Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan dan Kecantikan

BAWAH PUTIH –  Pada artikel sehatafiat kali ini akan membahas tentang berbagai manfaat, kandungan dan masih banyak lagi tentang bawang putih. Nah!! Langsung saja anda bisa membacanya dibawah ini.

Bawang putih merupakan sejenis tanaman dalam keluarga  Genus Allium  Sekaligus juga nama umbi yang dihasilkan. Bawang putih memiliki sejarah dengan manusia selama 7.000 tahun, terutama di daerah Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan bagi umat manusia.

Dalam buku catatan mesir kuno, sejak zaman dulu bawang putih sudah dipakai sebagai bahan makanan dan juga sebagai obat. Bawang putih juga tidak lepas dari masakan-masakan yang ada di indonesia.

Kandungan Bawang Putih

bawang-putih
Sumber: tandapagar.com

Bawang ini memiliki beberapa kandungan yang bagus untuk kesehatan, diantaranya adalah  Sulphur, Allicin,  kandungan yang ditemukan di bawang putih, bawang putih juga memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri.

Dan manfaat lainnya bawang ini juga dapat membantu penyembuhan kanker. Bawang putih juga memiliki kandungan yang sangat banyak diantaranya adalah: 150 kalori, 33 gram karbohidrat, 6,36 gram protein.

Selain itu bawang putih juga diperkaya dengan Vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng.

Bawang putih juga memiliki bau yang lumayan menyengat yang membuat beberapa orang tidak menyukai bawang putih. Namun dibalik baunya tersebut ternyata bawang putih memiliki banyak sekali manfaatnya.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

manfaat bawang putih
Sumber: merdeka.com

Bawang putih sangatlah dihargai karena manfaat dan kegunaannya yang banyak sekali, bahkan dalam beberapa suku di dunia ada yang memakai bawang ini sebagai acara adat mereka.

Di dalam bawah ini terdapat 100 bahan kimia biologis yang banyak memiliki manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan yang mengandung anti bakteri, antivirus dan anti jamur.

Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang ini memiliki sifat seperti antibiotik, yang membantu sistem pencernaan menjadi bersih dan membuang racun-racun.

1. Obat Sakit Tenggorokan

Bawang putih juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, karena bawang ini memiliki sifat seperti antioksidan dan antibakteri yang dapat membatu dalam penyembuhan batuk, sakit tenggorokan, dan radang tenggorokan.

Bawang ini dapa menyingkirkan radang tenggorokan dan berbagai gejala yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Radang tenggorokan biasanya akan menyebabkan tenggorokan gatal disertai dengan demam.

Dan gejala yang paling parah adalah radang tenggorokan yang lebih pada dari gejala yang berhubungan dengan infeksi lain yang menyebabkan sakit tenggorokan. Jika anda sudah mengonsumsi maka penyakit tenggorokan anda akan cepat pulih.

2. Mencegah Pembekuan Darah

Bawang putih juga memiliki manfaat sebagai pengencer darah atau atau anti-trombotik, sehingga dapat mencegah pembekuan darah pada pasien yang memiliki resiko pembekuan darah.

Sifat pembersih bakteri yang terkandung pada bawang putih ini kemungkinan dapat untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah dan melancarkan aliran darah pasien.

Selain itu bawang ini juga dapat meningkatkan produksi oksida yang ada di dalam darah, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.

3. Mencegah Kanker

Jenis rempah ini juga memiliki sifat yang dapat melawan adanya kanker yang ada didalam tubuh kita. Bawang ini mampu mencegah berbagai jenis kanker yang ada di dalam tubuh manusia.

kanker yang dapat dicegah diantaranya adalah kanker usus, kanker pancreas, kanker payudara dan masih banyak lagi berbagai kanker yang dapat dicegah oleh bawang putih ini. Bawang putih juga diketahui dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker yang ada dalam tubuh.

Beberapa studi yang sudah dilakukan menunjukkan antara peningkatan asupan bawangputih dan mengurangi resiko kanker tertentu yang telah disebutkan diatas, studi yang dilakukan kepada penduduk agar mengetahui seberapa besar manfaat bawang ini untuk mencegah kanker.

