bayi imut

Kenali Penyebab Bayi Susah BAB dan Bagaimana Cara Mengatasinya

BAYI SUSAH BAB – Hal seperti ini sudah menjadi kejadian yang biasa, hampir setiap bayi pasti mengalami yang namanya susah BAB atau sembelit pada bayi. Yang jadi masalah adalah tidak semua Ibu tahu cara mengatasi bayi susah BAB dan tidak tahu juga apa penyebab bayi susah BAB.

Terutama bagi perempuan yang baru memiliki anak, kebanyakan ibu-ibu yang baru punya anak bingung dalam mengatasi bayi susah BAB. Kalau masih satu atap sama orang tua mungkin bisa minta bantuan sama Ibu yang sudah pengalaman.

Namun, kalau sudah memiliki rumah sendiri dan tidak satu atap lagi sama orang tua, pasti akan gelagapan dalam hal ini. Oleh karena itu di artikel ini akan menjelaskan tentang bayi susah BAB. Karena masalah ini cukup serius bagi si bayi, jika dibiarkan kondisi si bayi bisa menjadi parah.

Sembelit Pada Bayi

Bayi Susah BAB
Sumber: emaze.com

Sembelit pada bayi atau bisa dikatakan bayi susah BAB harus benar-benar ditangani. Orang dewasa saja merasakan tidak nyaman saat susah BAB, apalagi bayi yang masih kecil dan belum bisa menahan rasa sakit. Makanya si bayi selalu menangis ketika bayi sedang mengalami sembelit.

Namun, tidak semua orang tua bisa mengetahui kalau si bayi sedang susah BAB. Apalagi bagi ibu-ibu yang baru jadi ibu, pasti susah memahami bahasa si bayi. Di sini penting kaum perempuan belajar menjadi orang tua yang baik bagi si bayi.

Menjadi Ibu yang baik tentunya bukan hal yang mudah, butuh kesabaran dan pengetahuan yang banyak. Jangan sampai ketika bayi menangis tapi sebagai Ibu tidak mengetahui kenapa si bayi menangis.

Termasuk dalam hal ini, apabila bayi sedang mengalami sembelit, sebagai ibu harus bisa memahami bahasa si bayi. Karena biasanya bayi akan mengeluarkan kode atau tanda-tanda ketika sedang ada masalah, terutama saat susah BAB.

Tanda-tanda Bayi sedang Sembelit

Bayi sembelit
Sumber: emaze.com

 

Kenali tanda-tanda bayi saat mengalami sembelit supaya si bayi tidak menderita karena susah BAB. Tentunya sebagai orang tua, tidak mungkin membiarkan anaknya menderita, apalagi masih usai bayi.

Tanda-tanda yang paling mudah dikenali yaitu bayi merasakan kesakitan saat mengejan. Bayi akan cenderung menahan BAB karena rasa sakit yang terjadi ketika sedang mengejan. Jika terjadi pada bayi yang sudah menginjak usia 1 tahun biasanya susah diajak ke toilet untuk BAB.

Tanda yang mudah dikenali berikutnya adalah perhatikan si bayi selama 1 minggu sudah BAB berapa kali. Jika selama 1 minggu si bayi tidak BAB kurang dari 3 kali maka bisa dipastikan terjadi gangguan pencernaan yang membuat bayi susah BAB.

Maka sudah seharusnya sebagai orang tua harus peka. Jika belum bisa atau belum berpengalaman dengan masalah ini, maka segera lakukan penanganan seperti bawa ke dokter atau tanya-tanya pada orang tua bagaiman cara mengatasi sembelit pada bayi. Karena dokter atau orang tualah yang bisa dipercaya.

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB

bayi imut
Sumber: commentsdb.com

Ada beberapa cara mengatasi bayi susah BAB yang diambil dari sumber terpercaya seperti alodokter.com. Setiap usia bayi ada cara-cara penanganannya sendiri-sendiri. Karena keadaan fisik bayi tidak sama setiap perkembangannya.

