apa itu pms

Apa Itu PMS? Penjelasan Lengkap Beserta Penyebab Terjadinya

APA ITU PMS – Pms adalah singkatan kata dari Pre Menstrual Syndrome, sebuah syndrom yang muncul ketika perempuan menjumpai masa-masa datang bulannya. Gejala-gejala yang akan terjadi ketika akan menjumpai PMS ini ada berhubungannya dengan masalah emosional dan fisik.

Menurut penelitian yang sudah meneliti, ternyata terdapat sekitar 200 gejala yang dicantumkan dengan PMS, namun biasanya gejala-gejala yang kerap terjadi pada umumnya adalah, memiliki mood yang jelek, mudah emosi, sensitif, dan mudah depresi atau setres.

Perkara PMS ini sangat penting sekali, apakah diantara kalian ada yang sudah mengerti atau faham Apa Itu PMS? Jika belum, maka pada kesempatan kali ini sehatafiat akan membahas tentang penjelasan Apa Itu PMS dan Penyebab terjadinya.

Pengertian PMS

apa itu pms
mujerpandora.com

Banyak perempuan yang suka merasa kesakitan atau merasa ketidak nyamanan ketika akan mengalaminya menstruasi atau datang bulan, biasanya sebelum terjadinya menstruasi atau datang bulan ini akan mengalami ketidaknyamanan pada anggota tubuh, dan akan merasakan yang namanya kesakitan dalam perut.

Apakah kalian (Wanita) kerap mendapatkan masalah emosional setiap akan datangnya haid atau menstruasi yang menyebabkan mood jadi lebih buruk dalam sehari penuh? Atau kalian (Laki-Laki) pernah menjadi salah satu korban dari wanita yang kerap marah-marah sepanjang hari menjelang datangnya datang bulan?

Apakah diantara kalian ada yang telah mengetahui kelanjutan tentang Pra Menstrual Syndrome yang sedang dialami oleh perempuan?

Nama lain dari nama PMS ini alah Pra Menstrual Tension, yang mana Pra Menstrual Tension ini adalah gejala terhadap fisik, fisikologis. dan emosional yang tercantum dengan peredaran menstruasi perempuan.

Sekitar dari 80 sampai 95 % wanita melahirkan mendapati gelaja-gejala seperti Pra Menstruasi yang bisa mengganggu beberapa faktor dalam kehidupan sehari-harinya, dan pada umumnya gejala tersebut kerap terjadi pada satu atau dua minggu sebelum terjadinya menstruasi.

Masalah ini bisa hilang dengan sendirinya ketika sudah mulainya pendarahan, tetapi bisa juga berkelanjutan sesudahnya.

Perkiraan dari 24 persen wanita antara usia dari 20 tahun sampai 35 tahun, Syndrome  Pra Menstruasi bisa sangat hebat sekali pengaruhnya, sehingga harus menganjurkan mereka untuk beristirahat dari aktivitas sekolah atau kantornya.

Kurang lebih sekitar dari 80 sampai 95 persen wanita dari usia 16 tahun sampai 45 tahun mendapati gejala-gejala pra menstruasi yang bisa mengganggu, mengganggu pada kesehatan seperti pusing-pusing, depresi, perasaan sensitif yang terlalu berlebihan sekitar dua minggu atau seminggu sebelum terjadinya menstruasi yang biasanya kerap dianggap masalah yang sangat wajar bagi perempuan.

Perkiraan dari 40 persen perempuan yang berusia dari 14 tahun sampai 50 tahun, menurut penelitian para ahli mendapati syndrome pra menstruasi atau bahasa lain yang lebih dikenal lagi dengan sebutan PMS.

Gejala Menstruasi Pada Wanita

apa itu pms
bidanku.com

Biasanya seorang wanita yang akan mengalami menstruasi atau haid ini akan mendapati gejala-gejala sebelum terjadinya menstruasi pada dirinya, dan gejala-gejala tersebut akan berlangsung kurang lebih selama satu minggu atau minggu sebelum terjadinya PMS.

Dibawah ini adalah gejala-gejala yang akan terjadi pada seorang wanita sebelum terjadinya menstruasi atau lebih dikenal dengan sebutan PMS:

  • Mengalami yang namanya depresi.
  • Sering mengalami kecapean atau kelelahan.
  • Sering ngidam makanan-makanan tertentu.
  • Mengalami pembengkakan pada payudara.
  • Emosional dan akan cepat marah.
  • Selalu cemas.
  • Mudah sekali tersinggung atau sensitif.
  • Munculnya jerawat pada permukaan wajah.
  • Memarnya pada kulit.
  • Akan sering merasakan sakit pada kepala.
  • Perut akan menjadi kembung atau buncit.

Untuk mengurangi rasa sakit gejala-gejala PMS tersebut, kalian bisa melakukan beberapa cara yang ada pada tulisan dibawah ini:

  •  Mengontrol rasa emosional pada diri kita.
  • Olahraga atau berlatih aerobick.
  • Mengkonsumsi suplemen atau mineral.
  • Mengkonsumsi Vitamin seperti Vitamin B kompleks.
  • Mengkonsumsi obat-obat ringan, misalkan seperti mengkonsumsi obat-obat yang dapat menghilangkan rasa sakit dan depresi.

Selain dari cara-cara yang telah tertulis pada tulisan diatas ini, kalian (Wanita) bisa menggunakan cara lain.

Cara lainnya misalkan seperti mengurangi asupan sodium dan mulailah meningkatkan kalsium dan potasium, bisa juga untuk mengurangi fluid retention dan sembelit yang terjadi secara bersamaan dengan PMS.

Makanan yang Dapat di Konsumsi Ketika Menstruasi

apa itu pms
dagelan.co

Menurut para ilmiah, terjadinya PMS ini dikarenakan tidak seimbang pada tingkat kimia yang ada didalam tubuh yang berhubungan dengan vitamin yang dibutuhkan oleh organ tubuh.

Menurut dari Nutritionis Sue Gilbert makanan-makanan yang bisa menjaga dengan keseimbangan tubuh untuk menangani dari gejala PMS adalah sebagai berikut:

  • Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat, misalkan seperti kentang, nasi, kentang, cereal yaitu bisa menjaga ukuran gula dalam darah.
  • Bisa mengkonsumi sayur-sayuran dan buah-buahan, khususnya kubis.
  • Tumbuhan polong-polongan yang bisa membantu dalam menyeimbangkan hormon estrogen.

Makanan yang Dilarang Saat Haid

apa itu pms
hellosehat.com

Ketika sedang datang bulan atau sedang haid pasti seorang perempuan akan mengalami gangguan-gangguan seperti akan terjadinya rasa sakit yang berlebihan, akan merasakan sakit kepala, dan keram pada perut.

Menurut para ilmiah, gejala-gejala tersebut sangat wajar saja apabila terjadi oleh setiap wanita yang sedang haid atau yang akan memasuki haid, akan tetapi tentunya diri kita sendiri dapat mencegah akan munculnya rasa sakit, mual-mual, dan sakit kepala yang muncul ketika sedang haid atau datang bulan.

Contohnya untuk mencegah dari rasa sakit yang telah ditulis pada tulisan diatas adalah, menjaga atau menjalankan pola hidup yang sehat.

Namun ada beberapa hal yang harus kalian ketahui, bahwa terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi atau dimakan ketika sedang haid atau datang bulan, karena makanan-makanan tersebutbisa menyebabkan rasa sakit, mual-mual, dan sakit pada kepala.

Dibawah ini ada beberapa contoh makanan-makanan yang tidak boleh dimakan ketika sedang haid:

1. Makanan yang Digoreng

apa itu pms
tribunnews.com

Makanan mempunyai beberapa jenis dan berbeda-beda dalam kandungannya, namun semua makanan ini akan sama ukuran pada lemak dan minyaknya jika telah digoreng, apabila kalian (Wanita) mengkonsumsi makanan yang digoreng maka ukuran estrogen yang ada pada dalam tubuh ini akan mengalami peningkatan.

Apabila sedang mengalami menstruasi atau haid itu lebih baik menghindari terlebih dahulu makanan-makanan yang digoreng, misalkan seperti kentang goreng, ayam goreng, dan jenis-jenis makanan gorengan lainnya.

Apabila kalian telah benar-benar meninggalkan makanan-makanan yang berbau dengan gorengan ketika haid, maka keadaan pada rahim anda akan lebih seimbang dan bisa mengurangi resiko terjadinya keram dan rasa nyeri.

Sebenarnya untuk wanita yang sedang haid atau menstruasi ini masih bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang digoreng, akan tetapi makanan yang digoreng itu menggunakan minyak hewan atau menggunakan  minyak sayur.

2. Makanan Siap Saji

apa itu pms
tribunnews.com

Secara umum, makanan yang siap saji itu menggunakan banyak bahan-bahan bumbu dan minyaknya di makanan siap saji, dan juga bisa disebut sebagai sebutan minyak trans.

Sebenernya semua makanan apabila dimasak terlalu matang bisa mengakibatkan nutrisinya itu akan menguap, dan manfaat-manfaat yang terkait didalamnya akan berkurang dengan sendirinya, selain itu bisa juga mengakibatkan pinggan dan rasa nyeri pada bagian bawah perut, dan akan merasakan pegal-pegal di sekeliling perut.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang Apa Itu PMS, mudah-mudahan adanya pembahasan dan penjelasan tentang Apa Itu PMS bisa bermanfaat bagi kita semua yang membacanya, khususnya untuk para kaum wanita.

Sekian dari saya apabila terdapat kesalahan-kesalahan kata dalam penyampainnya mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan jangan lupa di share juga yah agar bisa bermanfaat bagi seluruh manusia yang membacanya 🙂

Leave a Comment