sesuatu dikarenakan adanya situasi yang menekan seseorang tsb.

Tak jarang juga rasa takut ini menjadi sangat berlebihan, rasa kecemasan berbeda dengan phobia, karena rasa cemas tidak spesifik dalam situasi tertentu, rasa cemas bisa menyerang siapa saja, kapan pun, dan dimana pun ia berada.

Pengertian Kecemasan (Axienty)

Pengertian Anxiety Beserta Faktor Penyebab dan contohnya
http://s3.amazonaws.com/

Para ahli sudah banyak menjelaskan dan merumuskan pengertian-pengertian dari kecemasan, berikut beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian kecemasan:

Maramiss

Ia berpendapat bahwa kecemasan merupakan suatu rasa ketegangan, rasa khawatir akan sesuatu, merasa tidak aman, yang disebabkan karena seseorang mendapatkan suatu kejadian yang buruk atau tidak meyenangkan, sehingga menimbulkan rasa cemas terhadap kejadian tersebut.

Lazaruss

Beliau berpendapat bahwa rasa cemas adalah reaksi seseorang terhadap suatu hal yang akan ia hadapi, kecemasan merupakan suatu perasaan yang menyebabkan seseorang sakit, gelisah, tidak tenang, bingung, dan sebagainya yang memiliki hubungan dengan emosional seseorang.

Rasa cemas merupakan gejala yang sudah biasa dialami oleh semua orang, dimanapun ia berada rasa cemas bisa saja menghampirinya, karena rasa cemas merupakan suatu hal yang lumrah ada di dunia ini, setiap kali mendapati masalah pastinya rasa cemas akan timbul dan mempengaruhi emosi kita.

Saransone dan Spielbergerg

Dua orang ini berpendapat bahwa rasa cemas adalah suatu reaksi terhadap pengalaman yang dialami oleh seorang individu yang reaksi tersebut berupa rasa terancam akan sesuatu, sehingga menyebabkan individu tersebut gelisah dan sebagainya. Rasa cemas itu sendiri merupakan perasaan yang tidak menentu mulai dari rasa panik, takut, gelisah, rasa tidak nyaman, dan sebagainya.

Tjakawerdayan

Ia berpendapat bahwa Anxietas atau kecemasan merupakan suatu perasaan atau efek yang tidak menyenangkan yang timbul dalam diri seseorang, seperti rasa ketegangan, rasa ketakutan karena seseorang tersebut merasa akan mengalami ssesuatu yang mengecewakan, namun sebagian besar sumber kecemasan tersebut tudak di sadarinya.

Suryabratan

Ketika rasa cemas timbul pada diri seseorang, maka ia akan secara spontan akan melakukan suatu usaha yang dapat mengurangi rasa kecemasan tersebut, atau ia akan mencegah terjadinya ras cemas selanjutnya, contohnya ketika seseorang takut akan sosok hantu maka ia akan reflek menghilangkan ingatannya tentang sosok hantu tersebut.

 

Sebab-Sebab Timbulnya Rasa Cemas (Anxiety)

Pengertian Anxiety Beserta Faktor Penyebab dan contohnya
http://static.setipe.com

Penyebab terjadinya rasa cemas sulit untuk di prediksi dengan tepat, hal ini dikarenakan karena adanya sifat subyektik dari rasa kecemasan itu sendiri, yaitu: suatu kejadian yang sama belum tentu pasti dirasakan oleh orang yang sama, dengan kata lain suatu kejadian atau rangsangan dapat diinterpretasikan berbeda oleh tiap individu.

Dalam sebuah teori yang bernama teori kognitif menyatakan bahwa rasa cemas akan timbul karena adanya kesalahan mental, terjadinya kesalahan mental ini dikarenakan tubuh salah menginterpretasikan suatu situasu, sehingga menyebabkan seorang individu merasa terancam.

Seorang peneliti bernama Freud, menyatakan bahwasannya kecemasan terbagi menjadi 3 macam yaitu:

Kecemasan Neurotik

Kecemasan ini merupakan kecemasan yang berkaitan dengan mekanisme pembelaan diri terhadap sesuatu, dan juga dikarenakan oleh perasaan bersalah akan sesuatu, ketegangan batin, rasa frustasi, dan sebagainya.

Kecemasan Moral

Kecemasan moral merupakan rasa takut terhadap suara hati, ketika di masa lalu seorang individu pernah melakukan pelanggaran norma moral, contohnya takut untuk melakukan suatu hal yang melanggar peraturan agama.

Kecemasan Realistik

Kecemasan realistik timbul karena adanya rasa takut terhadap bahaya-bahaya yang sifatnya nyata di dunia luar, misalnya takut pada laba-laba, takut dengan tikus, dan sebagainya yang sifatnya nyata.

Menurut Miramis, ras cemas akan muncul ketika seorang individu tidak mampu menghadapi suatu keadaan stess, yaitu dimana stress tersebut mengancam perasaannya, dirinya, kehidupannya, dan sebagainya. Banyak sekali sumber-sumber yang menyababkan terjadinya kecemasan diantaranya:

  • Konflik-konflik pada suatu peristiwa.
  • Frustasi karena adanya suatu hal buruk yang terjadi.
  • Rasa tertekan terhadap suatu kejadian yang di alaminya.
  • Ingatan-ingatan buruk yang pernah terjadi di masa lalu.
  • Dan masih banyak lagi.

Terjadinya konflik ketika seorang individu tidak mampu menentukan pilihannya antara kebutuhan dan tujuannya, adanya tekanan-tekanan batin yang terus menumpuk sehingga menjadi stress berat.

Kecemasan yang hebat bisa juga diakibatkan karena adanya situasi krisis yaitu suatu peristiwa buruk yang terjadi secara mendadak yang menimpa seorang individu.

Rasa cemas dapat disimpulkan secara sederhana yaitu suatu hal yang terjadi karena seorng individu memiliki rasa takut yang tidak realistis, atau hanya dalam imajinasinya saja, sebab mereka keliru dalam memahami suatu bahaya yang ada di pikirannya dengan fakta yang akan terjadi.

Rasa Cemas juga bisa terjadi karena penilaian diri yang salah, yaitu dimana seorang individu merasakan bahwa dirinya tidak mampu mengatasi realita yang terjadi nantinya, atau apa yang bisa ia lakukan untuk dapat menolongnya dari peristiwa buruk yang dialami tersebut.

 

Leave a Comment