Bagian Otak Dan Fungsinya

10 Bagian Otak dan Fungsinya Pada Tubuh Manusia

BAGIAN OTAK DAN FUNGSINYA – Otak adalah suatu organ terpenting pada tubuh manusia yang merupakan pusat dari system saraf. Volume otak berkisar 1.350 cc dan mempunyai 100 juta sel saraf atau neuron untuk menunjang fungsinya. Otak terletak di dalam kepala, dan mempunyai beberapa fungsi utama, yaitu :

  • Sebagai pusat regulasi sebagian tindakan yang dialami
  • Sebagai inti yang mengatur organ di dalam tubuh (misalnya pengatur kinerja jantung, hati, dan lainnya)

Otak merupakan pengendali tubuh. Jika seseorang memiliki otak yang sehat, maka akan mendorong kesehatan tubuh. Namun sebaliknya, jika otak seseorang dalam kondisi yang tidak sehat, itu merupakan penyebab dari segala masalah pada tubuh.

Struktur Otak

Bagian Otak Dan Fungsinya
ox.ac.uk

Otak manusia terbentuk melalui dua sel, yaitu glia dan neuron. Glia merupakan sel yang melindungi neuron, atau bisa disebut dengan sel pelapis neuron. Sedangkan neuron merupakan sel saraf yang membawa segala informasi yang dibutuhkan tubuh ke otak. Neuron membawa informasi tersebut dalam bentuk potensial aksi.

Berikut penjelasan dari kedua sel penopang struktur otak:

1. Sel Neuron

Yaitu suatu jenis sel yang terdapat di otak, batang otak, sumsum tulang belakang. Sel-sel saraf ini berfungsi untuk menyimpan dan mengantarkan informasi ke otot, kemudian membawa kembali informasi tersebut.

Neuron otak mempunyai 3 komponen penting, yaitu badan sel, akson, serta dendrit. Selain itu, neuron otak juga mengandung 2 jenis asam lemak yaitu asam lemak (PUFA), yaitu asam arakidonat (AA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA).

Sel neuron pada otak jumlahnya milyaran, dimana setiap neuron terhubung dengan neuron-neuron lainnya yang melewati sinapsis. Sinapsis sendiri merupakan titik temu antara terminal akson salah satu neuron dengan neuron lainnya.

2. Sel Glia

Sel glia adalah sel-sel dalam otak selain neuron yang memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi serta bantuan struktural ke dalam otak. Dengan kata lain, sel ini bertugas untuk melindungi serta menunjang aktivitas neuron.

Otak adalah sistem saraf pusat yang lunak, sehingga keberadaannya sangat dilindungi oleh tengkorak dan ruas-ruas tulang belakang. Selain itu, otak juga dilindungi oleh lapisan membran meninges yang memiliki 3 lapisan, yaitu :

1. Piameter yang merupakan lapisan terdalam dan berbentuk menyerupai lipatan-lipatan permukaan otak.

2. Arachnoidea mater yang memiliki bentuk mirip sarang laba-laba berisi semacam cairan limfa, cairan ini berguna untulk mengisi celah-celah membran arachnoid. Cairan ini dinamakan liquor cerebrospinalis yang memiliki fungsi untuk bantalan yang melindungi otak dari kerusakan fisik.

3. Durameter terbagi menjadi 2 lapisan, dimana lapisan terluarnya bertindak sebagai endostium yang menyatu dengan tengkorak. Sementara lapisan yang lain berfungsi sebagai durameter yang mudah dilepaskan dari tulang kepala.

Otak adalah organ yang sangat penting sekaligus organ yang paling rumit. Dikatakan penting karena bila sedetik saja otak tidak berfungsi, maka tubuh akan mati karena organ tubuh yang lain juga berhenti bekerja.

Bagian Otak Dan Fungsinya

Bagian Otak Dan Fungsinya
sydney.edu.au

Hewan yang berukuran besar seperti paus dan gajah memiliki otak yang berukuran besar pula. Tapi, jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, perbandingannya lebih kecil dari perbandingan ukuran otak manusia dengan tubuh manusia.

Otak manusia yang berukuran besar tersebut terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah bagian-bagian otak dan fungsinya:

1. Korteks Serebral

Korteks serebral adalah bagian terluar otak besar, sehingga disebut juga korteks otak besar. Warnanya bagian ini lebih gelap jika dibandingkan dengan bagian dalam otak besar (daerah putih), sehingga disebut daerah abu-abu.

Karena cukup tebal dan terlipat-lipat, korteks serebri mendominasi volume otak besar. Bagian ini juga memiliki neuron. Fungsi korteks serebri adalah untuk mengatur kegiatan sensorik, motorik, dan asosiatif.

2. Otak Besar

Otak besar (cerebrum/serebrum) adalah bagian terbesar dalam otak. Bagian ini terbagi menjadi empat lobus dan terdapat dua bagian. Fungsi otak besar adalah untuk mengatur indera dan otot.

3. Basal Ganglia

Basal ganglia atau ganglia dasar adalah materi abu-abu di bagian dalam belahan otak. Fungsi basal ganglia adalah untuk mengatur kognisi, mengatur koordinasi gerakan, dan pengaturan gerakan tak sadar, seperti organ.

Kerusakan pada basal ganglia dapat menyebabkan terjadinya penyakit Wilson dengan gejala sering melakukan kegiatan motorik yang tidak diinginkan.

4. Diensefalon

Diensefalon adalah bagian dalam otak yang terdiri dari pretektum, hipotalamus, epitalamus, zona limitans intrathalamica, talamus, dan pretalamus. Fungsi diensefalon adalah menghubungkan komunikasi antar belahan otak besar, mengatur waktu biologis, mengendalikan pola makan, defekasi, dan mengatur sekresi hormon.

5. Otak Kecil

Otak kecil atau cerebellum/serebelum adalah bagian otak yang berada di bawah lokus oksipital serebrum, memiliki struktur mirip otak besar, dan berukuran jauh lebih kecil dari otak besar. Fungsi otak kecil adalah sebagai pusat keseimbangan, mengatur sebagian gerak motorik, dan koordinasi antar otot.

6. Kelenjar Pituitari

Kelenjar pituitari atau kelenjar hipofisis adalah kelenjar utama (master of gland) yang menghasilkan berbagai macam hormon. Fungsi kelenjar pituitari adalah untuk mensekresikan berbagai macam hormon dan sebagai pengendali kelenjar lain di dalam tubuh manusia.

7. Talamus

Talamus adalah bagian diensefalon yang memiliki panjang sekitar satu inci dan berada di bagian sentral otak. Fungsi talamus adalah untuk menerima informasi sensorik dari seluruh panca indera yang kemudian dilanjutkan ke korteks serebri.

8. Hipotalamus

Hipotalamus adalah bagian dari diensefalon yang merupakan bagian utama dalam sistem hormon pada manusia. Fungsi hipotalamus adalah mempelajari impuls yang datang dari seluruh bagian tubuh, menjaga kestabilan suhu tubuh, mengendalikan takanan darah, dan menghubungkan sistem hormon dengan sistem saraf.

9. Pons

Pons adalah bagian yang sangat kecil dengan panjang hanya 2,5 cm. Meskipun kecil, fungsi pons sangatlah penting yaitu sebagai penghubung banyak impuls (rangsangan) dengan otak. Itu dikarenakan terdapat banyak sinapsis yang terhubung dengan pons.

10. Batang Otak

Bagian otak dan fungsinya yang terakhir adalah batang otak. Batang otak adalah bagian posterior (belakang) otak yang merupakan sebutan untuk kesatuan medula oblongata, pons, dan mesencphalon.

Fungsi batang otak adalah meneruskan impuls ke cerebrum dan menyilang serat kortokospinal. Penyilangan tersebut membuat tubuh kanan dikendalikan oleh otak kiri dan sebaliknya.

Itulah penjelasan mengenai bagian otak dan fungsinya. Silahkan bertanya melalui kolom komentar jika masih ada yang kurang jelas, terima kasih.

Leave a Comment