Asam Amino dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia

ASAM AMINO – Asam amino adalah senyawa organik yang mempunyai gugus fungsional karboksil (-COOH) dan amina (NH2). Gugus karboksil memberikan sifat yang asam, sedangkan gugus amina memberikan sifat yang basa.

Pada bentuk larutan, asam amino bersifat amfoterik: cenderung menjadi asam pada larutan basa dan menjadi basa pada larutan yang asam. Sifat ini terjadi karena asam amino sanggup menjadi zwitter-ion. Asam amino memiliki fungsi untuk membentuk komponen protein yang nantinya diserap oleh tubuh.

Tubuh kita membutuhkan asam amino yang berguna untuk dapat bertahan hidup, salah satu jenis yang dibutuhkan oleh tubuh adalah asam amino esensial. Tetapi, nyatanya kita membutuhkan panganan yang mengandung asam amino esensial untuk memenuhinya.

Asam amino terbagi dari beberapa jenis, yaitu asam amino kondisional, asam amino non esensial dan asam amino esensial.

Asam Amino Kondisional

Asam amino
fit.pro.cz

Asam amino kodisional adalah asam amino yang bisa dihasilkan oleh tubuh, tetapi dalam jumlah yang terbatas dan tergantung dari kondisi kesehatan. Jenis asam amino kondisional yaitu arginin, glutamine, sistin, tirosin, ornitin, prolin, serin dan glisin.

Asam Amino Non Esensial

Asam amino
id.wikimedia.org

Asam amino non esensial adalah asam amino yang sanggup diproduksi dan dihasilkan oleh tubuh manusia. Yang termasuk pada jenis asam amino non esensial yaitu alanin, asam aspartat, asparagin, sistein, asam glutamat, glutamin, glisin, prolin, serin dan tirosin.

Asam Amino Esensial

Asam amino
commons.wikimedia.org

Asam amino esensial adalah jenis yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Sehingga memerlukan makanan yang mengandung asam amino esensial untuk memenuhi kebutuhannya. Adapun yang tergolong ke dalam asam amino esensial antara lain adalah valin, histidin, triptofan, isoleusin, lisin, leusin, metionin, treonin, dan fenilalanin.

Makanan yang Mengandung Asam Amino Esensial

Asam amino
perutgendut.com

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, asam amino esensial memiliki beragam jenis asam amino. Antara lain histidin, valin, triptofan, isoleusin, lisin, metionin, treonin, leusin, dan fenilanin. Bermacam jenis asam amino tersebut bisa kita dapatkan dari beberapa makanan berikut:

  • Isoleusin

Apabila ingin menghasilkan isoleusin, konsumsilah putih telur, selain sedikit mengandung lemak, pada putih telur juga terdapat banyakisoleusin. Bukan hanya putih telur, makanan yang lain seperti daging domba, kepiting, kalkun, ikan tuna, ikan kod, dan kedelai juga banyak mengandung isoleusin yang tidak kalah.

  • Lisin

Daging ayam dan kalkun pada bagan dada adalah makanan yang banyak mengandung lisin. Setelah kalkun dan ayam, makanan seperti selada air, peterseli dan rumput laut juga mempunyai kandungan lisin yang cukup tinggi. Selain dari itu, kita juga bisa mendapatkan lisin dari ikan kod dan tuna.

  • Leusin

Bukan hanya mengandung lisin dan isoleusin, makanan seperti ikan tuna dan rumput laut juga banyak mengandung leusin. Sedangkan makanan yang lain mengandung banyak leusin adalah putih telur, kedelai dan ayam.

  • Valin

Makanan yang termasuk mempunyai kandungan valin yang tinggi adalah telur. Makanan lain yang juga menjadi sumber valin diantaranya tumput laut, selada air dan sayur bayam.

  • Treonin

Makanan yang banyak mengandung treonin adalah bayam dan selada air mentah. Pilihan lain untuk makanan yang memiliki kandungan treonin diantaranya ikan nila, kalkun, putih telur dan kedelai.

  • Hestidin

  • Fenilalanin

Untuk memperoleh fenilalanin dengan jumlah yang cukup besar, kita bisa mengonsumsi dari beberapa jenis daging, seperti kalkun, domba, sapi atau daging sapi muda. Fenilalanin juga terkandung pada tepung wijen, tepung biji kapas dan salmon.

  • Triptofan

Triptofan terkandung pada daging rusa dan singa laut. Namun, kedua daging tersebut tidak familiar dan singa laut merupakan hewan yang dilindungi. Untuk mendapatkan triptofan kita bisa mengonsumsi bayam, rumput laut, kedelai, kalkun dan putih telur.

  • Metionin

Makana yang mendapatkan kandungan metionnin diantaranya adalah ayam, kepiting, kalkun, lobster dan tuna. Tetapi beberapa makanan ini masih kalah dengan putih telur. Putih telur mengandung metionin yang sangat tinggi. Putih telur juga mempunyai kandungan asam amino esensial lainnya yang tenstu sangat baik bagi tubuh.

Manfaat Asam Amino untuk Kesehatan

Asam amino memiliki fungsi yang berguna sebagai penyusun protein, termasuk juga enzim. Asam amino merupakan kerangka dasar dari sejumlah senyawa dalam proses metabolisme (vitamin, hormon dan asam nukleat). Dari fungsi ini, terdapat sejumlah manfaat yang bisa kita manfaatkan jika kebutuhan pada asam amino tercukupi.

Adapaun beberapa manfaat asam amino untuk kesehatan diantaranya:

Meningkatkan Massa Otot

Asam amino adalah
reps-id.com

Asam amino bisa membantu menaikkan berat badan dan masa otot. Hal ini disebabkan karena otot terbentuk dari protein yang terdiri dari berbagai macam asam amino baik yang esensial maupun non-esensial. Semakin banyak otot yang terbentuk, semakin sedikit ruang lemak pada tubuh dan ini sangat baik bagi kesehatan.

Menjaga Keseimbangan Enzim dan Hormon

Asam amino adalah
edubio.info

Kekurangan asam amino bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada enzim dan hormon di dalam tubuh, terutama pada hormon pertumbuhan. Asam amino berfungsi memicu pelepasan insulin dan dengan bagitu akan bisa membantu menjaga tingkat keseimbangan gula darah.

Sedangkan hormon pertumbuhan dapat menaikkan perkembangan massa otot dan mempercepat pembakaran lemak menjadi energi. Asam amino juga memiliki peran sebagai perangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang dan juga kolagen.

Mencegah Kerontokan Pada Rambut

Asam amino adalah
carabarumengatasi.com

Makanan yang memiliki banyak kandungan asam amino bisa membantu mencegah kerontokan rambut dan juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, asam amino juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kuku dan juga kulit.

Menjaga Kesehatan Jantung

asam amino adalah
gogobli.com

Asam amino yang dikandung oleh makanan bisa membantu menjaga kesehatan pada jantung, membantu menghindari penyakit depresi dan meningkatkan daya ingat, Dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung asam amino sangat baik untuk meredakan stress sebagai biang penyakit jantung.