Benzoil Peroksida

Benzoil Peroksida Bahan Ampuh Pembasmi Jerawat

BENZOIL PEROKSIDA – Tahukah Anda apa itu benzoil peroksida? Untuk anda yang belum tahu dan penasaran untuk mengetahui apa itu benzoil peroksida, mari kita simak penjelasan seputar benzoil peroksida beserta semua yang terkait dengannya. Setidaknya kita harus tahu terlebih dahulu tentang dasar dari benzoil peroksida. Benzoil peroksida merupakan bahan ampuh yang digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Selain dikenal sebagai bahan efektif untuk mengobati jerawat dan komedo dengan ampuh, benzoil peroksida juga digunakan sebagai salah satu bahan campuran pada kosmetik pembersih wajah. Benzoil peroksida mampu membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat pada wajah, sebab bakteri tidak akan mengembangkan resistensi terhadap senyawa ini.

Oleh sebab itu, benzoil peroksida sangat efektif untuk membasmi jerawat dan noda pada wajah.Tapi, penggunaan benzoil peroksida bukan menunjukkan akan pasti memberikan hasil yang lebih baik. Nah, sebelum pemakaian bahan ini untuk pertama kalinya, coba lakukan tes dan periksa berapa tingkat alergi kulit Anda.

Yaitu dengan memakai sedikit dari bahan tersebut dan dioleskan pada wajah yang berjerawat selama tiga hari. Kalaupun selama tiga hari Anda merasakan reaksi alergi, maka hentikan pemakaian.

Namun, jika wajah tampak lebih bersih ataupun jerawat berkurang, maka lanjutkan dan lakukan sebagaimana cara pemakaian berikut ini.

Cara Menggunakan Benzoil Peroksida

Benzoil Peroksida
ecs7.tokopedia.net

Jika anda cocok menggunakan bahan ini, maka perhatikan cara-cara pemakaian bahan tersebut. Agar terhindar dari efek samping dari bahan tersebut. Jadi, dalam pemakaian bahan ini tidak hanya asal memakai. Melainkan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan,berikut cara-cara pemakaiannya ;

  • Pertama-tama hal yang harus diperhatikan sebelum pemakaiannya adalah mencuci wajah sampai bersih. Lalu keringkan permukaan wajah dengan dengan handuk ataupun kain.
  • Setelah itu, oleskan benzoil peroksida krim atau gel pada permukaan wajah secara merata, terlebih pada bagian wajah yang bermunculan jerawat, dan biarkan beberapa saat.
  • Kemudian, setelah anda basahi daerah kulit wajah, maka tuangkan cairan foaming oil yang mengandung bahan benzoil peroksida ke telapak tangan.
  • Lalu cairan tersebut diusapkan dan dipakai untuk mencuci wajah.
  • Tunggu dan diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih, dan keringkan wajah dengan handuk.

Cara Kerja Benzoil Peroksida

 Benzoil Peroksida
hellosehat.com

Benzoil peroksida jika dioleskan di wajah yang terdapat jerawat, maka dia akan memberikan sebuah oksigen ke dalam pori-pori yang akan membunuh dan membasmi bakteri yang ada. Umumnya, bakteri yang menyebabkan perkembangbiakan jerawat adalah propionibacter acnes atau disebut juga dengan P. acnes.

Penggunaan krim atau gel benzoil peroksida harus dilakukan secara rutin, karena kalau pemakaian dihentikan jerawat akan muncul kembali. Nah, dengan sebab itu, sebaiknya Anda meminta pertimbangan dari dokter.

Adapun dosis pemakaian krim benzoil peroksida ini dengan mengoleskan krim atau gel pada permukaan kulit satu kali atau dua kali per harinya. Hal tersebut dilakukan selam beberapa minggu, dan dosis sewaktu-waktu bisa berubah-ubah tergantung pada respon kulit terhadap obat.

Manfaat Benzoil Peroksida

 Benzoil Peroksida
hellosehat.com

Benzoil peroksida memiliki manfaat yang begitu banyak untuk perawatan kulit  wajah. Dengan membasmi bakteri-bakteri pada kulit wajah, maka berikut manfaat benzoil peroksida ;

  • Membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.
  • Mengurangi peradangan.
  • Membebaskan noda pada wajah.
  • Membantu proses menghilangkan jerawat.
  • mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Nah, itulah manfaat yang terdapat pada benzoil peroksida untuk perawatan wajah. Namun, yang harus Anda ketahui juga bahwa bahan ini juga terdapat efek samping tersendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan efek samping benzoil peroksida.

Efek Samping Benzoil Peroksida

 Benzoil Peroksida
caramenghilangkanbekasjerawat.stepgoals.com

Seiring dengan efek manfaat benzoil peroksida, sebagian besar obat-obatan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan meskipun tidak semua orang mengalaminya. Tabel di bawah ini berisi beberapa yang paling umum yang terkait dengan efek samping dari benzoil peroksida.

Efek yang tidak diinginkan sering kali membaik saat tubuh Anda menyesuaikan diri dengan obat baru, namun bicaralah dengan dokter atau apoteker Anda jika ada hal berikut yang berlanjut atau menjadi merepotkan. Berikut efek samping yang akan terjadi ;

  • Iritasi pada wajah, gatal-gatal.
  • Terjadi pembengkakan.
  • Kulit terasa terbakar.
  • Kulit menjadi kering.
  • Kemerahan pada kulit.
  • Kulit wajah terasa nyeri.
  • Kulit terkelupas.
  • Jerawat semakin menjadi-jadi.

Itulah efek samping yang terdapat pada benzoil peroksida. Hal itu disebabkan karena kulit tidak cocok dan alergi. Kadang pemakaian terlalu banyak dan tidak memperhatikan aturan, sehingga muncul efek samping.

Nah, demikian penjelasan mengenai manfaat, efek samping, dan cara kerja serta cara pemakaian benzol peroksida. Sekiranya dengan penjelasan di atas sudah bisa memahamkan apa itu benzoil peroksida dan bagaimana cara kerjanya. Semoga bisa menambah pengetahuan kita dan bermanfaat untuk kita bersama.

Leave a Comment