Bawang Dayak | Manfaat / Khasiat & Cara Menanam / Mengkonsumsinya

Bawang Dayak – Assalamu’alaikum para pembaca sehat afiat semua. Bagaimana kabarnya?  Semoga sehat selalu ya. Apalagi kalau rutin baca artikel di sehat afiat. Pasti bakal banyak informasi dan ilmu yang didapat khususnya tentang kesehatan.

Pada kesempatan kali ini, tim redaksi sehatafiat akan membahas tentang bawang dayak. Kita akan mengupas sampai tuntas terkait bawang dayak ini. Mulai dari penjelasan sebenarnya bawang dayak itu apa sih?

Hingga berbagai penjelasan mengenai manfaat bawang dari dataran kalimantan yang tidak bisa dipandang sebelah mata ini. Oke langsung saja mari kita kupas satu persatu.

Apa itu Bawang Dayak ?

Mungkin kalau istilah bawang saja tentunya Anda sudah sangat akrab mendengarnya bukan? Ya tentu saja, apalagi untuk ibu-ibu yang kerjaannya masak di dapur setiap hari. Rasanya pasti ada yang kurang ketika memasak tanpa adanya bawang di dalam komposisi bumbu dapur.

Ya, mungkin kebanyakan dari kita mengetahui bahwa bawang mempunyai kegunaan atau manfaat sebagai bumbu dapur. Dengan adanya bawang masakan ibu akan tercium lebih wangi dan menggugah selera.

Nah, tetapi bawang yang satu ini sedikit berbeda. Bawang yang satu ini tidak hanya berguna untuk memasak saja. Namun bawang dayak adalah bawang khusus yang mempunyai manfaat yang tidak sedikit.

Bawang dayak ini lebih sering disebut oleh masyarakat Dayak setempat dengan sebutan “bawang hutan atau bawang kambe” di mana bawang khas dari dayak ini memang sudah lama dipakai secara turun temurun oleh masyarakat setempat dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan secara ilmiah, umbi dari bawang dayak ini mempunyai berbagai macam kandungan senyawa fitokimia seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, fenolik, steroid dan tannin.

Di mana senyawa-senyawa tersebut merupakan senyawa yang terkenal dengan banyak manfaatnya bagi tubuh. Khasiat bawang dayak dikenal dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan seizin Allah tentunya. Tercatat lebih dari 40 macam penyakit dapat diatasi menggunakan bawang istimewa ini.

Asal usul Bawang Dayak

sumber: bawangdayak.net

Jika Anda adalah orang yang mempunyai pengetahuan baik di pelajaran IPS, tentu saja Anda tidak akan kesulitan untuk menerjemahkan asal-usul bawang dayak. Karena kata Dayak sendiri adalah sebuah suku di Pulau Kalimantan yang tentunya sangat familiar di pelajaran IPS dahulu.

Ya, benar sekali. Bawang dayak adalah bawang yang berasal dari pedalaman di dalam teritorial suku dayak. Di mana salah satu suku yang paling terkenal di Pulau Kalimantan ini melakukan berbagai macam pengobatan dengan memanfaatkan bawang dayak ini.

Seiring dengan berjalannya waktu, bawang ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Bawang Dayak mulai di buru oleh banyak orang dari luar Pulau Sumatera. Bahkan peminat bawang spesiak ini ada yang datang dari luar negeri. Tentu saja hal ini membuat kita semakin penasaran.

Sebenarnya apa saja sih khasiat dari bawang dayak itu. Sehingga bawang unik ini menjadi salah satu bahan untuk obat herbal yang paling banyak di cari. Orang beramai-ramai memburunya baik secara offline hingga secara online sekalipun. Untuk penjelasan mendetailnya, mari kita kupas di bawah ini.

Khasiat Bawang Dayak

Bawang dayak mempunyai banyak sekali manfaat. Berikut ini diantara 42 manfaat yang perlu Anda ketahui. Bawang Dayak/ Bawang Borneo ini dapat membantu penyembuhan berbagai macam dan jenis penyakit, antara lain:

