tanda dan gejala autoimun

Pengertian Autoimun Beserta Tanda, Gejala, Cara Mengobati

AUTOIMUN ADALAH – Selamat datang di portal sehatafiat, bagaimana kabarnya? semoga sehat alafiat selalu ya. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian autoimun adalah beserta tanda, gejala, gambaran, dan cara mengobati.

Mungkin dari kita belum terlalu mengenal jenis penyakit ini, karena memang jenis penyakit ini tergolong langka, dan hanya sedikit kasus yang terjadi menimpa seseorang. Mungkin faktor bawaan sejak lahir adalah salah satu penyebabnya.

Baik, tidak usah berlama-lama berikut ini adalah materinya tentang pengertian autoimun adalah.

Pengertian Automium

pengertian autoimun adalah
cloudinary.com

Autoimun adalah sejenis penyakit yang mana terdapat adanya gangguan pada sistem imun tubuh. Sistem imun terganggu dari segi fungsinya, yang semula hanya memakan dan menyerang organisme atau zat-zat asing yang masuk tubuh berubah menyerang sel dan jaringan tubuh.

Autoimun berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari dua kata yaitu auto dan imun. Auto sendiri berarti otomatis sedangkan imun berarti sistem pertahanan dalam tubuh. Dari dua kata tersebut dapat disimpulkan bahwa autoimun adalah sejenis gangguan pada sistem pertahanan tubuh (sistem imun) yang terjadi karena menyerang sel-sel tubuh.

Dalam sistem imun atau pertahanan diri terdapat dua benda yaitu kumpulan sel sel khusus dan zat kimia. Kedua benda tersebut memiliki dua fungsi yaitu pertama untuk melawan atau menyerang benda asing yang bisa menginfeksi tubuh contohnya bakteri, virus, dan sebagainya. Sedangkan fungsi yang kedua adalah mengusir sel sel tubuh sendiri yang sudah tidak berfungsi sebagaimana semestinya, misalnya pertumbuhan kanker dalam suatu organ tubuh.

Gambaran Autoimun

gambaran autoimun
hallosehat.com

Lebih mudahnya gangguan autoimun adalah manakala sistem imun tubuh berfungsi tidak sesuai dengan semestinya. Yang seharusnya menyerang zat berbahaya dari luar tubuh, ternyata dia malahan keliru untuk menyerang jaringan milik tubuh sendiri.

Autoimun sendiri dalam menyerang jaringan tubuh dibagi menjadi dua yaitu organ spesifik dan non organ spesifik. Organ spesifik manakala sistem imun tubuh hanya fokus menyerang satu organ tertentu saja, penyerangan ini masih tergolong ringan. Sedangkan non organ spesifik adalah sistem imun tubuh menyerang hampir beberapa atau bahkan bisa keseluruhan organ dalam tubuh, penyerangan ini termasuk yang tergolong kritis.

Berdasarkan beberapa kasus yang ada di dunia ini, ada 80 jenis gangguan autoimun berbeda yang pernah terjadi. Masing-masing gangguan tersebut bisa ringan apabila organ atau sistem tubuh yang diserang tidak terlalu kritikal bagi tubuh. Akan tetapi akan menjadi berat dan mengkhawatirkan apabila manakala yang diserang adalah sistem tubuh seperti sistem saraf, sistem peredaran tubuh dan sistem lainnya.

Dan juga dari hasil statistika terjadinya kasus autoimun, pihak yang paling banyak diserang adalah perempuan. Belum ada bukti yang menguatkan kenapa gangguan ini sering terjadi kepada pihak perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Kemungkinan pengaruh yang paling kuat adalah berdasarkan hormon seks.

Gejala dan Jenis-Jenis Penyakit Autoimun

tanda dan gejala autoimun
merdeka.com

Efek dari gangguan dari jenis jenis penyakit autoimun bisa menyeluruh atau sebagian besar dari organ maupun sistem tubuh. Diantara penyakit yang termasuk dari gejala autoimun:

  • Diabetes Melitus (Tipe I) – mengganggu pankreas. Diantara gejalanya adalah sering merasa haus, sering kencing, penurunan berat badan dan rentan infeksi dan lebih rentan terhadap infeksi.
  • Penyakit Graves. Beberapa organ yang dipengaruhi adalah kelenjar tiroid. Diantara gejalanya adalah meningkatnyaa detak jantung, kecemasan, dan diare.
  • Penyakit radang usus. Gejalanya adalah diare dan mulas.
  • Multiple sclerosis. Penyakit yang menyerang sistem saraf. Ada beberapa daerah saraf yang diserang, diantaranya tanda-tandanya adalah mati rasa, penglihatan kabur, dan jika parah bisa jadi kelumpuhan
  • Rheumatoid arthritis atau Rematik . Organ yang diserang adalah sendi. Diantara gejalanya adalah sendi bengkak dan sakit. Mata, paru-paru dan jantung.
  • Scleroderma – mempengaruhi kulit dan struktur lainnya, menjadikan terbentuknya jaringan parut. Gejala diantaranya borok kulit, penebalan kulit, dan kaku pada sendi.
  • Sistemik lupus eritematosus atau SLE. Biasa dipanggil lupus. Penyakit yang terdapat pada jaringan ikat dan juga terdapat pada sistem organ tubuh. Diantara tanda-tanda dari penyakit ini adalah peradangan sendi, demam, penurunan berat badan dan adanya ruam di wajah.

Faktor risiko dan Penyebab Autoimun

faktor penyebab autoimun
ummi-online.com

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit autoimun, akan tetapi ada beberapa hal yang bisa diteliti oleh para medis, diantaranya:

  • Faktor Keturunan / Genetika. Diantara penyebab umum yang terjadi ketika seseorang menderita autoimun adalah karena bawaan dari lahir atau faktor keturunan. Bisa jadi penyakit turunan tersebut dari pihak ibu atau ayah
  • Gaya hidup kurang sehat, semisal mengkomsumsi makanan yang cepat saji dan meminum alkohol
  • Jenis kelamin: seorang perempuan lebih beresiko terkena autoimun dibandingkan dengan laki-laki.
  • Infeksi. Kemungkinan seseorang terkena infeksi dari luar kemudian tidak ditangani secara langsung.

Pengobatan Penyakit Autoimun

cara mengobati autoimun
okezone.com

Sayangnya penyakit autoimun tidak bisa untuk dihilangkan secara total, namun untuk gejala dan tanda-tanda yang membuat penderita sakit bisa untuk dikurangi melalui perawatan yang tepat, adapun beberapa perawatan yang kemungkinan bisa dilakukan adalah:

  • Obat antiinflamasi, menurunkan peradangan dan nyeri.
  • Kortikosteroid, untuk mengurangi peradangan dan menekan sistem imun.
  • Obat imunosupresan, untuk menghambat aktivitas sistem kekebalan tubuh.
  • Terapi fisik, untuk mendorong mobilitas.
  • Terapi sulih, misalnya, suntikan insulin dalam kasus diabetes melitus.
  • Operasi, misalnya, untuk mengobati penyumbatan usus pada kasus penyakit Crohn.

Demikianlah informasi tentang pengertian Autoimun beserta tanda, gejala, gambaran, penyebab dan pengobatan, semoga menginspirasi, terima kasih.

Leave a Comment