Bayi Susah Tidur? Ketahui Sebab dan Cara Mengatasinya

BAYI SUSAH TIDUR – Bagi pasangan yang sudah menikah, dikaruniai Allah SWT seorang momongan adalah kebahagiaan terbesar dalam sebuah keluarga. Perilaku yang lucu dan menggemaskan dari anak dapat meluluhkan hari setiap orang yang melihatnya.

Akan tetapi, semua itu bisa berubah menjadi mimpi buruk apabila bayi mengalami gangguan sudah tidur yang biasanya diakibatkan oleh sakit, kebiasaan buruk, bahkan gangguan dari jin.

Untuk memberi pengetahuan akan hal ini, mari kita kupas satu-persatu supaya bisa menambah pengetahuan untuk kita.

Bayi Susah Tidur Menurut Islam

bayi susah tidur menurut islam
bayi susah tidur | sleeppeaconsulting.com

Bayi yang susah tidur terkadang dikarenakan adanya gangguan dan jin dan setan yang mengganggu si kecil. Setan ini ingin membuat suasana keluarga tersebut menjadi berantakan dengan membuat orang tua bayi menjadi stress atau emosional.

Bayi menjadi objek sasaran karena bayi memiliki ketahanan yang masih rentan. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus pintar-pintar dalam menjaga anak kita dengan meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Untuk mengatasi anak yang susah tidur karena gangguan jin, kita bisa merukyah anak kita dengan membacakan ayat-ayat suci Al Quran untuk memohon perlindungan kepada Allah dari ganguan jin dan setan.

Berikut beberapa bacaan yang bisa Anda bacakan kepada si kecil :

  1. Ambil segelas air dan bacakan di atasnya, caranya dekatkan gelasnya ke mulut kita ;
  2. Baca Surat Al-fatihah;
  3. Baca Surat Al Ikhlas , afdal 3 x;
  4. Baca Surat Al Falaq;
  5. Baca Surat An Nas;
  6. Baca Surat Ayat Kursi;
  7. Tiup air yang ada di gelas;
  8. Minumkan dan usapkan ke anak kita.

Cara kedua :

  1. Baca Surat Al Fatihah;
  2. Baca Surat Al Ikhlas;
  3. Baca Surat Al Falaq;
  4. Baca Surat Annas;
  5. Baca Surat Ayat Kursi;
  6. Tiupkan di kedua telapak tangan kita dan meratakan ke wajah dan anggota tubuh yang lain.

Bacaan-bacaan ayat Al Quran ini bisa digunakan untuk menenangkan anak yang susah tidur karena gangguan maklus halus atau dalam kondisi menangis biasa.

Ini semua tidak lepas dari peran Allah Yang Maha Melindungi lewat wasilah ayat-ayat Al Quran yang kita baca, maka, atas izin-Nya, anak kita bisa merasa lebih tenang setelah kita bacakan surat tersebut.

Bayi Susah Tidur Siang

bayi susah tidur siang
babycenter.com

Penyebab yang biasa terjadi pada bayi ketika sudah tidur pada siang hari adalah ibu tidak pernah membiasakan menujukkan kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya. Misalnya kapan waktu makan, kapan waktu mandi, dan kapan waktu tidur.

Merutinkan kebiasaan seperti ini, akan membiasanan bayi untuk mempersiapkan tubuhnya untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan membuat jadwal rutin supaya tubuh bayi terbiasa dengan siklus kegitan yang akan dilakukan.

Kenalilah tanda-tanda bayi Anda ketika menunjukkan tanda-tanda kalau dia mau tidur. Seperti mengusap mengusap mata dan tidak membuka mata secara penuh.

Segeralah ketika tanda-tanda tersebut muncul, bawalah bayi Anda ke tempat tidur dan biarkanlah dia bermain-main di tempat tidur, Anda akan mendapati si kecil terdidur lelap.

Bayi Susah Tidur Malam

bayi tidak bisa tidur malam hari
aitos-cafe.com

Bayi yang baru lahir membutuhkan REM (Rapid Eye Movement) yang penting untuk perkembangan otak. Biasanya bayi susah tidur dapat diakibatkan oleh perubahan rutinitas seperti sakit atau sedang melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, kegiatan dipagi dan siang hari sebisa mungkin diatur hingga memiliki pola yang sama, sehingga kegiatan anak seperti makan, bermain, dan tidur sudah terjadwal setiap harinya.

Kegitan si bayi disepanjang siang, dapat membuat bayi tidur lelap dimalam hari karena sudah merasa lelah melakukan aktifitas seharian.

Penyebab Umum Bayi Susah Tidur

penyebab umum bayi susah tidur
thebumb.com

1. Bayi Merasa Lapar

Bayi susah tidur biasanya karena ia merasa lapar, baik siang atau malam hari. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menyusui si kecil jika ia susah ditidurkan.

Jika sikecil sudah diberi MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu), Anda bisa memberi makan terlebih dahulu supaya perut bayi tidak lapar. Akan tetapi, sebaiknya Anda berikan dalam jangka waktu 1-2 jam sebelum tidur untuk menjaga pencernaan si kecil agar tetap sehat.

2. Popok Bayi Basah atau Kotor

Terkang Ibu lupa memeriksa popok bayi sebelum menidurkannya, hal ini akan mengakibatkan rasa tidak nyaman pada bayi karena merasa ada yang mengganjal pada popok.

Biasakanlah memeriksa popok si kecil sebelum menidurkannya supaya si kecil tidak terganggu, popok yang bersih akan membuat bayi merasa nyaman dan tertidur lelap.

3. Baju yang Dipakai tidak Nyaman

Faktor baju yang dipakai si kecil saat tidur juga cukup mempengaruhi kenyamanan saat tidur. Apabila baju yang dipakai kekecilan atau kebesaran, itu akan mengakibatkan bayi merasa tidak nyaman.

Usahakan pakainan baju yang lembut dan pas sesuai ukuran bayi agar si kecil merasa nyaman saat memakainya.

4. Gangguan Kesehatan

Kesehatan pada bayi memeberikan pengaruh yang besar pada kondisi tidur bayi. Bayi yang menderita penyakit seperti batuk, deman, pilek, dan hidung tersumbat cenderung sering rewel dan menangis ketika akan tidur.

Ibu harus sabar dalam menghadapi kondisi ini, bayi belum mengetahui apa-apa, yang bisa ia lakukan hanya menangis. Periksakanlah kepada dokter untuk mendaptkan obat yang tepat untuk mengobati penyakit si kecil.

5. Kamar Bayi Kurang Nyaman

Kodisi kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat bayi merasa susah tidur karena merasa kepanasan atau kedinginan. Perhatikan lagi ventilasi udara kamar bayi supaya udara bisa sirkulasi dengan lancar. Pasanglah pendingin ruangan seperti kipas angin atau AC bila diperlukan.

6. Tubuh Bayi tidak Segar

Tubuh bayi yang tidak segar karena merasa gatal atau lengket bisa mempengaruhi kondisi tudur si bayi. Mandikanlah si kecil dua kali sehari, kemudian usaplah tubuh bayi dengan miyak telon, body lotion, dan bedak wangi pada tubuh bayi supaya bayi selalu merasa segar.

Demikianlah beberapa informasi kenapa bayi susah tidur yang disebabkan oleh beberapa faktor. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah bayi Anda yang susah tidur, terimakasih.

  • mahkaryacargosurabaya

    artikel sangat membantu