  1. Bawang dayak bisa digunakan untuk mengobati penyakit Amandel
  2. Dapat digunakan untuk mengobati Ambeien
  3. Bermanfaat untuk menurunkan Asam Urat
  4. Membantu mengobati penyakit Asma
  5. Mengobati penyakit bisul
  6. Digunakan untuk mengobati penyakit Bronkhitis
  7. Bisa dimanfaatkan untuk mengobati Darah Rendah
  8. Menurunkan kandungan gula penderita Diabetes Melitus
  9. Bisa digunakan untuk mengobati Epilepsi
  10. Mengobati Gangguan Pencernaan & Lambung
  11. Ampuh untuk meningkatkan Vitalitas
  12. Bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit ginjal
  13. Dapat digunakan untuk mengobati penyakit Gondok
  14. Bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit Hepatitis
  15. Bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi / Hipertensi
  16. Bisa digunakan untuk menyembuyhkan gangguan tidur atau Insomnia
  17. Bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit Jantung
  18. Bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan Kanker Kelenjar Getah Bening
  19. Bermanfaat untuk menyembuhkan Kanker Paru – Paru
  20. Bisa digunakan untuk mengobati Kanker Payudara
  21. Dapat berperan penting dalam penyembuhan penyakit Kanker Rahim
  22. Mempunyai khasita untuk mengobati Kanker Usus
  23. Berkhasiat mengobati Keputihan
  24. Berkhasiat dalam nengobati penyakit Kista
  25. Sangat baik untuk menurunkan Kolesterol
  26. Mengobati penyakit MaagMenyembuhkan sakit kepala sebelah / Migrain
  27. Berkhasiat pula untuk mengobati Myom
  28. Bisa digunakan sebagai Obat Muntah
  29. Meningkatkan daya ingat seseorang
  30. Bawang dayak bisa digunakan untuk Peluruh batu di dalam kandung Kemih
  31. Berkhasiat sebagai Pencahar
  32. Bisa bermanfaat untuk mengobati penyakit pada bagian prostat.
  33. Mengobati Radang pada usus
  34. Menyembuhkan penyakit Rematik
  35. Mengobati  penyakit Kuning
  36. Berkhasiat untuk mengobati Sakit Perut
  37. Dapat meringankan Sakit PinggangDapat meningkatkan Stamina
  38. Digunakan untuk terapi pengobatan penyakit Stroke
  39. Cukup mujarab untuk mengobati TBC
  40. Bisa digunakan untuk mengobati penyakit Vertigo

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak

sumber: bacaterus.com

Cara mengkonsumsinya ada beberapa metode disesuaikan dengan jenis penyakit dan tingkat keparahannya.

Secara empiris, Bawang Dayak banyak digunakan di dalam pengobatan herbal dan telah terbukti berhasil di dalam penyembuhan terapi berbagai macam penyakit. Tak hanya khasiat dari kandungannya sendiri yang dapat mempunyai dampak baik.

Bahkan bawang yang kaya akan antikoksidan ini dapat berperan sebagai farmakologi, atau meningkatkan efektivitas dari obat herbal lain apabila dikonsumsi berdampingan dengan bawang dayak ini.

Mengkonsumsi Bawang yang mempunyai banyak manfaat ini ada berbagsai macam cara. Berikut ini beberapa tipe atau metode dalam mengkonsumsi Bawang obat dari Dayak ini. Berikut ini cara mengkonsumsi bawang dayak yang efektif:

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak Segar

  1. Dimakan Secara langsung:
  2. Salah satu tumbuhan umbi-umbian ini akan lebih baik apabila dikonsumsi ketika masih segar dan fresh. Tetapi tetap harus diperhatikan kebersihannya terlebih dahulu, sehingga tidak ada bakteri ataupun zat-zat lain yang ikut terbawa masuk ke dalam sistem pencernaan Anda. Setelah di cuci dengan bersih, maka makanlah bawang dayak sebanyak 2x sehari, dengan frekuensi 2–3 siung setiap kali makan.
  3. Meminum air rebusannya. Caranya sebagai berikut ini:
    – Siapkan sekitar 5-6 butir bawang dayak, kemudian Anda cuci dengan bersih
    – Potong kecil-kecil, dan rebuslah bawang dengan 2 gelas air hingga air yang tersisa adalah setengahnya
    – Setelah selesai, maka minumlah aire hasil rebusan sebanyak 2x dalam 1 hari. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  4. Menyeduh bawang dengan air panas. Detail caranya sebagai berikut ini:
  5. Siapkanlah 5-6 siung bawang dayak, yang kemudian diiris tipis-tipis. Seduhlah hasil irisan bawang dengan menggunakan 1 gelas air panas. Aduk campuran air dan potongan bawang tadi secara perlahan, dan diamkan hingga air mendingin. Setelah dingin, maka minumlah 2x sehari 1 gelas secara rutin.

Cara Konsumsi Bawang Dayak Kering Rajangan (Simplisia)

  1. Ambillah 2 sendok makan bawang dayak kering yang sudah dirajang-rajang tersebut
    Seduhlah bawang tersebut menggunakan segelas air panas
  2. Aduk secara perlahan hingga air tampak berwarna kemerah-merahan.
  3. Saringlah ait tersebut, sehingga ampasnya dapat dipisahkan
  4. Yang terakhir minumlah air yang sudah disaring tersebut 2x sehari dengan 1 gelas sekali minumnya.

Cara Konsumsi Bawang Dayak Serbuk

  1. Ambillah 2 sendok teh serbuk dari bawang dayak
  2. Seduhlah bawang serbuk dengan 1 gelas air panas yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  3. Aduklah sampai rata
  4. Larutan bawang dayak-pun bisa langsung dinikmati
  5. Minumlah larutan dari bawang ini selama 2x sehari
  6. Apabila masih terlalu pahit, boleh ditambahkan dengan madu secukupnya, atau cukup memandang wajah kontributor yang manisnya sudah overload. Hehe
  7. Cara lain yang cukup simpel adalah dengan menjadikan bawang dayak sebagai kapsul. Anda bisa membeli bungkus kapsul kosong, yang kemudian bisa Anda masukkan serbuk bawang dayak ke dalamnya.
  8. Dan Anda cukup meminum kapsul yang berisikan serbuk bawang tersebut dengan dosis 2x sehari secara rutin hingga penyakit yang Anda derita terasa membaik.

Cara Menanam Bawang Dayak

sumber: mitalom.com

Dengan banyaknya khasiat dari bawang dayak tersebut, sudah barang tentu Anda sangat tertarik dan ingin menanamnya sendiri di rumah bukan. Dengan menanam bawang dayak sendiri, Anda akan dengan mudah untruk mengobati berbagai macam penyakit tanpa harus membeli lagi di luaran sana.

Menanam bawang dayak sebenarnya adalah salah satu hal yang cukup potensial mengingat teramat banyaknya orang-orang yang menginginkan bawang dayak untuk dimanfaatkan sebagai obat. Baiklah ini dia beberapa langkah yang harus Anda perhatikan ketika Anda hendak membudidayakan sendiri bawang dayak:

  1. Untuk bibitnya, Anda hanya perlu menyiapkan bawang dayak yang masih utuh. Nah disitulah kemudian Anda ambil umbinya. Dari umbi inilah nantinya akan ditanam dan digunakan sebagai bibit bawang, tapi bukan bawang merah biasa loh ya.
  2. Tanamlah bawang dayak dengan baik, dan suplai air yang cukup agar tanaman baru ini bisa tumbuh dengan baik.
  3. Untuk menyuburkan tanaman bawang ini sendiri dibutuhkan pupuk. Pupuk tersebut tidak harus menggunakan bahan aktif atau bahan kimia yang mempunyai harga yang terlatif tinggi. Penggunaan pupuk organik juga dapat menyuburkan tumbuhan umbi-umbian ini.
  4. Anda bisa menggunakan sisa-sisa dari daun kering yang yang sebelumnya sudah dibakar terlebih dahulu. Hal ini akan meningkatkan tingkat kegemburan tanah.
  5. Gunakanlah komposisi yang tepat untuk mendapatkan hasil yang terbaik , yaitu dengan takaran 50% tanah, dan 50% pupuk. Jangan lupa juga dengan pupuk organik namun dengan jumlah yang tak perlu terlalu banyak.
  6. Rekomendasi terbaik untuk menanam Bawang Dayak adalah dengan media tanah. Hal ini akan mempunyai dampak jangka panjang yang lebih baik.
  7. Perkembangbiakan dari bawang adalah melalui umbinya. Jadi apabil Anda menanam bawang dayak menggunakan media tanah, perkembangbiakan bawang ini akan lebih maksimal dan Anda tidak perlu lagi repot-repot menanamnya lagi dalam jangka waktu yang cukup lama.
  8. Apabila hendak menanam bawang dayak dengan menggunakan pot, maka hal itu bukanlah masalah yang besar. Tetapi harus dipenuhi nutrisinya secara maksimal di setiap harinya, sehingga hasilnya juga maksimal.
  9. Teknik penanamannya sebagai berikut: Siapkanlah lubang dengan kedalaman 15-20 cm. Lalu masukkalnlah umbi terbaik ke dalam lubang yang sudah dibuat. Lakukanlah hal ini secara berulang-ulang, dengan komposisi 1 lubang 1 umbi / 1 bibit.
  10. Setelah semuanya dilakukan secara maksimal, maka Anda cukup merawatnya dengan sungguh-sungguh sehingga pertumbuhannya-pun mejadi lebih maksimal.

Ciri ciri Bawang Dayak

sumber: sisidunia.com
  1. Sebagaimana ciri-ciri bawang merah. Tanaman umbi-umbian ini memiliki umbi yang berwarna merah menyala dan permukaannya yang licin
  2. Struktur daunnya bersirip ganda dan daun tersebut berpasang-pasangan.
    Bunganya berwarna putih indah, sehingga tidak heran apabila bawang istimewa ini juga sering digunakan sebagai tanaman hias.
  3. Hampir tidak ada perbedaan yang berarti dibandingkan dengan bawang merah biasa.

Efek Samping Bawang Dayak

sumber: obatalamiasamlambung.com

Pada dasarnya, obat organik atau obat-obatan herbal tidak mempunyai efek samping yang berarti. Namun apabila penggunaannya dicampur dengan obat-obatan kimia, maka dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh.

Bahaya tersebut tidak murni karena obat herbal tersebut, namun zat yang dapat merugikan tubuh dapat tercipta akibat dari reaksi kimia yang dihasilkan atas bercampurnya 2 jenis obat tersebut. Yaitu obat herbal dengan obat kimia.

Oleh karena itu, hal ini perlu Anda perhatikan sehingga Anda dapat melakukan proses pengobatran tanpa khawatir dengan efek samping merugikan yang bisa ditimbulkan. Berikut ini beberapa kerrugian yang bisa ditimbulkan dari reaksi kimia bawang dayak pada tubuh:

Penggunaan obat herbal sebaiknya dilakukan sebelum Anda makan. Tak terkecuali pada pengkonsumsian bawang dengan mana latin Eleutherine bulbosa ini. Hal ini adalah salah satu prinsip mendasar yang banyak diterapkan dalam penggunaan obat herbal.

Tetapi pola ini tidak berlaku bagi Anda yang menderita penyakit maag kronis
Untuk penggunaan obat herbal semacam ini, berilah jeda selam 2 jam apabila Anda juga menggunakan obat kimia.

Hal ini penting untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.
Bawang dayak bekerja untuk menstimulasi produksi asam lambung, apabila produksi asam lambung terjadi secara berlebihan, maka dapat berakibat buruk bagi lambung Anda.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk mencampurnya dengan kayu manis ketika Anda mengkonsumsinya. Di mana kayu manis akan bekerja dalam menetralisir produksi asam lambung yang berlebih.

Penggunaan obat herbal tablet mempunyai efek samping tersendiri, apabila kapsul yang digunakan adalah tablet dengan kualitas buruk yang sulit untuk dicerna.

Di dalam bawang dari dayak ini, terdapat kandungan senyawa alisin yang berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah, sekaligus membuat darah menjadi lebih encer. Hal ini perlu diwaspadai bagi para penderita tekanan darah tinggi / hipotensi.

Maksudnya adalah jangan sekali-kali melakukannya mengkonsumsinya dengan mencampurnya dengan wedang jahe yang mempunyai senyawa yang justru berguna untuk menaikkan tekanan darah tinggi.
Lakukanlah konsumsi atau penggunaan bawang secukupnya saja.

Berhentilah ketika penyakit atau keluhan Anda sudah teratasi. Batasi penggunaannya, misalnya ketika tekanan darah atau kolesterol Anda sudah sampai pada skala yang normal, maka Anda tidak perlu lagi mengkonsumsinya secara rutin terus menerus.

Pengobatan secara herbal adalah salah satu pengobatan terbaik yang sangat minim efek samping. Tetapi porsi obat yang kita gunakan juga harus kita ukur sehingga tidal menimbulkan masalah atau penyakit jangka pendek maupun jangka panjang.

Selalu bijak dalam menggunakan berbagai macam obat. Karena kesehatan Anda adalah salah satu aset terpenting untuk menopang aktivitas Anda di setiap harinya.

Demikian beberapa pemaparan kami mengenai bawang yang penuh manfaat ini. Mulai dari asal-usul bawang dayak, khasiat bawang dayak, cara mengkonsumsi bawang dayak, cara menanam bawang dayak, ciri-ciri, hingga efek samping yang bisa ditimbulkan dari menggunakan bawang yang berwarna merah ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda, dan tentunya semoga senantiasa sehat wal afiat.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment