Pengertian apgar score adalah

Pengertian Apgar Score pada Proses Kelahiran Bayi

APGAR SCORE ADALAH – Menilai bayi yang baru lahir secara cepat. Apgar merupakan singkatan dari kata Appearance, Pulse, Grimace, Activity, dan Respiration. Kehadiran seorang bayi dalam keluarga merupakan hal yang sangat ditunggu, tentu harapannya bayi hadir dalam keadaan normal.

Dunia kedokteran memang memiliki seribu cara untuk mengetahui suatu kondisi kesehatan pasien. Pada umumnya cara-cara tersebut hanya bisa dipahami dan diketahui oleh orang yang memiliki profesi berhubungan dengan dunia kedokteran.

Salah satunya adalah Apgar score, banyak masyarakat umum yang belum tahu tentang metode dunia kedokteran yang satu ini. Pada artikel ini, penulis akan menyampaikan beberapa penjelasan tentang Apgar score.

Pengertian Apgar Score

Pengertian apgar score adalah
Sumber: holtonlow.com

Penilaian Apgar atau skor Apgar dalam bahasa Inggris Apgar Score adalah suatu metode atau cara yang dilakukan untuk menilai suatu kondisi kesehatan bayi yang dilakukan pada saat bayi baru keluar dari rahim. Dalam arti lain Apgar score merupakan metode praktis untuk menilai kondisi kesehatan bayi ketika baru dilahirkan.

Fungsi atau tujuan dari metode Apgar score adalah untuk mengetahui secara cepat apakah bayi dalam kondisi normal atau menderita asfiksia. Dengan adanya metode ini ketika bayi terlahir akan bisa dianalisa dengan cepat apakah bayi membutuhkan penanganan khusus atau tidak untuk kondisi kesehatannya.

Sejarah Apgar Score

Dr. Virgina Apgar
Sumber: wowscience.io

Penilain Apgar atau Apgar score adalah suatu cara atau metode yang pertama kali dikenalkan oleh Dr. Virginia Apgar untuk melihat kondisi kesehatan bayi yang baru lahir pada tahun 1952. Dr. Virgina seorang dokter dari Amerika Serikat yang ahli di bidang anastesi, teratologi, dan merupakan pendiri bidang neonatologi.

Dokter Virgina terkenal sebagai penemu metode yang baik untuk menentukan suatu kondisi bayi yang baru lahir. Metode ini sudah teruji sangat membantu dan membantu mengurangi angka kematian pada bayi yang baru lahir. Tekniknya yaitu mengetes kondisi kesehatan bayi dalam waktu 1 menit, 5 menit, dan 10 menit dihitung dari waktu keluarnya bayi dari rahim.

Dokter Virgina merupakan wanita pertama yang mendapatkan gelar Profesor dari Columbia University P&G. Lahir pada tanggal 7 Juni 1909 dan meninggal dunia pada tanggal 7 Agustus 1974. Selama hidupnya Dokter Virgina belum pernah menikah.

Apgar Score adalah Penilain Kesehatan Bayi

Tabel apgar score
Sumber: thenurseslockerroom.com

Dalam prakteknya metode Apgar dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu 1 menit pertama setelah lahir, 5 menit selanjutnya, dan 10 menit setelah lahir. Kriteria Apgar score yaitu berpacu pada singkatan dari kata Apgar sendiri yaitu:

Appearance/Warna kulit bayi

Tes dengan melihat warna kulit bayi, ada 3 kemungkinan warna kulit pada bayi yang menentukan kondisi kesehatan bayi. Yaitu kulit bayi berwarna merah, biru, dan pucat. Pemberian nilai atau skor bertitik pada 0-2.

  • Apabila kulit bayi berwarna pucat skornya (0).
  • Jika kulit bayi berwarna  biru dan merah skornya (1).
  • Kalau kulit bayi berwarna merah skornya (2)

Pulse/Denyut jantung bayi

Tes denyut jantung pada bayi memakai alat stestoskop. Jika tidak ada alat tersebut bisa menggunakan cara lainnya untuk mengetahui denyut jantung bayi. Pemberian skornya sama dengan tes Appearance yaitu 0-2.

  • Apabila denyut jantung tidak terdeteksi skornya (0).
  • Jika denyut jantung bayi kurang dari 100 kali dalam 1 menit skornya (1).
  • Kalau denyut jantung bayii lebih dari 100 kali dalam 1 menit skornya (2).

Gremace/Kepekaan refeleks

Tes kepekaan refleks bisa dengan cara menggosok telapak kaki bayi saat baru lahir secara lembut. Apabila ada reaksi bayi bisa tentukan skornya dengan kondisi bayi seperti berikut:

  • Apabila sama sekali tidak ada refleks skornya (0).
  • Jika ada refleks seperti wajah bayi menyeringai skornya (1).
  • Kalau refleks bayi bagus seperti menyeringai dengan terbatuk atau menangis keras skornya (2).

Activity/Tonus otot

Tes dengan mengamati gerakan bayi seperti pada bagian kaki dan tangannya. Cobalah merangsang gerakan bayi, apabila bayi merespon seperti:

  • Apabila tidak ada respon atau otot lembek skornya (0).
  • Jika lengan atau tungkainya melipat skornya (2).
  • Kalau bayi merspon dengan anggota badan aktif skornya (3).

Respiration/Pernafasan

Tes dengan memperhatikan pernafasan pada bayi yang baru lahir, bisa dites dengan melihat gerakan dada dan abdomen pada bayi:

  • Apabila tidak ada tanda-tanda pernafasan pada bayi skornya (0).
  • Jika ada tanda-tanda pernafasan seperti merintih skornya (1).
  • kalau Ada tanda-tanda pernafasan baik seperti bisa menangis keras skornya (2).

Keterangan Penilaian

skore apgar
Sumber: unitypoint.org

Seperti yang sudah diijelaskan bahwa pemberian nilai atau skor Apgar yaitu dari 0-2. Artinya dari skor angka 0 sampai angka 2 merupakan pemberian skor menurut tingkat kesehatan bayi. Semakin tinggi skornya maka  semakin baik tingkat kesehatannya.

Dari pemberian skor pada Appearance/Warna kulit, Pulse/Denyut jantung, Gremace/Kepekaan refleks, Activity/Tonus otot, dan Respiration/Pernafasan. Semua skor pada Apgar tersebut ditotal dan jumlah skornya itu menjadi kesimpulan kondisi kesehatan bayi. Apabila total jumlahnya sebagai berikut:

  • 0 – 3, maka kondisi bayi membutuhkan tindakan perawatan yang lebih intensif dan membutuhkan alat bantu pernafasan.
  •   4 – 6, maka mengalami asfiksia ringan, dalam keadaan seperti ini bayi membutuhkan lingkungan baru untuk menstabilkan diri.
  •  7 – 10, maka bayi dalam kondisi normal.

Seiring brejalannya zaman dan perkembangan pada metode ini, metode ini sekarang bisa digunakan untuk mendeteksi kelainan pada bayi yang baru lahir. Dalam dunia kedokteran, Apgar score merupakan suatu prosedur yang harus dilakukan ketika menangani pasien melahirkan. Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Comment