Bagian Paru-paru Beserta Fungsinya Masing-masing

BAGIAN PARU PARU – Paru-paru termasuk bagian tubuh yang amat vital bagi manusia. Karena paru-paru ini berfungsi sebagai alat pernapasan. Tapi tahukah kalian bahwa dalam paru-paru itu tersusun dari berbagai macam bagian yang memiliki fungsi tersendiri? Biar lebih paham simak yuk pemabahasan berikut!

Pengertian Paru-Paru

paru paru adalah
tradisionaluntukkankerparuparu.blogspot.com

Paru-paru adalah salah satu organ dari sistem pernapasan (respirasi) yang memiliki fungsi untuk bernapas dengan cara menukar oksigen yang berasal dari udara dengan karbondioksida dari darah. Paru-paru disebut juga dengan istilah pulmo, dan terdiri dari paru-paru bagian kanan (pulmo Dekstra) dan paru-paru bagian kiri (Pulmo sinistra).

Bagian Paru-paru

Bagian Paru Paru
http://jokowarino.id

Bagian paru paru terdiri dari:

1. Bronkus

Bronkus adalah saluran yang terdapat pada rongga dada dan merupakan hasil dari percabangan trakea (tenggorokan) yang menghubungkan paru-paru bagian kiri dengan paru-paru bagian kanan.

Bronkus bagian sebelah kanan bentuknya lebih lebar, pendek serta lebih lurus, sedangkan bronkus bagian sebelah kiri memiliki ukuran lebih besar yang panjangnya sekitar 5cm. Jika dilihat dari asalnya bronkus dibagi menjadi dua, yaitu bronkus premier dan bronkus sekunder.

2. Bronkiolus

Bronkiolus adalah bagian dari percabangan saluran udara dari bronkus yang ada di paru-paru. Letaknya tepat di ujung bronkus.

Bronkiolus mempunyai diameter kurang lebih 1mm atau bisa lebih kecil. Ukuran diameter bronkiolus ini bisa berubah-ubah, menyesuaikan tekanan udara yang masuk.

Bronkiolus berguma umtuk menghantarkan udara dari bronkus masuk menuju ke alveoli serta juga sebagai pengontrol jumlah udara yang akan nantinya akan di distribusikan melalui paru-paru oleh konstriksi dan dilatasi

3. Alveolus ( jamak Alveoli )

Alveolus adalah kantung kecil yang terletak di dalam paru-paru yang memungkinkan oksigen dan karbon dioksida untuk bisa bergerak di antara paru-paru dan aliran darah.

Di dalam tubuh manusia terdapat kurang lebih hampir 300 juta alveoli untuk menyerap oksigen yang berasal dari udara. Alveolus berfungsi untuk pertukaran karbon dioksida (CO2) dengan oksigen (O2).

4. Pleura

Pleura adalah selaput yang fungsinya membungkus paru-paru serta melindungi paru-paru dari gesekan-gesekan yang ada selama proses terjadinya respirasi. Ada dua lapisan pada Pleura paru-paru manusia diantarnya adalah :

• Pleura visceral. Pleura ini adalah Pleura bagian dalam yang membungkus langsung paru-paru
• Pleura parietal. Pleura ini adalah selaput pleura bagian luar yang menempel di rongga dada

5. Trakea

Trakea (tenggorokan) adalah bagian paru-paru yang berfungsi menghubungkan larynk dengan bronkus. Trakea pada manusia teridiri dari jaringan tulang rawan yang dilapisi oleh sel bersilia. Silia yang terdapat pada trakea ini berguna untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam paru-paru.

6. Diafragma

Diafragma adalah struktur yang berbentuk seperti kubah yang memisahkan antara rongga toraks dengan rongga abdomen dan terletak tepat di bawah dasar paru-paru.

Diafragma berguna sekali untuk pernapasan. Ketika menarik napas, rongga dada akan mengembang serta diafragma akan berkontraksi menjadi lebih datar. Ini lah yang memudahkan udara (oksigen) bergerak masuk ke dalam paru-paru karena tekanan pada rongga dada turun mendadak.

Dan ketika menghembuskan ataupun mengeluarkan napas, otomatis diafragma akan mengendur sehingga menjadikan ukuran paru-paru ikut mengecil. Ini yang membuat Tekanan udara dalam rongga dada meningkat dan udara mengalir keluar.

Fungsi Paru-Paru

Fungsi Paru-Paru
http://doktersehat.com

Berikut ini beberapa fungsi paru-paru bagi tubuh, diantaranya adalah.

  1. Sebagai alat Pernapasan (Respirasi). Ketika Manusia menghirup udara tentunya memerlukan oksigen. Nah, Respirasi ini berguna sebagai pertukaran gas oksigen menjadi karbondioksida.
  2. Sebagi alat Ekskresi. ketika manusia menghbagian paru paruembuskan napas, tentunya manusia mengeluarkan gas karbondioksida serta uap air. Itulah sebab kenapa paru-paru merupakan bagian dari sistem ereksi pada manusia.
  3. Pengendali pH darah. Paru-paru berfungsi mengendalikan darah dengan cara mengubah tekanan pada karbon dioksida.
  4. Sebagai penyaring gumpalan darah yang terbentuk di dalam vena.
  5. Dapat Mempengaruhi konsentrasi beberapa zat biologis serta obat-obatan yang dipakai pada pengobatan dalam darah.
  6. Sebagai pengubah angiotensin I menjadi angiotensin II oleh enzim angiotensin-converting.
  7. Dapat berfungsi sebagai lapisan yang melindungi hati dari guncangan.
  8. Sebagai penyaring gelembung gas. Paru-paru berfungsi menyaring gelembung gas kecil yang bisa saja terdapat dalam aliran darah.
  9. Menyediakan aliran udara untuk menciptakan suara vokal.
  10. Paru-paru berfungsi sebagai reservoir darah dalam tubuh. Paru-paru juga berguna sebagai tempat menyimpan bahan cadangan (reservoir) berupa darah dalam tubuh. Volume darah yang ada di dalam paru-paru sekitar 450 mililiter atau sekitar 9 % dari total volume seluruh sistem peredaran darah.
  11. Sebagai Aksi Siliaris Eskalator. Aksi siliaris eskalator ialah sistem pertahanan yang utama terhadap infeksi udara. Debu dan bakteri di udara yang di hirup terperangkap dalam lapisan lendir yang ada pada permukaan mukosa saluran pernapasan lalu naik menuju faring hingga ke atas pemukulan Silia.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fungsi Paru-Paru

bagian paru paru
http://doktersehat.com

1. Usia

Kekuatan otot maksimal terjadi pada usia antara 20 sampai 40 tahun. Ketika memasuki usia 40 ke atas kekuatan otot ini berkurang sebanyak 20% .

Dan Selama proses penuaan ini, terjadi lah penurunan elastisitas alveoli, penebalan kelenjar bronkial, serta penurunan kapasitas paru

2. Jenis kelamin

Fungsi ventilasi yang ada pada laki-laki lebih tinggi 20-25% dari yang add pada wanita, ini disebabkan ukuran anatomi paru laki-laki lebih besar jika dibandingkan dengan anatomi paru-paru wanita. Kemudian juga, aktivitas yang dilakukan laki-laki lebih tinggi sehingga recoil dan compliance paru sudah terlatih.

3. Tinggi badan dan berat badan

Seorang yang mempunyai tubuh tinggi yang besar, fungsi ventilasi paru-parunya relatif lebih tinggi daripada orang yang bertubuh kecil atau pendek.

Itulah tadi pembahasan mengenai pengertian paru-paru, bagian paru-paru, hingga fungsi paru-paru. Semoga dapat menambah wawasan bagi yang membaca. Jangan lupa shere jika dinilai bermanfaat. Terimakasih.