nyeri di leher

6 Penyebab Bengkak di Leher yang Perlu Diwaspadai

Bengkak di leher – Pernahkah anda merasakan terjadi pembengkakan di leher anda? Leher menjadi terasa membesar dan semakin berat dari sebelumnya?

Hal ini sebaiknya jangan dianggap sepele sebab bisa saja merupakan gejala yang serius.

pembengkakan di leher dapat di sebabkan oleh beberapa faktor. Kebanyakan dari pembengkakan yang terjadi di leher mungkin tidak berbahaya dan cenderung hilang dengan sendirinya.

Namun, Bukan berarti kita menjadi lengah saat pembengkakan terjadi. Sebab dalam beberapa kasus, pembengkakan di leher dapat menjadi penyakit yang lebih serius jika tidak ditangani dengan baik.

Berat atau ringan nya pembengkakan yang terjadi pada leher anda, ada baiknya jika segera diperiksakan ke dokter guna mengetahui penyebab utama pembengkakan.

Sehingga memungkinkan bagi anda untuk menghindari kemungkinan terjangkitnya penyakit yang lebih serius.

Ada beberapa jenis penyakit serius yang menyebabkan pembengkakan pada leher yang sebaiknya dilakukan penanganan dengan cepat apa bila penyakit ini menjangkiti. Diantaranya adalah:

1.Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening ialah kelenjar yang membawa sel-sel darah putih didalamnya yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang bereaksi melawan infeksi.

Reaksi kelenjar getah bening terhadap infeksi inilah yang menimbulkan pembengkakan pada leher.

Namun perlu diketahui bahwa pembengkakan kelenjar getah bening tidak hanya terjadi di leher melainkan dapat terjadi di beberapa bagian tubuh yang lain. Salah satunya adalah pada bagian ketiak.

Pembengkakan kelenjar getah bening ringan seperti flu atau radang tenggorokan, dapat diatasi dengan memperbanyak asupan cairan kedalam tubuh dan dibantu dengan konsumsi ibuprofen sebagai pereda rasa sakit yang terasa pada bagian pembengkakan kelenjar getah bening.

Apabila pembengkakan terasa semakin parah, ada baiknya jika dilakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter ahli.

Pemeriksaan lanjutan umumnya meliputi tes darah, CT scan, atau biopsi yang bertujuan untuk pendeteksian lebih lanjut.

Umumnya pembengkakan kelenjar getah bening akan menyebabkan munculnya beberapa penyakit. Diantaranya, Campak, Rubella, TBC, Lupus, Sarkoidosi, HIV, bahkan dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker.

2. Bengkak di Leher Karena Gondok

bengkak di leher
Reference.com

Gondok adalah penyakit yang muncul akibat terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid yang terletak pada bagian leher.

Pembengkakan tiroid ini akan menyebabkan leher terlihat membengkak. pembengkakan kelenjar tiroid disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

  • Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau dalam bahasa medis disebut Hipertiroidisme.
  • Kelenjar tiroid yang kurang aktif atau dalam bahasa medinya disebut Hipotiroidisme.
  • kehamilan dan menopouse.
  • kurangnya asupan yodium dalam tubuh.
  • Kanker.

Wanita cenderung memiliki peluang yang lebih besar menderita penyakit gondok khususnya apabila usianya telah melebih 40 tahun.

3.Bengkak di Leher Karena Gondongan

Gondongan atau dalam kata lain disebut Mumps adalah jenis penyakit infeksi berbahaya yang ditularkan oleh Pramyxovirus. Gejela penyakit ini dapat di deteksi dengan terjadinya pembengkakan pada kelenjar ludah.

Penularan Gondong ini umumnya terjadi ketika bersin atau batuk.

Salah satu cara menanggulangi penularannya adalah dengan melakukan Vaksi MMR.

4. Bengkak di Leher Akibat Difteri

Pembengkakan pada leher juga bisa diakibatkan oleh penyakit Difteri. Penyakit ini adalah jenis penyakit yang menjangkiti selaput lendir pada hidung dan tenggorokan.

Umumnya gejala dari penyakit ini baru akan teras 2-5 hari setelah terinfeksi.

Selain pembengkakan pada leher gejala-gejala umum yang dirasakan oleh penderita adalah demam, lemas batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, cairan hidung mengandung darah atau nanah dan terasa menyesakkan nafas.

5.Bengkak di Leher Akibat Abses

sakit yang terasa di leher
Sehatly.com

Pembengkakan pada leher juga terkadang disebabkan oleh bakteri yang bersumber dari gigi yang disebut abses gigi.

Awalnya pembengkakan akibat abses ini hanya terjadi di bawah gigi dan gusi. Namun apabila infeksi semakin parah, pembengkakan akan menyebar ke jaringan di bagian bawah.

Terjadinya infeksi ini dapat dilihat dari membengkaknya bagian bawah mulut dan leher diikuti dengan kemerah merahan pada kulit.

6.Bengkak di Leher Akibat Kista

Kista merupakan benjolan yang tumbuh pada bagian tubuh berisi cairan yang umumnya tidak memberikan dampak bahaya yang dapat sembuh dengan sendirinya.

Meskipun umumnya tidak berbahaya, pembengkakan akibat kista ini sebaiknya tetap diperiksakan ke dokter untuk memastikan kondisi benjolan tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pembengkakan yang terjadi di leher.

Jenis penanganan yang terjadi di leher sangat bergantung dengan jenis penyakit yang menyebabkan pembengkakan itu.

Oleh karena itu dengan melakukan pemeriksaan ke dokter akan memudahkan pendeteksian penyebab pembengkakan sehingga dapat diberikan penanganan dengan cepat.

Leave a Comment