4. Membantu Dalam Perlawanan Infeksi

Bawang ini juga mengandung allicin, vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang dapat melawan bakteri, jamur, virus dan masih banyak lagi yang ada didalam tubuh kita.

Kemampuan bawang ini dalam melawan infeksi sudah di teliti dalam studi yang dilakukan oleh para peneliti yang ada di University of Ottawa yang diterbitkan oleh Phytotherapy Research pada april 2005.

Para Peneliti telah menguji 19 produk kesehatan alami yang mengandung bawang putih dan lima ekstrak bawang putih segar untuk senyawa aktif dan aktivitas antimikroba.

Kesimpulannya dalam hasil penelitian tersebut bahwa terbukti bawang ini dapat melawan berbagai infeksi yang ada di dalam tubuh manusia.

5. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang. Siapa sangka bahwa bawang putih ini dapat menyembuhkan sakit gigi . Bawah putih sudah lama dipakai sebagai obat sakit gigi.

Karena bawang ini memiliki sifat membuang berbagai bakteri seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bawang ini memiliki sifat seperti antibiotik.

6. Obat Penghilang Kutil

Sudah sejak lama rempah jenis dikonsumsi entah sebagai penyedap makanan maupun sebagai obat-obatan. Bawang ini juga sudah dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Bawang memiliki sifat antimikroba yang disebabkan oleh allicin kompleks. Hal ini yang membuat bawang putih bisa membunuh patogen-patogen, termasuk juga virus-virus yang bisa menimbulkan kutil.

Menurut “Human Biochemistry and Disease“, Allicin bisa membunuh spektrum. Termasuk HPV, meskipun tidak sama dengan obat antivirus dan antibiotik. Itu tidak bisa menghancurkan  koloni bakteri yang menguntungkan di usus.

Banyak senyawa lain yang terkandung dalam bawang putih yang bisa merangsang fungsi hati. Yang mana itu bisa meningkatkan detoksifikasi pada tubuh, dengan bermanfaat baik untuk berbagai macam infeksi.

7. Mencegah Kerusakan Hati

Hepatitis adalah penyakit hati cukup serius, karena bisa menyebabkan kematian. Di kalangan masyarakat umum, penyakit ini lebih dikenal dengan penyakit liver atau penyakit kuning. Tetapi istilah untuk penyakit kuning bisa menimbulkan kebingungan.

Karena penyakit kuning tidak hanya disebabkan oleh radang hati. Salah satu manfaat bawang putih pada kerusakan hati adalah sebagai tambahan potensi perawatan medis konvensional.

Menurut ilmuan dari Perancis yang bernama Louis Pasteur, jenis rempah ini mampu mencegah infeksi. Begitu juga menurut Dr. Deepak Chopra penulis “The Chopra Center Herbal Handlook”, bawang putih memiliki 200 lebih kandungan kimia yang sudah menjadi subyek dari banyak penelitian.

Menurut penelitian bawang ini juga berpotensi untuk pengobatan anti bakteri Helicobacter Pylori, yaitu bakteri penyebab peradangan kronis dalam lapisan perut manusia. Pada kesimpulannya bawang putih bisa mampu mencegah kerusakan hati.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan

Manfaat bawang putih untuk kecantikan
Sumber: vemale.com

Bawang ini memang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain sebagai penyedap makanan dan mendukung kesehatan manusia, ternyata bermanfaa juga untuk membantu merawat wajah.

Merawat wajah supaya bisa tampil maksimal merupakan hal yang tidak jauh dari perempuan. Perempuan selalu berusaha dengan keras untuk mempercantik wajahnya, termasuk juga dengan memanfaatkan bawang putih. Berikut peran dari rempah-rempah yang satu ini bagi kecantikan.

1. Menghilangkan Jerawat

Jenis rempah-rempah ini memang sudah dipercaya bisa membantu menghilangkan jerawat wajah. Senyawa yang terkandung mampu membersihkan darah dan berfungsi sebagai antibiotik, sehingga bisa membantu menghilangkan jerawat.

Akan tetapi sifatnya hanya membantu mempercepat menghilagkan. Artinya penyembuhan dengan obat khusus juga tetap dilakukan. Bawang putih cuma membantu mempercepat proses penyembuhannya.

2. Melindungi Kulit Supaya Tetap Sehat

Kaya akan kandungan merupakan salah satu keunggulan jenis rempah ini, kandungan yang ada ada yang berfungsi dalam melindungi kulit dari bahaya radikal bebas dan mempelambat proses penipisan kolagen penyebab hilangnya elastisitas kulit atau penyebab kulit menua.

Selain itu, bisa juga dijadikan obat yang efektif untuk menyembuhkan infeksi jamur seperti kurap,dan lainnya. Intinya bagus untuk kesehatan kulit.

3. Bagus untuk Kesehatan Rambut

Kandungan allicin di dalamnya membuat bawang ini bisa dijadikan obat untuk rmabut rontok. Caranya bisa dengan mencampurkan dengan minyak zaitun lalu gunakan dengan cara memijat kepala.

Selain sebagai pencegah rambut rontok, manfaat lainnya pada rambut adalah penghilang ketombe. Hal ini disebabkan karena kandungan anti bakteri dan anti jamur pada bawang putih.

Untuk cara pemakainya juga sama yaitu bisa dicampurkan dengan minyak zaitun lalu diusapkan pada bagian kepala, terutama pada bagian yang banyak terdapat ketombenya.

Peringatan

peringatan1
Sumber: gambaranimasi.com

Meskipun banyak manfaatnya, bawang putih bisa berefek tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, jadi jika sangat suka dengan bawang ini, usahakan tetap mengatur dalam mengkonsumsinya.

Efek yang bisa timbul langsung ketika mengkonsumsi secara berlebihan yaitu perut cepat mules, mual, muntah, bahkan bisa juga menyebabkan diare. Hal ini perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu ada hal lain yang perlu diingat dalam mengkonsumsi bawang putih. Berikut hal-hal lain yang perlu diperhatikan jika mengkonsumsi bawang ini secara berlebihan.

1. Gangguan Pendarahan

Bawang ini dipercaya bisa meningkatkan resiko pendarahan, terutama jika mengkonsumsi bawang secara berlebihan yang masih segar atau tanpa proses masak. Selain itu, menurut orang tua dahulu bawang juga bisa memperlambat proses pengeringan luka.

Jadi supaya tidak terjadi hal yang tidak diiinginkan sebaiknya mengkonsumsi bawang ini jangan berlebihan. Dan tentunya mengkonsumsi secukupnya juga akan mengurangi resiko pendarahan.

2. Menganggu Kehamilan

Mengkonsumsi dalam jumlahyang wajar tentunya dalam kondisi apapun akan tetap aman. Akan tetapi jika mengkonsumsi secara berlebihan kemungkinan besar akan keluar dari zona aman. Termasuk pada wanita yang sedang hamil.

Jika sedang masa kehamilan sebaiknya hindari mengkonsumsi bawang ini secara berlebihan. Selain pada masa kehamilan, mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan juga tidak baik dan tidak dianjurkan bagi perempuan yang sedang masa menyusui.

3. Menyebabkan Darah Rendah

Hal ini bisa saja dikaitkan dengan peringatan sebelumnya, yaitu gangguan pendarahan. Jenis rempah ini memang sangat berpengaruh pada gangguan pendarahan. Makanya pada saat seseorang akan menjalankan operasi biasanya akan disarankan untuk mengurangi konsumsi bawang putih.

Tujuannya yaitu untuk memperlancar saat jalannya operasi, karena jika operasi dilakukan dengan pendarahan yang berlebihan tentunya akan mengganggu proses jalannya operasi.

Jadi, kesimpulan akhirnya, bawang putih memang bagus dan banyak manfaatnya untuk kesehatan. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa berefek tidak baik untuk kesehatan.

Demikian informasi tentang bawang putih yang perlu diketahui. Informasi tentang bawang ini pada artikel ini diambil dari situs kesehatan bugarfit.com, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment