asam urat normal

Penasaran Tentang Kadar Asam Urat Normal? Yuk, Langsung Saja Klik [Masuk]

ASAM URAT NORMAL – Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerbu pada bagian sendi-sendi yang terdapat pada organ tubuh yang disebabkan oleh tumpukan kristal urat.

Kristal urat adalah salah satu faktor tumbuhnya penyakit asam urat, dikarenakan banyaknya tumpukan-tumpukan kristal urat dengan jangka waktu yang lama sampai-sampai kristal urat terjadi peradangan dan membentuk tumpuan sendi di setiap jaringan urat pada sel tubuh.

Apakah diantara kalian sudah ada yang mengetahui tentang ukuran asam urat yang normal? Apabila dari sebagian kalian belum ada yang mengetahui tentang ukuran atau kadar asam urat yang normal, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberi sedikit pengetahuan tentang kadar asam urat normal.

Yuk, langsung saja simak pada ulasan yang tertulis pada tulisan dibawah ini, semoga kalian yang telah membaca atau menyimak ulasan-ulasan tentang asam urat normal pada artikel ini akan lebih bermanfaat lagi untuk kesehatan kalian.

Asam Urat Normal

asam urat normal
deherba.com

Biasanya apabila penyakit asam urat ini kambuh, maka yang kerap dirasakan rasa sakitnya itu pada bagian sendi-sendi sekitar kaki, pinggang, tangan, lutut, dan pada tempat-tempat persendian lainnya yang mempunyai jaringan-jaringan urat syaraf yang paling banyak.

Asam urat ini bisa mendatangkan penyakit seperti encok/rematik, sakit pada bagian sendi-sendi lutut atau kaki dan tangan, pinggang, pinggul, pundak, saluran dan kandung kemih, darah tinggi, bisa menimbulkan batu ginjal juga, gagal ginjal, bisa memicu jantung koroner juga dan kencing manis.

Ukuran-ukuran asam urat yang normal pada seorang lelaki adalah: 3,4-70 mg, dan ukuran asam urat pada seorang wanita adalah: 2,4-5,7 mg.

Penyakit asam urat ini  isa dirasakan ketika seseorang sudah menginjak usia 20 tahun atau usia 40 tahun, tapi mudah-mudahan kita semua tidak termasuk orang yang terkena penyakit asam urat tersebut, Amin.

Ukuran asam urat normal pada seorang perempuan tidak melebihi dari 6mg, sebaliknya dengan ukuran asam urat normal pada seorang pria ini memiliki ukuran 6,8 mg, akan tetapi ukuran asam urat pada setiap orang itu berbeda-beda.

Ukuran asam urat pun tergantung dari riwayat kesehatan tubuh kita, asupan makanan yang dimakan pada kehidupan sehari-hari, dan yang terakhir adalah dari faktor genetik.

Untuk memahami atau mengetik berapa kekuatan atau kadar asam urat yang ada pada tubuh kalian, maka kalian harus melakukan beberapa pemeriksaan-pemeriksaan seperti berikut ini:

A. Pengecekan Asam Urat Pada Darah

asam urat normal
apotekherbal.com

Dilakukannya pengecekan atau pemeriksaan tentang asam urat ini untuk mengetahui asam urat. Hasil dari tes pengecekan tersebut, biasanya baru keluar sesudah satu atau dua hari setelah pengecekan atau pemeriksaan.

Perlu kita ketahui bahwa bisa saja ada perbedaan-perbedaan pada rujukan atau acuan antara laboratorium satu dengan laboratorium lainnya. Tapi kalian janganlah merasa khawatir, karena pada biasanya laboratorium ini akan mencantumkan rujukan yang dipakai.

Dibawah ini ada salah satu acuan-acuan kekuatan asam urat normal:

  • Ukuran asam urat pada seorang wanita: 2,4-Mg/dL (Miligram per desiliter)
  • Ukuran asam urat pada seorang pria: 3,4-7,0 Mg/dL (Miligram per desiliter)
  • Ukuran asam urat pada anak-anak: 2,5-5,5 Mg/dL (Miligram per desiliter)

Apabila kekuatan asam urat kalian tinggi, namun tidak ada keluhan pada asam urat, mungkin kalian tidak perlu yang namanya pengobatan.

Maka sebaliknya, apabila kekuatan asam urat normal, tetapi kalian mengalami gejala peradangan pada sendi, berarti asam urat tersebut telah mengkristal pada bagian-bagian persendian yang ada pada organ tubuh, apabila sudah menjadi seperti itu maka diperlukan sekali yang namanya dengan pengobatan.

Gout, gout adalah peradangan pada bagian sendi yang diakibatkan dari tingginya kekuatan asam urat. Pada umumnya, gout atau peradangan pada bagian sendi-sendi ini kerap dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia.

Kebanyakan 1 dari 200 orang dewasa ini menjumpai dengan gejala yang dinamakan gout atau terjadinya peradangan pada bagian sendi-sendi, dan orang yang kerap mengalami terjadinya peradangan pada bagian-bagian sendi itu dijumpai oleh pria.

Apabila kalian mengalami gejala gejala asam urat, rematik, atau gout maka dianjurkan untuk mengonsultasikan kepada dokter yang biasa menangin jenis-jenis penyakit seperti ini:

  • Sendi yang terasa sakit nampak terlihat kemerah-merahan
  • Susah untuk berjalan
  • Rasa sakit di setiap sendi yang sering datang dan pergi
  • Rasa sakit tersebut biasanya pada ibu jari kaki
  • Apabila dibiarkan, maka penyakit itu akan tetap atau bertahan selama 7 sampe 10 hari, bahkan bisa lebih.

B. Tips Mempertahankan Kekuatan Asam Urat Normal

aryanto.id
  • Banyak mengkonsumsi atau meminum air putih agar bisa mencegah terjadinya dehidrasi.
  • Melakukan kegiatan olahraga dengan cara yang teratur, karena berat badan dan tubuh yang sehat bisa mengurangi resiko ter serang nya penyakit asam urat.
  • Hindarilah masakan-masakan kacang kedelai.
  • Menjauhi minuman yang dibuat dengan campuran pemanis buatan.
  • Apabila dari kalian ada yang merokok, maka diusahakan untuk menghentikan rokok tersebut.
  • Hindarilah minuman-minuman yang berbau alkohol, misalkan seperti bir dan minuman-minuman ber-alkohol lainnya.
  • Apabila dari kalian biasa mengkonsumsi makanan seperti daging merah, seafood, ikan sarden dan hati, maka lebih baik dibatasi untuk mengkonsumsi makanan-makan yang seperti itu.

Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami

asam urat normal
cloudinary.com

Asam urat, asam urat didalam bahasa inggris lebih dikenal dengan nama Uric Acid, yang mana Uric Acid ini adalah produk terakhir jalur atau pelintasan katabolisme nukleotida purina, lantaran tak terdapat enzim yang mengkonversi asam urat menjadi alantoin.

Biasanya, penyakit asam urat ini disebabkan atau diakibatkan dari banyaknya zat purin yang memiliki kadar yang sangat tinggi secara berlebihan.

Apa itu zat purin?

Purin adalah zat yang ada pada dalam setiap bahan-bahan makanan yang awal mulanya berasal dari tubuh makhluk hidup mana saja.

Purin dibuat oleh tubuh agar menjadi asam urat, apabila kadar dalam asam urat itu terlalu berlebihan, maka ginjal tidak akan sanggup mengeluarkannya, sehingga kristal asam urat itu menumpuk pada bagian persendian yang mengakibatkan persendian itu terasa sakit, menjadi bengkak dan meradang.

Penyakit asam urat ini lebih kerap menyerbu atau menyerang orang-orang yang sudah memiliki kelanjutan usia atau bisa disebut orang-orang tua, karena sudah banyak purin yang tertimbun pada bagian sendi-sendi.

Apabila ingin mengetahui lebih jelas lagi tentang bagaimana cara mencegah atau mengatasi asam urat ini, maka dibawah ini akan ada pembahasan tentang cara-cara mengatasi asam urat:

1. Ramuan-Ramuan Biji Cengkeh dan Ubi Jalar yang Berwarna Merah

Bahan-bahan utama yang harus kalian siapkan untuk mengatasi penyakit asam urat tersebut adalah, kalian terlebih dahulu menyiapkan 5 biji cengkeh, 5 biji kapulaga, 1 batang kayu manis, 5 gram biji-biji pala, 15 gram jahe merah, 1000 ml air mineral, dan yang terakhir adalah menyiapkan 200 gram ubi jalar merah.

Bagaimana cara pengolahan-nya? Caranya adalah, rebus terlebih dahulu sebua bahan yang telah disebutkan tadi kedalam air yang berisi 1000 ml, kemudian didihkan sampai tersisa setengahnya.

Setalah itu, saring lah air tersebut dan setelah disaring maka diminum lah air tersebut. Akan tetapi, untuk ubi jalar sendiri dapat kalian konsumsi secara langsung, atau bisa langsung di makan oleh kalian.

2. Menyiapkan Daun Salam

Bahan-bahan utama yang kedua adalah, kalian menyiapkan terlebih dahulu 10 lembar daun salam dan menyiapkan 2 gelas air.

Bagaimana cara pengolahan-nya? Caranya adalah, rebus terlebih dahulu 10 lembar daun salam yang sudah selesai kalian bersihkan kedalam 2 gelas air, kemudian lalu didihkan sampai tersisa 1 gelas, dan minumlah airnya secara teratur setiap 1 hari sekali.

3. Menyiapkan Buah Pare

Bahan-bahan utama yang ketiga adalah, kalian menyiapkan terlebih dahulu 1 buah pare dan 2 gelas air putih.

Bagaimana cara pengolahan-nya? Caranya adalah dengan membuang biji-biji pada buah pare terdahulu, kemudan buah pare tersebut dicuci hingga bersih dan di potong-potong, setelah di potong maka rebuslah potongan-potongan buah pare tersebut kedalam 2 buah gelas air.

Setelah itu didihkan sampai tersisa setengahnya, kemudian minumlah air yang dari rebusan buah pare tersebut secara teratur, sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Menyiapkan Cengkeh, Jahe, dan Daun Sosor Bebek

Bahan-bahan utama yang ke empat adalah, kalian lebih urama menyiapkan  biji cengkeh, 5 biji kapulaga, 4 lembar daun sisir bebek, 1 batang kayu manis, 5 gram biji-biji pala, dan 600 ml air putih atau mineral.

Bagaimana cara pengolahan-nya? Caranya adalah, rebus semua bahan-bahan yang sudah selesai dibersihkan kedalam 600 ml air, kemudian didihkan bahan-bahan tersebut sampai tersisa 300 ml air.

Setelah selesai didihkan, maka langkah-langkah selanjutnya adalah menyaring air rebusan bahan-bahan yang sudah di rebus tadi, dan minumlah ramuan-nya sampai 3 kali dalam sehari secara beraturan atau teratur.

Meminum air tersebut dibagi menjadi 3 kali untuk sekali minum, yaitu masing-masing-nya meminum 100 ml air.

Nah, tulisan diatas inilah membahas tentang asam urat normal, pengecekan asam urat, dan cara mengatasi penyakit asam urat, mudah-mudahan adanya pembahasan seperti ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin

Leave a Comment