Bercak Merah Pada Kulit, Penyebab dan Cara Mengobatinya

BERCAK MERAH PADA KULIT – Bercak merah pada kulit merupakan salah satu tanda dari penyakit gatal yang di derita. Gatal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi, virus, bakteri, jamur, gangguan saraf, gangguan hati, dan faktor kebersihan tubuh.

Artikel kali ini, sehat afiat akan membahas bercak merah pada kulit dan beberapa hal lain yang berhubungan. Contohnya adalah penyebab dan cara mengobatinya.

Penyebab Bercak Merah Pada Kulit

Penyebab Bercak Merah Pada Kulit
metodesehat.com

Bercak merah pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa penyebab bercak merah yang menyebabkan gatal pada kulit. Biasanya disebabkan oleh penyakit kulit, gigitan  serangga dan bakteri, atau karena kehamilan.

Penyakit Kulit Penyebab Gatal

Penyakit Kulit Penyebab Gatal
google.com

Bercak merah tersebut dapat menyerang berbagai area tubuh dari muka sampai kaki. Berikut ini beberapa jenis penyakit kulit yang menyebabkan gatal dan berdampak pada timbulnya bercak merah pada kulit.

  1. Penyakit prosiaris, tanda-tanda penyakit prosiaris adalah kulit terasa gatal, muncul kerak pada kulit, dan adanya bintik merah
  2. Dermatitis kontaktanda dermatitis kontak adalah kulit gatal, meradang setelah kontak dengan sabun atau iritan lain, dan timbulnya bintik merah
  3. Kudis, biasanya ditandai dengan bintik merah dan rasa gatal ketika malam hari
  4. Kurap, tandanya adalah munculnya lingkaran kecil yang terasa gatal, dan adanya bintik merah berair
  5. Panu, muncul bercak putih pada kulit yang akan terasa gatal saat berkeringat. Panu dapat menyebabkan bintik merah jika digaruk saat terasa gatal
  6. Eksim, umumnya memiliki tanda kulit sangat gatal pada malam hari, kulit terasa panas pada bagian tertentu, hingga terdapat lepuhan-lepuhan kecil pada kulit
  7. Utikaria atau biduran, cirinya adalah terdapat bercak kemerahan dan juga bentol pada permukaan kulit dan terasa gatal bahkan perih dan panas
  8. Penyakit folikulitis, cirinya adalah ada bagian kulit yang meradang, memerah, terasa nyeri dan gatal, hingga terdapat benjolan kecil bernanah
  9. Darah manis, penyakit ini biasa juga disebut prurigo. Gejalanya adalah muncul kerak dengan warna gelap, adanya bintik merah kecil, dan kulit terasa gatal dan panas
  10. Penyakit kulit impetigo, tanda atau gejala impetigo adalah kulit yang melepuh berisi cairan (bukan nanah), kulit di sekitar lepuhan kulit terasa gatal, terasa sakit dan akan mudah menyebar jika digaruk
  11. Athlete’s Footgejalanya adalah kulit telapak kaki memerah dan membengkak, jari dan sisi kaki terasa gatal, panas, dan ada kemungkinan kulit mengelupas

Bercak Merah Pada Kulit Karena Gigitan Serangga dan Alergi

Penyakit Kulit Penyebab Gatal
ugm.files.wordpress.com

Selain disebabkan penyakit kulit, bercak merah pada kulit juga dapat disebabkan oleh gigitan serangga. Salah satu jenis serangga yang familiar dengan penyakit kulit adalah scabies. Berikut ini beberapa jenis serangga penyebab bercak merah dan gatal pada kulit.

  1. Alergi pada anjing, selain karena penyakit kulit, bercak merah juga dapat disebabkan alergi pada anjing. Gejala lain yang terasa selain bercak adalah batuk, bersin, mata merah dan gatal, bahkan jika parah dapat terjadi bintik merah pada wajah dan sekitar dada.
  2. Alergi bulu kucing, beberapa efek yang dirasakan apabila alergi bulu kucing adalah hidung tersumbat, kulit berbintik merah, gatal, bersin, batuk, pembengkakan pada wajah, hingga sesak nafas.
  3. Gigitan nyamuk, hal ini biasanya ditemui pada orang dengan kulit sensitif atau bayi yang kulitnya masih rentan terhadap benda asing. Biasanya akan terjadi bintik merah pada area gigitan nyamuk, dan ada rasa gatal di sekitar bintik yang akan menyebar jika digaruk.
  4. Infestasi kutu atau pedikulosis, tandanya adalah gatal pada area badan tertentu, biasanya gatal yang diakibatkan kutu terjadi pada bagian kulit kepala.
  5. Scabies, tungau atau scabies adalah penyebab terbesar bintik merah kulit yang disebabkan serangga. Scabies sangat mudah menyerang kulit manusia dan biasanya menyerang bagian Mr P, sela jari, lipatan ketiak, kulit bagian bawah pusar, hingga bok*ng dan selangkangan.

Cara Mengobati Gatal Pada Kulit

Cara Mengobati Gatal Pada Kulit
mokomoko.id

Cara mengobati gatal pada kulit dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam obat. Berikut ini beberapa contoh obat untuk mengurangi dan mengobati gatal pada kulit.

  1. Sabun antiseptik, sabun ini mempunyai kandungan antiseptik yang berfungsi membunuh kuman penyebab gatal. Gunakan sabun antiseptik batangan untuk membersihkan kuman saat mandi, dan gunakan sabun antiseptik cair untuk mencuci tangan.
  2. Salep, obat ini adalah salah satu yang paling ampuh untuk menghilangkan gatal. Salep akan sangat ampuh menghilangkan gatal yang diakibatkan oleh jamur.
  3. Obat anti gatal, obat ini merupakan obat konsumsi yang dapat digunakan menghilangkan gatal. Contohnya cetrizine HCL 10 mg dengan dosis 1 minggu sekali. Manfaatnya akan lebih maksimal jika penggunaannya dikombinasikan dengan obat oles seperti salep.
  4. Losion dan pelembab kulit, kondisi kulit yang kering adalah salah satu penyebab gatal dan bercak merah. Losion dan pelembab berfungsi untuk membuat kulit tidak kering sehingga berfungsi meredakan rasa gatal. Baiknya pelembab dan losion digunakan setelah anda mandi.
  5. Hindari menggaruk kulit gatal, cara ini biasanya sangat sulit dilakukan. Pasalnya, rasa gatal sangat mengganggu dan menggoda tangan untuk menggaruk. Akan tetapi, semakin kulit gatal digaruk, area gatal semakin menyebar. Selain itu juga akan memperlambat proses penyembuhan. Jadi, jika kalian ingin segera sembuh dari gatal, ada baiknya memaksakan untuk tidak banyak menggaruk.
  6. Berobat ke dokter, cara paling ampuh untuk menyembuhkan gatal adalah dengan berobat langsung ke dokter dan dapatkan resep obat yang sesuai dari ahlinya.

***

Kulit yang gatal merupakan sebuah penyakit yang mengganggu kenyamanan. Kenali penyebabnya, pahami cara mengobatinya, dan temukan solusinya. Sehat afiat telah berusaha membahasnya secara lengkap.