Obat Aspirin | Manfaat, Efek Samping, dan Kandungan

ASPIRIN ADALAH salah satu obat yang paling tua di dunia kalau pasti Anda baru mengetahuinya. Karena obat ini  dipakai oleh bangsa Sumeria dan Mesir untuk digunakan pengobatan sehari-hari dalam pertama kalinya,

Dan pertama kali nya hanya untuk mengobati rasa sakit. Obat aspirin adalah salah satu zaman terdahulu yang terbuat dari tanaman daun willow. Hippocrates dan ini disertai dengan mengembangkan aspirin dengan ekstrak tanaman ini.

Setelah itu sudah banyak sekali para penelitian untuk dikembangkan atau mencari berbagai khasiat dari aspirin serta dengan menggunakan dosis lainnya. Buktinya, obat aspirin kini menjadi obat yang mampu untuk mengatasi banyak masalah kesehatan lainnya.

Akan tetapi kalau perlu Anda ketahui dengan khasiat nya sangat multi fungsi, obat ini pun mempunyai beberapa efek samping yang perlu kita waspada atau diteliti secara keseluruhan. Apa saja sebenarnya, baik atau buruk obat sejuta umat ini. Berikut ini penjelasan selanjutnya.

Kandungan Obat Aspirin

Aspirin
mediaberikutnya.blogspot.co.id
asprin adalah
namaobatpenyakit.info

Kandungan obat aspirin adalah salah satu dalam dunia farmasi terkadang banyak orang menyebut dengan nama asam asetil salisilat, ini merupakan bentuk yang di olahan dengan senyawa lain atau salisin yang terdapat untuk tumbuhan dalam banyak hal.

Ini salah satu senyawa yang mempunyai beberapa fungsi saja, ini juga dengan sesuai dosis nya. Untuk dasarnya, aspirin bisa bekerja dengan beberapa lainnya untuk menghambat enzim. Salah satu untuk memproduksi atau mengatur kerja prostaglandin ini.

Sebuah senyawa yang terdapat di dalam tubuh ketika diproduksi saat terjadi peradangan. Jadi untuk semua hal yang melibatkan prostaglandin dapat dicegah oleh dengan memakai aspirin. Berikut ini ada beberapa efek samping yang dihasilkan dengan aspirin sebagai berikut.

  • Pertama efek antipiretik,  ini salah satu yang berfungsi untuk menurunkan suhu yang terdapat pada tubuh ketika demam.
  • Kedua efek anti inflamasi, ini salah satu yang berfungsi meredakan peradangan.
  • Ketiga efek analgetik, peredam untuk rasa nyeri.
  • Keempat efek anti platelet, hanya untuk mencegah sel darah lainnya seperti (trombosit) menempel pada dinding pembuluh darah, sehingga pembekuan darah tersebut akan dihambat.

Manfaat Aspirin Untuk Kesehatan

aspilets
sehatafiat.com
1. Mengatasi Demam

Ketika Anda sedang merasakan demam atau gejala misalkan seperti badan ngilu, solusi yang terbaik dengan menggunakan tablet aspirin dosis tunggal ini bisa membuat Anda akan merasa nyaman.

Senyawa anti atau piretik dalam obat aspirin ini bisa digunakan untuk menyalurkan sinyal ke otak agar bisa mengatur suhu pada tubuh, suatu saat demam tersebut akan untuk diatasi.

2. Obat sekali Kepala Mujarab

Prostaglandin merupakan salah satu senyawa yang digunakan untuk melalui sinyal sakit ke otak, apalagi aspirin ini sangat bekerja untuk memblok senyawa tersebut, sehingga sangat bermanfaat untuk pengobatan sakit kepala. Nyeri kepala sebelah atau migrain pun dapat diatasi oleh aspirin dalam waktu yang relatif cepat.

3. Kesehatan Kulit

Ini juga tidak dilakukan kesehatan dalam organ saja, melainkan aspirin juga sangat bermanfaat untuk obat luar akibat efek anti peradangan yang dimilikinya. Aspirin bisa digunakan dengan menghilangkan jerawat atau bekas gigitan serangga yang terdapat pada kulit.

Untuk kebutuhan ini, penggunaan aspirin bukan diminum, melainkan dibuat bentuk adonan bisa juga di buat dengan pasta. Pasta aspirin bisa dibuat dari dua butir aspirin yang telah dihancurkan secara merata, dan ditambahkan dengan beberapa tetes air lainnya.

Bisa Anda oleskan di bagian jerawat atau bekas gigitan serangga, lalu diamkan sampai mengering. Setelah itu, bilas dengan air. Anda juga harus berhati untuk orang yang sangat sensitif dengan aspirin, karena pasta aspirin bukan menghilangkan noda di kulit, akan tetapi bisa menimbulkan iritasi.

Sebagai Pengencer Darah

Efek anti dalam penggumpalan yang dimiliki aspirin bisa membuat obat ini untuk mengencerkan pada darah. Dan ada beberapa penyakit lainnya yang dapat diatasi, antara lain adalah dengan penyakit jantung koroner atau penyumbatan vena akibat duduk terlalu lama.

Akan tetapi untuk aspirin bisa membantu untuk mencegah serangan jantung, tetap saja pasien tidak boleh meminum obat aspirin setiap hari tanpa yang sudah dianjurkan dengan dokter. Terkadang dokter akan mengasih aspirin sebagai pengencer pada darah.

  • Pertama pasien yang sudah pernah merasakan dengan serangan jantung dan stroke
  • Kedua pasien dengan cincin atau stent jantung, bisa juga yang pernah mengalami operasi bypass
  • Ketiga pasien yang terkena resiko atau mengalami serangan jantung dan mengalami diabetes.

Efek Samping Aspirin

aspilets adalah
keduniasehat.blogspot.com

Efek samping adalah salah satu dalam dunia kedokteran, ini merupakan suatu dampak atau pengaruh yang sangat merugikan dan tidak orang lain diinginkan, karena timbul sebagai hasil dari suatu pengobatan atau intervensi lain seperti pembedahan.

Hanya saja ini salah satu pengaruh atau dampak negatif bisa dibilang sebagai efek samping dalam hal itu timbul sebagai efek sekunder dari efek terapi yang terpenting. Apabila efek tersebut akan muncul sebagai hasil dari dosis dan prosedur yang tidak tepat maka disebut sebagai kesalahan medis.

Efek samping biasanya bisa mengacu kepada Iatrogenik karena hal ini bisa ditimbulkan dengan dokter atau pengobatan lainnya.

Ya, ini saja yang bisa saya sampaikan tentang obat aspirin adalah salah satu untuk pengguna lainnya. Jika Anda masih belum paham dengan artikel ini, bisa Anda berkonsultasi dengan dokter.