Apa Itu Trombosit? Simak Penjelasan Lengkapnya

APA ITU TROMBOSIT – Jika mendengar penyakit demam berdarah, pasti pikiran kita akan langsung tertuju kepada nyamuk dan turunnya trombosit. Trombosit adalah salah satu gejala kenapa penyakit demam berdarah. Trombosit merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam darah kita.

Lantas apa itu trombosit?

Simak ulasannya dibawah ini.

Apa Itu Trombosit?

apa itu trombosit
ekadoc.ru

Trombosit atau keping darah adalah sel-sel yang berbentuk oval, trombosit ini diproduksi oleh sumsum tulang belakang. Faktanya, trombosit mampu bertahan selama 9 hari dalam aliran darah dan secara otomatis akan digantikan oleh sel-sel yang baru.

Setiap orang pasti pernah terluka di dalam bagian tubuhnya, entah itu karena sayatan benda tajam atau terluka. Jika bagian tubuh kita terluka maka darah perlahan-lahan akan mengalir dan kita akan mencari cara untuk menghentikan pendarahan tadi.

Sebetulnya, jika terjadi pendarahan dalam tubuh, maka secara otomatis pula tubuh akan menangani secepat mungkin dengan sendirinya.

Setelah membaca ilustrasi diatas, maka kita ketahui bahwa fungsi utama dari trombosit dalah untuk membantu proses pembekuan saat pembulu darah pecah. Trombosit akan berkumpul di daerah yang terluka lalu membantu menutupi pembuluh darah yang pecah.

Fungsi Trombosit

apa itu trombosit
kawaiibeautyjapan.com

Coba pikirkan kembali sebuah ilustrasi saat tubuh terkena luka. Saat itu tubuh akan mengalami kerusakan pada beberapa pembulu darah akibat pendarahan. Maka saat itu pula secara langsung, tubuh akan memberikan sinyal darurat kepada otak.

Saat terjadi luka, maka sinyal akan dikirim melalui sel dan memberi tahu bahwa terdapat pembulu darah yang pecah. Trombosit secara kimiawi akan memberi kabar kepada trombosit yang ada di dekatnya untuk menjadi aktif.

Setelah trombosit aktif, maka trombosit akan berubah dengan menumbuhkan tentakel yang sangat kecil. Pada saat ini pula, pembekuan mulai terjadi. Protein fibrinogen menjadi aktif, protein ini menghasilkan serat untuk membantu proses pembekuan pada daerah yang terjadi luka.

Trombosit yang terus aktif dari seluruh tubuh akan sampai menuju bagian yang terluka melaui aliran darah, mereka akan bersatu dan tersusun dalam jaringan fibrin, selain itu sel darah merah pun akan ikut tersusun.

Trombosit akan menjadi lengket sehingga bisa menutupi luka, trombosit akan terus tersusun dalam jaringan fibrin tadi hingga darah tidak keluar dari dalam tubuh, hal ini dinamakan dengan gumpalan darah.

Kulit yang robek akibat luka tadi pun akan melakukan regenerasi dan menjadi pulih kembali hingga jaringannya sembuh secara total.

Rentang Normal dan Tidak Normal Trombosit Dalam Tubuh

apa itu trombosit
prasdb.blogspot.co.id

Seseorang dikatakan sehat saata memiliki kandungan trombosit dalam tubuh sebanyak 150.000 dan 450.000 trombosit per mikorliter darah. Kandungan trombosit dalam darah ini sangat penting, karena jika kandungannya tidak mencapai angka normal maka besar kemungkinan akan terkena berbagai penyakit yang cukup serius.

Terlalu banyak kandungan trombosit pun kurang baik, hal ini dinamakan trombositosis. Sedangkan ketika kandungan trombosit terlalu sedikit dinamakan trombositpenia.

Penyebab Trombosit Menjadi Turun

apa itu trombosit
drogariapop.com.br

Kandungan trombositpenia biasanya kurang dari 150.000 darah per microliter. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. berikut ini penyebab terjadinya penurunan trombosit di dalam tubuh.

Trombosit Tidak Diproduksi Dalam Jumlah yang Cukup

Trombosit ini diproduksi di dalam sumsum tulang belakang, sumsum tulang belakan ini adalah bagia tubuh yang terdiri dari sel stem yang berberan untuk memproduksi sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.

Saat sel stem dalam sumsum tulang belakang mengalami kerusakan, maka darah yang diproduksi pula akan ikut mengalami kerusakan. Berikut ini adalah penyebab sel stem bisa rusak.

Infeksi virus

Virus yang menyerah seperti cacar air, rubella, gondok dan HIV AIDS. Virus-virus tersebut dapat membuat jumlah trombosit menjadi turun.

Penggunaan Obat-obatan

Obat yang menjadi penyebab turunnya kandungan trombosit dalam tubuh adalah obat diuretic.

Bahan Kimia Beracun

Paparan bahan kimia seperti benzene, pestisida, arsenik ternyata dapat memperlambat produksi trombosit di dalam tubuh.

Anemia Aplastik

Anemia Aplastik adalah sebuah penyakit yang mengganggu bagian sel darah merah merah, ini adalah penyakti yang cukup langka namun sangat serius.

Kanker

Limfoma dan kanker darah dapat merusak sel dari sumsum tulang. Selain merusak, ternyata pengobatan dari kanker ini juga dapat menghancurkan sel stem yang dalam dalam sumsum tulang belakang.

Trombosit Tertahan Di Limpa

Pada kondisi normal, sepertiga dari total trombosit akan tertampung di bagian dalam limpa. Namun, pembengkakan limpa dapat mengakibatkan semakin banyak trombosit yang tertahan di dalamnya. Sementara itu, limpa yang sudah membengkak disebabkan oleh beberapa hal seperti kanker hati atu sirosis.

Tubuh Menghancurkan Trombosit

Ketika trombosit sudah diproduksi dalam tubuh dengan normal, namun bisa saja tubuh juga yang menghancurkan trombosit itu, hal ini membuat trombosit dalam darah menjadi berkurang. Berikut ini adalah hal yang membuat tubuh menghacurkan trombosit.

Kehamilan

Penyebab dari kondisi ini masih belum pasti. Hanya sekitar 5% wanita yang mengalami trombositpenia yang disebabkan oleh kehamilan.

Infeksi

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri dan virus yang berkembang di dalam tubuh, sehingga bisa menjadi penyebat berkurangkan trombosit.

Obat-obatan

Obat bisa membuat tubuh menjadi “keliru” dan “bingung”, sampai pada akhirnya tubuh akan menhancurkan sel-sel yang normal. Contoh obat yang dapat membuat tubuh menjadi bingung ini adalah antibiotik yang terdapat kandungan sulfa, quinine.

Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun terjadi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel tubuh yang normal, sel stem juga ikut diserang. Rematik dan lupus eritematosus sistemik adalah penyakti autoimun yang dapat membuat trombosit turun.

Cara Menaikan Trombosit

apa itu trombosit
l-men.com

Jika trombosit turun, maka segeralah periksa lah diri ke dokter atau segera menaikan trombosit, berikut ini adalah beberapa cara yang ampuh untuk menaikan trombosit.

Hindari Obat Tertentu

Obat yang harus dihindari adalah obat pereda nyeri serta obat penurun panas, karena obat-obat tersebut bisa menghambat produksi dari trombosit itu sendir seperti Aspirin dan Ibuprofen. Berhati-hatilah ketika membeli obat tersebut karena banyak dijual bebas di pasaran.

Hindari Kegiatan yang Mengakibatkan Pendarahan

Lakukanlah aktifitas dengan aman, jauhi kegiata-kegiatan yang justru dapat melakukan pendarahan. Biasanya kegiatan ini seperti olah raga ekstrim yang dapat mengakibatkan terjadinya cedera.

Istirahat yang Cukup

Tidurlah selama 7 jam hingga 8 jam setiap harinya. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh menjadi kembali segar dan dapat memproduksi trombosit dengan banyak.

Perbanyak Minum Air Hangat

Perhatikanlah, air dingin itu sebetulnya dapat memperlambar saluran pencernaan yang bisa mempengaruhi cara tubuh untuk menyerap nutrisi. Sel darah itu terbuat dari protein dan air, jadi ketika mengkonsumsi air dalam jumlah banyak maka trombosit pun akan meningkat.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Usahan setiap harinya kita memakan makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Sayuran yang berdaun hijau, buah kiwim tomat dan jeruk dapat membantu untuk menaikan trombosit yang ada di dalam tubuh.

Kurangi Makanan Tidak Sehat

Makanan sehat kebanyakan adalah junk food, alcohol dan kafein. Makanan tersebut dapad menghambat peroduksi sumsum tulang belakang, jika produksi sumsum tulang belakang terganggu makan otomatis produksi trombosit pun akan terganggu.

Konsumsi Mineral dan Vitamin

Jika kalian tidak menyukai sayuran atau buah-buahan, maka vitamin dan suplemen ini bisa dijadikan alternative untuk di konsumsi. Konsumsi vitamin C setiap harinya, karena vitamin sangat mudah larut dalam air dan dapat menjaga kekebalan tubuh.

Konsumsi Asam Lemak Omega 3

Ikan salmon, minyak ikan, ikan, minyak biji rami, tuna adalah contoh makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3. Makan itu dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dencan alami serta bisa menaikan trombosit.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 dan Asam Folat

Asal folat dan vitamin B 12 adalah kandungan yang sngat penting dalam produksi komponen darah, termasuk juga trombosit. Makanan yang banyak mengandung vitamin B 12 adalah kambing, keju m hati, telur dan susu. Sedangkan makanan yang banyak mengandung asam folat adalah jeruk, kacang kering, dan bayam.