Aspilet, Obat Pengencer Darah, Pencegah Serangan Jantung, dan Pemulih Pasca Stroke

ASPILET  adalah obat yang digunakan untuk mengatasi trombosis atau antitrombotik. Obat ini dapat digunakan untuk mencegah terjadinya serangan jantung, mengobati gejala pada saat serangan jantung, ataupun sebagai pengobatan dan pemulihan pasca stroke.

Di dalam Aspilet terdapat kandungan Asam Asetilsalisilat, di mana zat ini merupakan komponen aktif di dalam obat jenis ini.

Asam Asetilsalisilat akan bekerja untuk menghambat aktivitas enzim siklo-oksigenase di dalam tubuh dengan proses asetilasi yang bersifat ireversibel (tidak bisa kembali seperti semula).

Dengan proses penghambatan ini, maka Asam Asetilsalisilat akan bereaksi dalam mencegah proses pembentukan tromboksan A2. Di sini akan terjadi proses pencegahan terhadap penimbunan platelet dan dan mencegah terjadi proses pembekuan darah.

Penggunaan Aspilet

minum obat
netdoctor.co.uk

Aspilet merupakan obat yang biasanya digunakan untuk pencegahan primer dari penyakit kardiovaskular dan thromboembolic seperti:

transient ischemic attack, stroke iskemik, myocardial infarct akut, angina pectoris tidak stabil, mencegah kambuhnya stroke, angina pectoris stabil kronis.

Aspilet juga dapat digunakan untuk pencegahan sekunder dari penyakit kardiovaskular pada orang-orang yang mengidap diabetes melitus terutama pada subgroup sebagai berikut:

sejarah infarct myocardial, serangan stroke atau transient ischemic, prosedur bypass vascular, dan angina.

Dan juga orang yang memiliki faktor resiko lebih, misalnya:

hipertensi, dislipidemia, merokok, dan sejarah keluarga dengan penyakit kardiovaskular.Aspilet mungkin juga dapat digunakan untuk pengobatan yang lainnya sesuai dengan arahan dan petunjuk dari dokter.

Cara Pakai Aspilet

Sebagaimana obat jenis kapsul lainnya, Aspilet obat yang berbentuk tablet dapat langsung dikonsumsi melalui mulut, langsung di telan, atau bisa juga dengan air, ataupun makanan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidak dianjurkan untuk mengunyah, menghancurkan, atau menggigit tablet.

Cara Menyimpan Aspilet

Simpanlah Aspilets pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya matahari secara langsung dan tempat yang lembap. Jangan simpan obat jenis ini di kamar mandi, jangan dibekukan. Jauhkan jenis obat-obatan apapun dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang atau menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau saluran pembuangan kecuali apabila diinstruksikan. Segera buang produk ini apabila sudah memasuki masa kadaluarsa atau ketika sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikanlah kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal dalam penanganan limbah obat semacam ini.

Yang Perlu Diperhatikan

doctor care
sumber: onehealth.vn

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. Selalu konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Konsultasikanlah pada dokter atau apoteker apabila:

  • Anda hamil atau menyusui. Hal ini penting karena semua makanan ataupun minuman yang dikonsumsi oleh seorang ibu yang tengah hamil akan berpengaruh pada janin yang sepenuhnya menyerap nutrisai dari sang Ibu
  • Beri tahu dokter atau apoteker obat atau vitamin apa yang tengah anda konsumsi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan mengingat reaksi obat yang berbeda-beda
  • Beri tahu dokter atau apoteker apabila Anda mengalami alergi ketika mengkonsumsi aspilets ataupun obat jenis lainnya
  • Anda memiliki sejarah pendarahan perut atau intestinal, penyakit ginjal, encok, atau penyakit hati, tekanan darah tinggi, penyakit liver, atau gagal jantung kongestif.
  • Juga kelainan perdarahan seperti hemofilia atau serangan asma atau reaksi alergi parah pasca mengkonsumsi aspirin atau NSAID seperti Aleve, Advil, Orudis, Indocin, Motrin, Lodine, Voltaren, Mobic, Toradol,Feldene, Relafen, dan lainnya.

Jangan berikan Aspilets pada anak-anak atau remaja yang tengah demam, terutama apabila anak tersebut memiliki gejala flu atau cacar. Karena apabila salah penggunaannya, obat ini dapat menyebabkan kondisi serius ataupun fatal yang disebut Reye’s syndrom pada anak-anak.

Efek Samping Penggunaan Aspilet

Aspilets dapat menyebabkan berbagai macam efek samping seperti:

  • Masalah pendengaran, telinga berdenging
  • Dapat menimbulkan tanda reaksi alergi, gatal, pembengkakan bibir, wajah, lidah, atau tenggorokan kesulitan bernafas.
  • Demam selama lebih dari 3 hari
  • Batuk darah hingga muntah seperti ampas kopi
  • Mual, muntah, sampai sakit perut parah
  • Tinja yang hitam, berdarah, atau lunak

Efek samping yang tidak terlalu serius seperti:

  • Mengantuk
  • Sakit kepala
  • Sakit perut/ maag

Interaksi Obat

Obat Apa Saja yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Aspilet?

Aspilet dapat bereaksi dengan obat jenis lain ketika dikonsumsi, hal ini dapat saja mengubah cara kerja dan efektivitas kinerja obat itu sendiri, atau bahkan dapat meningkatkan resiko efek samping yang cukup serius.

