Atorvastatin adalah obat

Pengertian Atorvastatin beserta Penjelasannya

ATORVASTATIN ADALAH – Jenis obat yang di racik untuk penderita penyakit jantung atau penyakit lainnya yang disebabkan karena kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi. Apa itu kolesterol? Kolesterol adalah jenis lemak yang ada dalam tubuh.

Sebagian besar kolesterol diproduksi di organ tubuh yang bernama hati. Ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh, yaitu kolesterol baik (HDL)  dan kolesterol jahat (LDL). HDL merupakan singkatan dari Bahasa Ingris High Density Lipoprotein atau tingkat kepadatan lipoprotein tinggi.

Sedangkan LDL merupakan singkatan dari bahsa Inggris Low Density Lipoprotein atau tingkat kepadatan lipoprotein rendah. Lipoprotein adalah gabungan antara lemak dan protein.

Di dalam pembahasan ini, yang dimaksud kelebihan kolesterol adalah kelebihan kolesterol jahat (LDL). Tubuh kita memang membutuhkan LDL, namun jika melebihi kebutuhan, sebagian LDL akan mengendap pada dinding arteri. Hal ini yang menyebabkan terjadinya penyakit di dalam tubuh.

Demikian sedikit menyinggung pembahasan tentang kolesterol, selnjutnya kita kembali ke pembahasan awal yaitu tentang Atorvastatin. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih dalam lagi.

Pengertian Atorvastatin

Atorvastatin adalah obat
Sumber: qmmediphar.com

Atorvastatin adalah jenis obat dari obat-obatan statin yang direkomendasikan untuk penderita penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi. Di antara penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi adalah penyakit jantung dan stroke.

Penyakit tersebut merupakan penyakit-penyakit yang mematikan. Oleh karena itu dunia kesehatan tidak berdiam diri dalam upaya mencegah dan mengobati penyakit ini. Salah satunya dengan meracik obat antorvastin.

Obat ini memiliki sistem kerja untuk menghambat reaksi enzim-enzim yang menghasilkan kolesterol, agar seiring berjalannya waktu kolesterol di dalam tubuh bisa berkurang terutama bagi penderita kolesterol tinggi.

Anjuran Menggunakan Obat Antorvastatin

Atorvastatin sandoz
Sumber: adlershop.ch

Berdasarkan dari sumber alodokter.com, obat antorvastin dianjurkan untuk dikonsumsi satu kali dalam satu hari. Boleh dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, dan sebaiknya selama mengkonsumsi obat ini gunakan waktu yang sama. Misal mengkonsumsi di pagi hari, selama mengkonsumsi obat ini usahakan di waktu pagi terus.

Dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan benar, petunjuk penggunaan bisa dari dokternya langsung atau dari petunjuk yang tercantum di kemasannya. Jika petunjuk di dapat dari dokter, biasanya akan disesuaikan jumlah obatnya oleh dokter tersebut.

Untuk menurunkan kolesterol, sebaiknya jangan mengandalkan dari obat-obatan saja. Imbangi dengan pola hidup yang sehat. Seperti menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi.

Dosis Antorvastatin

dosis atorvastatin
Sumber: needanews.com

Untuk dosis antorvastatin normalnya yaitu 10 mg per harinya dengan waktu 4 minggu atau lebih. Untuk batas maksimalnya adalah 80 mg, jika lebih dari 80 mg maka bisa menyebabkan overdosis.

Namun, mengenai dosis sebaiknya ditanyakan kepada dokternya, karena dosis yang dianjurkan harus menyesuaikan pada kadar klesterol pada tubuh pasien. Semua jenis obat apabila dikonsumsi melebihi batas dosisnya pasti bisa menyebabkan kefatalan. Oleh karena itu untuk dosis sebaiknya berhati-hati.

Efek Samping dari Obat antorvastatin

efek samping atorvastatin
Sumber: needanews.com

Sama dengan jenis obat-obatan lainnya, antorvastatin juga memiliki efek samping yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum menggunakan atau mengkonsumsi. Efek samping dari obat-obatan hampir semuanya sama, yaitu:

  • Sakit kepala.
  • Perut kembung.
  • Mual.
  • Diare.
  • Konstipasi

Jika efek samping bereaksi berkepanjangan, sebaiknya berhenti dulu mengkonumsi obat ini, lalu tanyakan ke dokter yang terdekat. Karena setiap orang bisa memiliki reaksi alergi ketika menggunakan obat-obatan.

Peringatan

peringatan
Sumber: pixabay.com

Meskipun obat ini dianjurkan untuk penderita penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, namun ada beberapa orang yang menderita kolesterol tinggi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat ini. Yaitu orang yang menderita kolesterol tinggi namun dalam kondisi seperti:

  • Wanita hamil atau ibu yang sedang masa menyusui.
  • Orang yang sudah berusia lebih dari 70 tahun.
  • Orang sedang mabuk karena alkohol.

Obat ini tidak dianjurkan pada kondisi orang seperti di atas. Jika sudah terlanjur dan terjadi reaksi alergi atau overdosis segera untuk dibawa ke dokter terdekat. Di sini pentingnya untuk selalu membaca petunjuk penggunaan. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena salah penggunaan.

Indikasi Obat

Atorvastatin Calsium 10mg
Sumber: kalbemed.com

Obat atorvastatin adalah obat yang diindikasikan untuk mencegah dan menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh. Supaya tidak menjadi sumber dari penyakit-penyakit yang mematikan. Indikasi obat ini yaitu:

  • Menurunkan kadar kolestrol tinggi pada tubuh.
  • Mencegah penyakit-penyakit kardiovaskular ( Penyakit jantung koroner, stroke, serangan iskemik transien, dan sejenisnya).
  • Membantu mengobati penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Kontra Indikasi Obat

Atorvastatin calcium 20mg
Sumber: kalbemed.com

Selain indikasi ada juga kontra indikasi dari obat atorvastatin. Setiap obat-obatan pasti ada indikasi dan kontra indikasi. Berikut ini adalah kontra indikasi obat atorvastatin.

  • Tidak direkomendasikan kepada penderita hipersensitif atau alergi dengan obat-obatan jenis statin.
  • Tidak direkomendasikan kepada ibu hamil karena bisa mengganggu kesehatan janin.
  • Kontra indikasi pada orang yang menderita penyakit hati seperti penyakit kuning, kolestatis, hepatitis dan jenis penyakit hati lainnya.

Demikian sedikit informasi tentang obat atorvastatin. Kita ambil kesimpulan bahwasannya obat atorvastatin adalah obat untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi. Dengan tujuan supaya mencegah atau mengobati penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi.

Leave a Comment