BERHUBUNGAN INTIM SAAT HAMIL MUDA

Bolehkan Berhubungan Intim Saat Hamil Muda? Simak yuk Penjelasannya!

BERHUBUNGAN INTIM SAAT HAMIL MUDA – Banyak mitos yang beredar jika berhubungan intim saat hamil muda dapat menyebabkan keguguran dan lain sebagainya. Sehingga tak jarang hal ini menjadi kekhawatiran bagi para suami dalam berhubungan initim dengan sang istri.

Benarkah mitos tersebut? Apa benar berhubungan intim saat hamil muda dapat menimbulkan masalah, terutama bagi janin? Bagaimana Islam memandang problema seperti ini? Supaya lebih paham lagi, simak yuk penjelasan mengenai hubungan intim saat hamil muda berikut ini.

Sebenernya dalam jika ditinjau secara medis, ternyata berhubungan badan ketika hamil muda malah dapat memberikan keuntungan. Setidaknya ada 4 keuntungan yang di dapat ketika berhubungan intim ketika hamil muda diantaranya yaitu:

  1. Membuat pasangan merasa bahagia menjalani masa kehamilan.
  2. Membantu membakar kalori dalam diet kehamilan.
  3. Melipur rasa sakit dan ketidaknyamanan pada masa kehamilan.
  4. Menjadi terapi ketika mengalami susah tidur di malam hari.

Berhubungan Intim Saat Hamil Muda Menurut Islam

Berhubungan Intim Saat Hamil Muda Menurut Islam
http://darulamanta.com

Dalam islam sendiri, yang dilarang ialah berhubungan badan ketika istri dalam masa haid, nifas, dan ihram, Selain itu tidak dilarang. Termasuk Berhubungan intim saat hamil muda atau hamil besar, di dalam islam diperbolehkan asal tidak menimbulkan bahaya.

Selain itu tidak memberatkan dan menjadikan istri merasa tersiksa. Contoh, biasanya di tiga bulan pertama wanita hamil itu sering sekali mengalami mual dan muntah, maka sebaiknya sumai tidak usah memkasakan.

Dalam Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah (komite Fatwa di Saudi)  no. 16591 juga sudah dijelaskan,

وإن كان القصد وطء الزوج لزوجته الحامل فلا بأس بذلك؛ لأن الله لم يحرم وطء الزوجة إلا في حالة الحيض أو النفاس أو الإحرام

“Adapun jika yang dimaksudkan ialah seorang suami mencampuri istrinya yang hamil, maka tidak mengapa/boleh. Karena Allah tidaklah melarang mencampuri istri kecuali pada masa haidh, nifas dan ihram.

Syarat Berhubungan Intim Saat Hamil Muda

Syarat Berhubungan Intim Saat Hamil Muda
adweek.com

1. Kandungan atau kehamilan sehat

Yang dimaksud dengan kandungan sehat adalah kehamilan yang berlangsung pada istri itu normal tanpa adanya gangguan atau penyakit. Gangguan ini bisa berupa mulut rahim terbuka, ketuban pecah, infeksi dan lain sebagainya.

2. Istri tidak ada riwayat keguguran

Jika sebelumnya istri pernah mengalami keguguran, maka sebaiknya untuk tidak melakukan hubungan badan terlebih dahulu. Karena ditakutkan akan terjadi keguguran lagi.

3. Bukan kehamilan ganda

Wanita yang mengalami kehamilan ganda atau kehamilan bayi kembar yang lebih dari dua, diajurkan untuk tidak melakukan hubungan intim. Karena sangat bersiko cukup tinggi pada kehailan tersebut.

4. Posisi

Selalu perhatikan posisi saat berhubungan badan dengan istri yang sedang hamil. Jangan melakukan posisi-posisi yang dapat membahayakan janin.

5. Hindari seks oral

Pada masa kehamilan, pembuluh darah yang ada pada wanita terbuka karena pengaruh oleh hormon estorgen. Pembuluh darah yang terbuka inilah yang rentan terhadap infeksi bakteri yang berasal dari air liur. Itulah sebab kenapa seks oral sebaiknya dihindari.

6. Orgasme

Orgasme dapat memicu kontraksi rahim sesudah melakukan hubungan intim. Sebenarnya kontraksi  merupakan hal yang wajar dan normal, akan tetapi perlu diwaspadai ketika kontraksi rahim terjadi sangat kuat dan dalam waktu yang lebih dari satu jam. Jika mengalami hal seperti ini, ada baiknya segera diperiksakan ke dokter.

Bahaya Berhubungan Badan Saat Hamil Muda

Bahaya Berhubungan Badan Saat Hamil Muda
ummi-online.com

Walaupun dalam dunia medis dan hukum islam berhubungan intim saat hamil tidak dilarang, akan tetapi bukan berarti anda dan pasangan dapat melakukannya secra asal dan sembarangan.

Anda perlu memperhtikan  bagaimanana posisi yang baik pada saat berhubungan badan, waktu yang tepat, serta kondisi-kondisi yang memang tidak diperbolehkan untuk berhubungan intim.

Ada beberapa keadaan dimana anda dan pasangan sebaiknya tidak melakukan hubungan badan. Ini bertujuan agar nantinya tidak menimbulkan masalah yang berlanjut untuk kehamilan. Kondisi-kondisi tersebut ialah:

  1. Si istri memiliki riwayat pendarahan atau Kehamilannya rentan akan keguguran
  2. Plasenta previa (plasenta terletak di dekat atau di atas leher rahim)
  3. Memiliki resiko kelahiran prematur
  4. Memiliki riwayat keguguran secara berulang
  5. Memiliki riwayat penyakit kelamin
  6. Pecah ketuban
  7. Kelemahan servik atau rahim
  8. Sering kram pada perut

Posisi Yang Baik Ketika Berhubungan Intim Dengan Istri Yang Lagi Hamil Muda

Posisi Yang Baik Ketika Berhubungan Intim Dengan Istri Yang Lagi Hamil Muda
staticflickr.com

Pada saat istri lagi hamil, ada beberapa posisi yang sebaiknya untuk dihindari seperti posisi terlentang ataupun posisi dimana dapat mengakibatkan terjadinya penekanan pada pembuluh darah perut ibu hamil.

Karena posisi terlentang bisa membuat dada menjadi terasa sesak, sehingga dapat membahayakan untuk keselamatan janin serta kenyamanan ibu hamil.

Posisi yang dianjurakan dalam berhubungan badan ketika istri lagi hamil misalnya ialah posisi miring, duduk membelakangi istri, istri berada di atas, atau posisi menungging agar janin tetap aman di dalam rahimnya.

Waktu Berhubungan yang Tepat 

Waktu Berhubungan yang Tepat
Cermati.com

Untuk waktu sendiri, sebenarnya berhubungan intim dapat dilakukan kapan saja. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dimana dalam hal ini adalah kondisi kesehatan istri.

Selalu pastikan istri anda pada dalam keadaan fit dan sehat, tidak sedang kecapekan atau kelelahan, dan sedang dalam mood yang bagus.

Demikian tadi penjelasan singkat tentang berhubungan intim saat hamil muda. Semoga dapat memberikan wawasan bagi pembaca. Jangan lupa shere jika dinilai artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

1 thought on “Bolehkan Berhubungan Intim Saat Hamil Muda? Simak yuk Penjelasannya!

  1. kalo boleh mau nanya ! berapa takaran berhubungan intim dalam seminggu bagi wanita yang hamil 7 bulan ya ? dan jika kita sering berhubungan dalam seminggu hampir setiap 1 kali sehari apa tidak apa-apa?

Leave a Comment