Untuk bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan harus sangat berhati-hati karena keadaan fisiknya masih sangat sensitif. Untuk penanganannya sebaiknya gunakan cara-cara berikut ini:

  • Pertimbangkan untuk mengganti asupan kesehariannya. Misalkan jika sebelumnya anak dikasih susu formula, coba ganti dengan susu lainnya. Atau bisa didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahlinya.
  • Bisa dengan cara mencampurkan poloxamer drop atau pelunak tinja pada susu yang diberikan kepada si bayi sebanyak 3 kali dalam sehari.

Itu untuk bayi yang masih berusia 6 bulan ke bawah. Apabila bayi sudah berusia 6 bulan ke atas, maka sebaiknya penanganan yang diberikan yaitu dengan cara berikut ini:

  • Berikan makanan yang mengandung laksatif alami seperti jus prune. Jika bayi tidak suka dengan rasa jus prune, bisa dicampurkan dengan jus buah-buahan yang memiliki rasa nikmat. Agar si bayi mau mengkonsumsi jus prune.
  • Jika keadaan darurat atau si bayi mengalami sembelit yang parah, sebaiknya berikan obat laksatif pelunak tinja seperti lactulose, decusate, sena, dan lainnya. Perlu diingat pemberian obat-obatan pada anak hanya dianjurkan ketika sudah mengalami hal yang parah.
  • Gunakan obat yang berbentuk cairan dengan sistem kerja dimasukan ke bagian pengeluaran tinja dengan tujuan untuk mengosongkan rektum. Jenis obatnya seperti obat bisacodyl, glycerine, dan microlax. Hal ini juga perlu diingat pemberian obat jenis ini juga digunakan untuk keadaan darurat.

Selain cara itu, masih ada cara lain yang sederhana, mungkin bisa ditanyakan kepada orang tua masing-masing. Bagaimana saat menangani masalah pada bayi. Tentunya orang tua juga lebih tahu, karena mereka sudah berpengalaman.

Penyebab Bayi Susah BAB

bayi tidur
Sumber: pixabay.com

Mencari tahu penyebab bayi susah BAB merupakan salah satu cara untuk mencegah sekaligus mengobati. Jika sudah mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan bayi susah BAB, maka untuk ke depannya hindari hal tersebut. Itulah yang disebut dengan mencegah.

Mencari tahu hal-hal yang menyebabkan anak susah BAB juga bisa menjadi jalan untuk mengobati. Contohnya bayi kekurangan cairan sehingga susah BAB, jadi obatnya dengan mencukupi cairan yang kurang yaitu dengan memberi minum ada susu yang lebih banyak dari biasanya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa hal atau penyebab si bayi susah BAB. Di sini akan menyebutkan hal paling umum yaitu:

  • Bayi baru mengenal makanan padat, hal ini membuat sistem pencernaan tidak bisa bekerja maksimal.
  • Kekurangan cairan, hal ini bisa terjadi saat bayi sedang susah menerima makan dan minum.
  • Karena susu formula, hal ini terjadi karena nutrisi susu formula tidak sama dengan ASI, susu formula cenderung lebih susah dicerna dari pada ASI. Hal ini bisa menyebabkan feses bayi keras yang membuat bayi rentan susah BAB.
  • Kondisi kesehatan bayi, seperti kelainan organ saluran pencernaan, alergi dengan susu tertentu, dan kelainan sumsum tulang belakang.

Demikian informasi yang bisa disampaikan mengenai bayi susah BAB. Hampir semua orang tua pasti mengalami masalah ini pada bayinya. Maka sebaiknya belajar lebih jauh tentang hal-hal seperti penyebab bayi susah BAB, cara mengatasi bayi susah BAB, dan kenali juga tanda-tanda bayi yang terkena sembelit atau susah BAB.

Leave a Comment