Agar terhindar dari reaksi buruk obat apapun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter, dan memberitahukan jenis obat apa saja yang anda konsumsi.

Makanan atau Minuman yang dapat Bereaksi dengan Penggunaan Aspilet

Aspilet dapat bereaksi dengan makanan atau minuman yang beralkohol. Reaksi tersebut akan mengubah cara kerja obat dan dapat menimbulkan efek yang berbahaya.

Diskusikan dengan dokter atau apoteker untuk dapat mengetahui makanan dan minuman yang perlu dihindari ataupun aman untuk dikonsumsi bersama Aspilet.

Dosis Penggunaan Aspilet

aspilet diminum anaksumber: newsfirst.lk

Dosis Aspilets untuk Dewasa

Untuk Infarct Myocardial akut:

  • Dosis awal berikanlah 160 mg segera setelah vonis Infarct Myocardial.
  • kemudian untuk dosis perawatan, berikanlah 160 mg setiap hari untuk 30 hari setelah Infarct myocardial akut. 30 hari berikutnya, pertimbangkanlah untuk melakukan terapi guna melakukan pencegahan Infarct myocardial akut kambuh kembali.
untuk orang dewasa dengan Stroke Ischemic, Transient Ischemic Attack:

  • Dosis awal berikanlah dengan 50-325 mg sekali sehari.
  • Kemudian untuk dosis perawatan dapat dilanjutkan dengan terapi.
Pencegahan dari Recurrent MI, angina pectoris tidak stabil, atau angina pectoris stabil kronis. Pencegahan primer dan sekunder dari penyakit kardiovaskular untuk pasien dengan diabetes mellitus tipe 1 atau tipe 2:

  • Dosis awal, berikanlah 75-325 mg sekali sehar
  •  Dosis selanjutkan gunakanlah dengan terapi.

Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA):

  • Dosis awal berikanlah 325 mg, 2 jam sebelum angioplasty.
  • Untuk dosis perawatan, 160-325 mg sekali sehari. Kemudian dilanjutkan dengan terapi.
Coronary Artery Bypass Graft (CABG): 

  • Dosis awal berikanlah 325 mg sekali dalam sehari dimulai dari 6 jam penganjuran.
  • Dilanjutkan dengan terapi selama 1 tahun setelah prosedur.
Carotid endarterectomy: 

  • Dosis awal: 80 mg sekali hingga 650 mg dua kali sehari, sebelum dilakukan operasi.
  • Dilanjutkan dengan dosis perawatan, kemudian lanjutkan dengan terapi.

Pencegahan dari komplikasi kehamilan: hipertensi kehamilan, intrauterine growth retardation, preeclampsia, kehamilan dengan kondisi (SLE, positif tes cardiolipin antibody):

Dosis awal berikanlah 80 mg per hari dimulai minggu ke 13 sampai minggu ke 26 kehamilan.

Dosis Aspilet untuk Anak-anak

Dosis penggunaan obat jenis ini untuk anak-anak belum ada rekomendasi dari dokter. Apabila hendak memberikannnya kepada anak, tanyakanlah terlebih dahulu kepada dokter, untuk tetap menjaga keselamatan dan kesehatan bagi si kecil.

Overdosis Aspilet

Pada kasus darurat seperti overdosis, anda harus tenang dan segera menghubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera bawa penderita overdosis ke unit gawat darurat di rumah sakit terdekat.

Dan bawalah daftar tertulis dari semua resep obat dan non resep yang tengah dikonsumsi oleh penderita overdosis.

Ketika Lupa Meminum Aspilet Sesuai Jadwal yang Ditentukan

Ketika Anda lupa untuk meminum Aspilets maka setelah anda ingat minumlah sesegera mungkin. Namun apabila sudah mendekati jadwal minum obat berikutnya, maka lebih baik melewatkannya dan tidak perlu menggandakan dosisnya sebagai pengganti obat yang telah terlewat.

Kontra Indikasi

  • Penderita yang mempunyai riwayat alergi atau hipersensitif pada aspilet dan komponen Asam Asetilsalisilat
  • penderita yang mempunyai riwayat penyakit asma
  • penderita yang mempunyai riwayat penyakit maag atau tukak lambung
  • penderita yang mempunyai riwayat atau sering mengalami perdarahan di bagian bawah kulit
  • penderita yang mempunyai penyakit kelainan pada pembekuan darah terutama trombositopenia dan hemofilia
  • penderita yang diketahui sedang dalam pengobatan dengan terapi meggunakan antikoagulan

Efek Samping Penggunaan Aspilet

Antasida Done
siteobattradisional.com

Penggunaan Aspilet dapat menimbulkan beberapa efek samping sebagai berikut:

  • Perasaan tidak nyaman pada bagian lambung dan bagian sekitar ulu hati
  • Perasaan mual dan muntah
  • Pada pemakaian jangka panjang, dapat menyebabkan terjadinya tukak lambung, pendarahan lambung, dan juga efek samping Asam Asetilsalisilat lainnya seperti gangguan pada bagian fungsi hati dan juga gangguan pada fungsi ginjal.

Nah demikianlah beberapa hal yang dapat kami jelaskan mengenai Aspilets, semoga dapat menjadi petunjuk dan memberikan informasi bagi anda yang hendak menggunakannya.

Gunakanlah Aspilet dengan bijak dan sesuai dengan anjuran dokter. Selalu perhatikan hal-hal di atas untuk tetap menjaga kesehatan dan keamanan anda.

Leave a Comment