Antibiotik Azitromisin Beserta Kegunaan dan Efek Samping

AZITROMISIN – Tahukah anda mengenai azitromisin? Nah, jika anda belum mengetahuinya dan penasaran untuk mengenal apa itu azitromisin, maka baca dan pahami keterangan dan penjelasan yang terdapat di artikel ini. Di sini kita akan membahas mengenai semua yang bersangkutan azitromisin, mari kita ketahui tentang azitromisin.

Sekiranya kita ketahui terlebih dahulu sedikit dasar dari azitromisin, setelah itu kita masuk ke pembahasan pengertian dan semua yang bersangkutan mengenainya. Azitromisin merupakan salah satu obat antibiotik yang berfungsi untuk menyembuhkan dan meredakan suatu infeksi yang ringan ataupun sedang. Itulah sedikit penjelasan dasar mengenai azitromisin. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai pengertian azitromisin.

Pengertian Azitromisin

Azitromisin
s2.bukalapak.com

Sebagaimana yang diterangkan di atas bahwa azitromisin adalah obat antibiotik yang tergolong pada makrolida yang mampu mengatasi penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri semisal, infeksi saluran pernafasan (bronkitis dan pneumonia), amandel, radang tenggorokan, infeksi kulit dan kelamin, sinusitis, infeksi saluran kemih, dan infeksi telinga.

Dengan pemakaian obat antibiotik tersebut, maka perkembang biakan serta pertumbuhan bakteri akan berkurang. Karena kalau bakteri yang berada dalam tubuh kita terus dibiarkan, maka terjadilah suatu infeksi pada organ tubuh tersebut.

Cara Mengonsumsi dan Indikasi Obat Azitromisin

Azitromisin
hellosehat.com

Dalam mengkonsumsi obat antibiotik ini pastikan kita lakukan sesuai yang dokter anjurkan serta membaca informasi yang terdapat pada kemasan obat. Untuk mengkonsumsi obat azitromisin kapsul sebaiknya pada satu jam sebelum makan. Adapun mengkonsumsi obat azitromisin yang cair ataupun tablet dapat dilakukan setelah atau sesudah makan.

Obat azitromisin antibiotik ini mampu menyembuhkan berbagai macam infeksi ringan sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Namun, walaupun obat antibiotik ini mempunyai fungsi yang cukup besar, obat ini harus dikonsumsi oleh orang yang sudah mendapat rekomendasi dari dokter. Obat ini tidak semua orang boleh meminumnya sebagai antibiotik.

Ada beberapa orang yang dia itu tidak boleh mengkonsumsi obat ini, seperti ;

  • Orang yang mempunyai riwayat alergi.
  • gangguan hati.
  • Orang yang menyusui.

Adapun dosis pada obat antibiotik ini akan diresepkan berdasarkan jenis infeksi yang dia alami, sebagaimana parahnya dan riwayat kesehatan penderita.

Jika kondisi penderita mengalami chlamydia : Maka takarannya adalah 1 gram – 1 dosis saja.
Adapun sang penderita mengalami infeksi bakteri lainnya : Maka takarannya adalah 500 – 2000 mg per harinya.

Jika kondisi sudah mulai mereda, maka dosis bisa dikurangi menjadi 250 – 500 mg per harinya.
Sedangkan dosis untuk anak-anak, maka dosisnya akan ditentukan dan disesuaikan oleh dokter sesuai berat badan anak.

Efek Samping Obat Azitromisin

Azitromisin
i2.wp.com

Setiap obat yang tersedia ataupun obat yang kita konsumsi,  pastinya memiliki suatu efek samping. Salah satunya adalah obat azitromisin ini, jika anda mengkonsumsi obat ini sebagaimana yang diresepkan oleh  dokter, kemudian terjadi efek samping dari obat tersebut, secepat mungkin anda berkonsultasi dan meminta pertolongan ke dokter. Supaya tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Terjadinya gejala efek samping pada obat tersebut biasanya ditandai dengan munculnya hal  sebagaimana berikut;

  • Perut terasa sakit, dan diare berair bahkan berdarah.
  • Kepala sakit, pusing, disertai nyeri di bagian dada, jantung berdetak dengan kencang, bahkan pingsan.
  • Nafsu makan berkurang, urin berwarna gelap serta BAB berwarna hitam.
  • Demam, sakit pada tenggorokan, wajah atau lidah yang membengkak.
  • Mata terasa seperti terbakar, nyeri di bagian kulit dan disertai kemerah-merahan atau keunguan yang menyebar.
  • Monilia, nefritis, vaginitis.
  •  jumlah neutrophil mengalami perubahan.

Nah itulah sebagian gejala efek samping yang akan dialami orang yang tidak cocok ataupun orang yang berlebihan dalam pemakaiannya. Jika orang tersebut sudah mengalami hal-hal yang disebutkan di atas, maka secepatnya pergi ke dokter supaya cepat ditangani.

Peringatan dan Perhatian

Azitromisin
pixabay.com

Setelah kita membahas semua mengenai azitromisin, maka kita harus perhatikan peringatan yang berkaitan dengan obat antibiotik ini, hal yang harus diperhatikan adalah ;

  • Untuk wanita yang sedang mengalami masa kehamilan, dalam pemakaian obat ini harus dikira-kirakan sesuai dosis dan anjuran dari dokter.
  • Tanyakan terlebih dahulu ke dokter akan dosis obat tersebut, jika mau diberikan ke anak.
  • Untuk orang yang mempunyai kelainan jantung dan masalah pada ginjal serta organ hati, diharap untuk berhati-hati dalam pemakaian obat ini.
  • Kalaupun terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, karena alergi, over dosis dan sebagainya, maka secepat mungkin pergi ke dokter.
  • Jika dokter memberikan obat antibiotik dan memerintahkan untuk dihabiskan, maka obat tersebut harus dihabiskan walaupun kondisi sudah membaik. Hal ini dilakukan agar infeksi bisa sembuh secara total, dan tidak kambuh kembali.

Nah, demikian penjelasan mengenai obat azitromisin dari pengertian, cara kerja, dan dosis serta peringatan dalam pemakaian obat antibiotik tersebut. Dengan penjelasan di atas sekiranya sudah bisa menggambarkan apa itu azitromisin dan bagaimana cara kerja dan fungsi dari obat antibiotik tersebut. Dan yang terakhir sering-sering lah untuk konsultasi ke dokter. Semoga bermanfaat.