Ini Dia! Manfaat Bawang Merah yang Jarang Diketahui Banyak Orang

BAWANG MERAH – Salah satu jenis bawang-bawangan ini adalah salah satu bumbu dapur yang wajib ada di setiap dapur untuk bahan pelengkap cita rasa makanan. Tapi apakah kalian sudah mengetahui bahwa ternyata bawang  ini tidak hanya bisa digunakan sebagai pelengkap makanan saja.

Terdapat beberapa manfaat luar biasa dari bawang  untuk kesehatan tubuh. orang pada zaman dahulu sering sekali menggunakan bawang  sebagai salah satu obat herbal dalam menangani beberapa penyakit.

Bawang merah yang masih mentang mengandung banyak sekali senyawa yang sangat berguna untuk perlindungan tubuh. ketika sudah dimasak pun kandungan nutrisi yang ada pada bawang ini tetap terjaga.

Bawang ini cukup sering digunakan sebagai obat herbal atau obat alami karena terdapat senyawa sulfur yang cukup tinggi yang terkandung dalam setiap bawang. Kandungan sulfur yang tinggi ini bertanggung jawab terhadap bau dan sifat obar dari bawang.

Banyak sekali kandungan yang terdapat dalam bawang  seperi Vitamin B6, Vitamin C, Asam Folat, Kromium, Kalsium, Biotin dan kaya akan serat. Selain itu terdapat pulan kandungan Flovonoid terlebih lagi senyawa Quercentin yang merupakan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Tidak ada salahnya kita mencoba manfaat dari bawang  ini yang telah teruji ini. Berikut ini adalah manfaat yang terkandung dalam bawang;

Meredakan Flu dan Batuk

bawang merah
quantumlifeindonesiaquotes.blogspot.co.id

Seyawa sulfur dan Quercentin yang sangat banyak terkandung dalam bawang merah ini sangat berguna untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Kandungan sulfur juga mampu mengatasi gangguan yang terdapat dalam saluran pernafasan sehingga mampu melegakan dan mencairkan dahak.

Untuk mengobati sakit flu dan batuk dengan bawang merah ini caranya sangat mudah. Caranya adalah kupas bawang merah lalu dibakar lalu di konsumsi. Bisa juga dipotong dadu dan dimasukkan ke dalam telur dadar. Selain itu, bisa juga menaruh bawang merah di kamar yang berfungsi untuk menyerap virus dan bakteri.

Melancarkan Sirkulasi Darah

bawang merah
arbamedia.com

Bawang merah sangat berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah,. Cukup menempelkan bawang merah pada kaki dengan perban atau kaus kaki. Lakukan kegiatan ini selamat kurang lebih 4 jam atau ketika sedang tidur.

Kandungan asam fosfat yang ada dalam bawang merah akan diserap melalui trans dermal pada telapak kaki dan masuk ke seluruh tubuh. kandungan asam fosfat ini mampu menyerap dan memurnikan racun dalam darah sehingga sirkulasi darah akan semakin lancar.

Penurun Demam

bawang merah
dokterlia.com

Demam adalah penyakit yang sangat sering melanda anak-anak, tapi jangan khawatir. Jika takut efek samping dari obat yang dijual di pasaran, kita bisa menggunakan bawang merah sebagai obat herbal untuk menyembuhkan demam ini.

Bawang merah memang dipercaya dapat menyembuhkan demam. Kandungan minyak atsiri, sikloaliin, mentialiin, kaemferol, kuersetin dan floroglusin sangat efektif unutk menurunkan suhu tubuh.

Serta kandungan flavonoid pada bawang merah ini dapat berfungsi sebagai anti radang, anti baketria dan dapat menurunkan panas. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan 3 hingga 5 siung bawan, kupas dan cuci dengan bersih. Tumbuk dengan halus tetapi masih terdapat tekstur bawang merahnya.

Tambahkan minyak kelapa, minyak kayu putih lalu oleskan pada bagian dada, perut, punggung, telapak kaki dan ubun-ubun.

Mengobati Perut Kembung

bawang merah
yourhealth.net.au

Biasanya bayi yang baru lahir sering mengalami perut kembung, jika ini terjadi maka bayi akan sedikit reweld an sangat sulit tidur.

Caranya sangat mudah, tumbuk bawang merah sebanyak 3 hingga 5 siung lalu tambahkan kayu putih, minyak telon dan dioleskan kepada perut bayi. Obat herbal ini akan menghangatkan perut bayi sehingga bayi akan merasa tenang dan rileks.

Untuk hasil yang optimal, kita bisa melakukan pijatan-pijatan kecil pada bagian tubuh lainnya seperti tangan, kaki atau punggung agar bayi bisa lebih cepat sembuh dari perut kembung.
Sebagai Antivirus dan Antibakteria

Manfaat bawang merah adalah dapat menyerap virus dan bakteri karena bawang merah terdapat kandungan antiseptic dan senyawa alliin. Senyawa itu akan diubah oleh enzim amilasi menjadi asam piruvat, ammonia dan alliisin yang berfungsi untuk anti mikroba yang bersifat bakterisida.

Caranya pun sangat mudah, kupas bawang merah lalu simpan di pojok ruangan untuk menyerap virus flu yang berada di sekitar ruangan tersebut. Irisan bawang akan berubah menjadi hitam paga keesokan harinya karena telah menyerap bakteri dan virus.

Letakan disetiap ruangan agar bawang merah ini bisa menyerap setiap virus yang terdapat di dalam rumah. Ada beberapa yang harus diperhatikan, jangan memotong bawang merah jika tidak ingin menggunakannya.

Apabila bawang merah dibiarkan kondisi semalam dalam kondisi teriris makan sudah tidak higienis, maka langsung saja buang untuk mencegah bakteri yang diakibatkan dari bawang merah.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

bawang merah
caraalami.xyz

Bawang merah sangat berguna untuk menurunkan kadar trigleserida dan kolesterol. Senyawa sulfur yang terdapat dalam bawang merah ini bisa mencegah agresi dari trombosit. Quercetin bisa mencegah pengerasan arteri dengan penumpukan plak sehingga dapat mencegah terjadinya resiko penyakit jantung.

Mengatasi Masalah Pernafasan

bawang merah
deherba.com

Bawang merah memiliki sifat antiinflamasi yang berguna untuk melemaskan otot-otot jalannya pernafasan. Hal ini dapat mengurangi beberapa penyakit pernafasan seperti asma serta bronchitis. Selain itu juga bisa mencegah beberapa penyakit lain seperti pilek, batuk, bersin dan hidung tersumbat.

Mencegah Penyakit Tuberculosis (TBC)

bawang merah
hellosehat.com

Bawang merah ini memiliki sifat antiseptik dan juga mikroba yang berguna untuk mengikat mikrobakterium. Mikrobakterium inilah yang menjadi penyebab terjadinya penyakit TBC. Caranya pun sangat mudah, mulailah mengkonsumsi bawang merah mentah yang ditaburi garam secara rutin.

Bawang Merah untuk Mengobati Malasah Sistem Pencernaan

bawang merah
hariansehat.com

Bawang merah sangat berguna untuk mengatasi masalah pencernaan seperti dyspepsia, gangguan lambung, gangguan kandung empedu serta sembelit. Bawang merah ini memiliki kandungan serat larut.
Serat larut ini berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri dengan baik dalam usus. Sehingga dengan mengkonsumsi secara mentah dapat menghindari dari penyakit pencernaan.

Leave a Comment