Mengenal Asam Mefenamat Beserta Fungsi, Dosis, Serta Cara Pemakaiannya

ASAM MEFENAMAT – Tahukah anda mengenai asam mefenamat ? Bagi anda yang belum tahu dan penasaran untuk mengenal dan mengetahui apa itu asam mefenamat dan semua yang bersangkutan mengenai asam mefenamat dari dosis, fungsi, efek samping, dan cara kerjanya, anda harus lanjutkan membaca sampai selesai.

Nah, setidaknya anda mengetahui dasar dari asam mefenamat terlebih dahulu. Asam mefenamat merupakan salah satu dari jenis obat yang digunakan sebagai anti peradangan atau anti inflamasi. Mungkin ketika anda periksa ke dokter dengan gejala nyeri ataupun keluhan rasa sakit, anda diberi obat asam mefenamat, guna meredakan nyeri ataupun rasa sakit.

Itulah dasar dari asam mefenamat, untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan asam mefenamat tentang dosis, fungsi dan cara kerja obat tersebut, berikut penjelasannya.

Mengenal Apa Itu Asam Mefenamat ?

Asam mefenamat
i2.wp.com

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, asam mefenamat merupakan jenis obat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit, entah itu nyeri ataupun yang lainnya. Supaya lebih mudah untuk dipaham, mari kita mendalami dan mengupas tuntas mengenai pembahasan asam mefenamat.

Obat ini memiliki dosis dan cara pemakaiannya tersendiri. Jadi dalam pemakaian obat ini tidak asal memakai, melainkan dengan resep atau anjuran dari dokter. Cara kerja atau mekanisme pada obat ini untuk mengurangi dan meredakan rasa sakit pada tubuh kita melalui pencegahan dan  penghalagan enzim yang biasa disebut dengan sikloosigenase (COX).

Enzim itulah yang sebenarnya membentuk (memproduksi) bahan kimia (prostaglandin). Dari itu semualah suatu penyakit terasa nyeri atau rasa sakit ditimbulkan. Dengan adanya asam mefenamat, maka enzim-enzim tersebut akan terhalang sehingga rasa sakit ataupun nyeri akan mereda.

Asam mefenamat merupakan nama obat yang generik. Namun, banyak sekali merek-merek atau nama-nama obat yang lain sebenarnya mengandung atau sama dengan asam mefenamat ini, antara lain adalah : Asam Mefenamat Ladson, Asam Mefenamat Indo Farma, Maxstan, Mefinal, Corstanal, Allogon, Analspec, Asimat, Dentacid, Lapistan, Femisic, Dogesic, Inastan, Gitaramin, Grafamic, Licoston, NichostanStanalin, dan lain-lain.

Fungsi Asam Mefenamat

Asam Mefenamat
harapanrakyat.com

Setelah anda mengetahui pengertian dari asam mefenamat, maka anda juga harus tahu apa fungsi dari obat ini. Asam mefenamat biasa digunakan untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, meringankan nyeri pada otot dan segala penyakit yang ringan ataupun yang sedang serta mengatasi masalah menstruasi.

Sebagaimana yang dijelaskan di atas yaitu dengan cara menghambat enzim prostaglandin yang senyawa tersebut menimbulkan rasa nyeri. Dengan adanya asam mefenamat ini, maka prostaglandin terhambat dan rasa sakit pun mereda. Obat ini bisa dikonsumsi oleh anak yang umrunya mencapai 12 tahun dan orang dewasa.

Aturan Pemakaian Asam Mefenamat

Asam Mefenamat
muslimah.or.id

Dalam pemakaian obat atau meminum obat asam mefenamat ini, terdapat aturan dan arahan yang benar-benar harus diperhatikan. Bukan hanya sekedar minum tanpa melihat dan memperhatikan dosis obat terlebih dahulu. Melainkan, anda mengkonsumsinya dengan arahan dai dokter maupun apoteker.

Dan juga jangan sampai mengkonsumsi asam mefenamat bersamaan dengan antacid, karena jika anda mengkonsumsi anactid bersamaan dengan obat ini, maka kemungkinan manfaat dari obat tersebut berubah karena adanya anactid. Kecuali hal itu menjadi arahan dari dokter. Begitu pula dilarang berbaring setelah minum obat ini selama 10 menit setelahnya.

Obat ini sebaiknya dikonsumsi atau diminum sewaktu rasa nyeri atau sakit berlangsung. Karena hal itu akan membuat obat lebih berfungsi dan efektif untuk menghilangkan atau meredakan rasa sakit. Jangan sampai menunggu rasa sakit atau nyeri menjadi-menjadi, karena obat tidak akan berjalan dengan efektif. Dosis akan diberikan berdasarkan kondisi tubuh masing-masing.

Dosis Asam Mefenamat

Asam Mefenamat
hellodoctor.co.id

Berbicara tentang dosis obat  yang akan diberikan kepada pasien, itu tergantung dengan kondisinya. Adapun tulisan ataupun nasehat yang tertera di sini bukan menjadi pengganti dari arahan ataupun anjuran dari dokter. Melainkan konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum anda melakukan sesuatu mengenai kesehatan yang tidak anda ketahui.

Adapun dosis-dosis pada obat asam mefenamat ini sebagai berikut ;

Dosis obat asam mefenamat sebagai pengatas rasa sakit : Minum asam mefenamat 500 mg dan dilanjutkan dengan asam mefenamat yang 25 mg di setiap 6 jam setelahnya dengan sesuai yang dibutuhkan.

Dosis asam mefenamat sebagai pereda nyeri haid : Minum asam mefenamat 500 mg dan dilanjutkan dengan yang 250 mg setelah 6 jamnya.

Dosis asam mefenamat bagi anak berumur 14 – 18 tahun : Untuk anak-anak pun juga sama 50 mg dan dilanjutkan dengan 250 mg di setiap 6 jam berlangsung, dan tidak dilakukan selama 7 hari.

Dosis aman yang terdapat pada obat asam mefenamat ini biasanya dikonsumsi 3 kali dalam 1 hari dengan takaran 500 mg. Dosis yang akan diterima sebenarnya menurut seriusnya penyakit atau tidak. Dan yang lebih terpenting dari itu semua, sebelum mengkonsumsi obat tersebut, konsultasi terlebih dahulu ke dokter, dan membaca aturan pakai agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diingikan.

Jika terjadi over dosis karena obat tersebut, segera dan secepatnya bawa ke dokter supaya lekas ditangani. Adapun tanda-tanda over dosis yang akan terjadi adalah ;

  • Tinja berwarna gelap dan berdarah
  • Nafas terasa lambat
  • Mual
  • Pingsan
  • Muntah-muntah
  • Rasa lelah yang sangat
  • Pingsan

Jika anda mengalami kondisi sebagaimana yang terdapat di atas, maka  segera dan secepat mungkin untuk periksa ke dokter.

Efek Samping Asam Mefenamat

Asam Mefenamat
bravaradio.com

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa setiap obat pasti memiliki efek samping. Efek samping yang aka terjadi saat mengonsumsi obat ini adalah ;

  • Perut terasa sakit, mulas, mual, diare, kembung ataupun sembelit
  • Kepala terasa sakit, pusing, ataupun gugup
  • Gatal-gatal pada kulit atau bahkan terdapat ruam (iritasi)
  • Pandangan yang kabur
  • Telinga terasa mendengung
  • Mulut kering
  • Ingusan serta berkeringat
  • Pingsan

Itulah efek samping yang terjadi pada obat ini. Untuk pencegahan dan peringatan sebelum terjadi efek samping, maka kita harus perhatikan hal berikut ini ;

  • Sebelum lanjut untuk mengkonsumsi obat ini, beri tahu dokter terlebih dahulu kalau anda mempunyai alergi akan mefenamic acid, aspirin, NSAID semisal naproxen dan lainnya.
  • Jangan lupa beri tahu dokter jika anda mengkonsumsi vitamin, ataupun produk herbal yang sudah anda konsumsi ataupun yang akan dikonsumsi. Dengan itu, dokter akan mempertimbangkan dan memberi dosis obat yang sesuai.
  • Beritahukan ke dokter terlebih dahulu jika anda mempunyai atau pernah mengalami kondisi semisal  ; Asma, penyakit hati atau ginjal, dan dokter harus tahu kalaupun anda sering ingusan ataupun merasakan hidung tersumbat, ataupun anda mengalami nasal polip (terjadi pembengkakan pada bagian dalam hidung), pembengkakan dalam dada, kaki, maupun tangan.
  • Dokter juga harus tahu jika anda dalam kondisi menyusui atau dalam keadaan hamil. Kalaupun anda hamil dan mengkonsumsi mefenamic acid, maka secepatnya hubungi dokter.

Nah, itulah hal-hal tersebut harus anda beritahukan ke dokter ataupun apoteker supaya tidak terjadi efek samping ataupun sesuatu yang tidak diinginkan. Untuk itu lebih berhati-hatilah dan beritahukan kepada dokter semua yang bersangkutan dengan kesehatan anda.

Interaksi Obat

Asam Mefenamat
harnas.co

Banyak macam obat yang berinteraksi dengan obat asam mefenamat ini. Jika terjadi interaksi antar obat, maka hal tersebut bisa merubah fungsi obat yang sedang diserap oleh tubuh. Bahkan hal itu bisa membuat keadaan tubuh menjadi lebih parah ataupun menimbulkan efek samping yang serius.

Untuk itu, di saat anda berkonsultasi ke dokter beritahukan semua yang telah anda pakai mengenai obat-obatan maupun herbal yang telah anda konsumsi sebelumnya. Dan jangan pernah meninggikan dosis sebelum mendapat arahan dari dokter. Terlebih lagi jika anda mengkonsumsi obat anti depresi semisal citalopram, duloxetine, sarafem, paraxetine, esticalopram, dan lain-lain, maka seharusnya anda memberitahukan ke dokter.

Jika anda mengkonsumsi salah satu obat yang terdapat di bawah ini ;

  • Lithium (Lithobid, Eskalith)
  • Steroiids (prednisone and others)
  • Methotrexate (Rheumatrex, Trexall)
  • Cyclosporine (Gengraf, Neoral, Sandimmune)
  • Pengencer darah seperti warfarin (Coumadin)
  • Aspirin or NSAID (non-steroidal anti-inflammatory drugs) such as diclofenac (Voltaren), etodolac (Lodine), fenoprofen (Nalfon), flurbiprofen (Ansaid), ibuprofen (Advil, Motrin), indomethacin (Indocin), ketoprofen (Orudis), ketorolac (Toradol), meclofenamate (Meclomen), meloxicam (Mobic), nabumetone (Relafen), naproxen (Aleve, Naprosyn), piroxicam (Feldene), dan lainnya.

Nah, jika anda masih dalam mengkonsumsi obat-obat yang tertera di atas, maka beritahu dokter terlebih dahulu ke dokter agar dokter dapat mempertimbangkan untuk memberikan obat asam mefenamat.

Kalaupun interaksi terjadi, maka gejala atau tanda yang akan menimpanya sebagai berikut ;

  • Asma
  • Terjadi Pembekuan darah
  • Anemia
  • Riwayat serangan jantung
  • Penyakit hati (semisal, hepatitis)
  • Ginjal parah
  • Pembengkakan pada tubuh
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • sakit perut, semisal pada usus, dan lain-lain.

Itulah hal yang harus benar-benar diperhatikan dan diberitahukan ke dokter, supaya tidak terjadi kefatalan dalam pemeriksaan sebagaimana hal yang di atas.

Cara Penyimpanan Asam Mefenamat

Asam Mefenamat
priyambodo1971.files.wordpress.com

Cara menyimpan obat ini dilakukan sebagaimana penyimpanan obat-obat yang lain. Yaitu disimpan di ditempat yang sejuk ataupun lembab, dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Dan jangan pula dibekukan, untuk lebih jelasnya perhatikan aturan penyimpanan yang tertera pada kemasan.

Simpan di tempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak, serta jangan membuang obat-obatan ke tempat pembuangan atau toilet dengan disiram. Kalau obat sudah habis masa berlakunya ataupun sudah tidak terpakai, lebih baik dikumpulkan kemudian tanya ke apoteker ataupun perusahaan pembuangan limbah lokal tentang cara pembuangan yang aman.

Nah itulah pembahasan mengenai obat asam mefenamat yang sangat berguna untuk mengurangi dan meredakan rasa sakit maupun nyeri pada tubuh. Dengan pembahasan yang terdapat di atas sekiranya cukup memahamkan, dan bisa menggambarkan apa itu asam mefenamat dan bagaimana cara kerjanya.

Oleh karena itu, kita harus benar-benar memperhatikan setiap mengkonsumsi obat-obatan. Dan yang lebih penting adalah jangan sekali-sekali malu bahkan enggan untuk berkonsultasi ke dokter mengenai kesehatan tubuh kita, sekiranya cukup tentang pembahasan asam mefenamat dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment