Betametason: Manfaat Beserta Khasiat Penggunaan dan Efek Sampinya

BETAMETASON – Betametason adalah salah satu jenis dari obat kortikosteroid atau steroid oral. Obat ini dapat menekan sistem kekebalan pada tubuh, meredakan gejala peradangan dan alergi.

Betametason juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam kondisi,seperti Betametason juga memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai macam kondisi seperti, penyakit artritis, lupus, kolitis ulseratifpsoriasis, asma dan bisa mengobati kanker tertentu.

Betametason ini beroperasi dengan cara mencegah terjadinya pelepasan senyawa kimia oleh tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan.

Untuk orang yang mengidap kelainan kelenjar adrenal dan tidak mampu memproduksi cukup banyak kortikosteroid, maka betmetason dapat dikonsumsi sebagai pengganti.

Betametason tersedia dalam beberapa senyawa, diantaranya betametason dipropionat, valerat, dan natrium fosfat. Obat ini juga dapat dipakai secara kombinasi dengan clotrimazole, asam salisat dan kombinasi 3 obat dengan gentamicin dan clotrimazole.

Kombinasi-kombinasi dapat di pakai untuk mengatasi gangguan di kulit, seperti dermatitis dan psoriaris.

Mengenal Betametason

betametason
goapotik.com
Golongan Obat Kelompok obat kortikosteroid
Nama Generik Betamethasone (bay ta METH a sone)
Nama Merek Dagang Celestone, Celestone Soluspan, Celestone Phosphate, Selestoject, Adbeon, Beta-Phos/AC, Cell-U-Jec, Alphacort, Bdm, benoson, beprosone, betagentam tetes mata, betametason cream, Betam Ophtal, betasin betason, celestamine,
celestoderm, celestone, colergis, cortamine, daivobet, diprogenta, diprosalin, durocort,
meclovel, nilacelin, oviskin, Polacel, proceles, Proson, scanderma, temprosone, Fobancort
Kategori Obat Obat resep
Manfaat Obat
  • Meredakan peradangan dan reaksi alergi
  • Mengobati hiperplasia adrenal kongenital
Dapat Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Bentuk obat Tablet, suntikan, cream dan cairan
Indikasi
  •  Mengendalikan kondisi alergi yang parah.
  • Sebagai krim tropikal yang berguna meringankan iritasi pada kulit.
  • Betametason natrium fosfat dipakai secara oral dan melalui injeksi dengan indikasi yang sama dengan steroid lain.
  • Betametason ester valerat dapat mengurangi beberapa gejala ataksia dengan ataxia telangiestasia.
Kontra Indikasi
  •  Jangan dipakai untuk pasien yang mempunyai riwayat hipertensi pada betemetason.
  • Pemakaian kortikosteroid bisa menyebabkan katarak subkapsular posterior, glaukoma dengan kemungkinan terjadi kerusakan pada saraf optik dan bisa menignkatkan pembentukan infeksi okular sekunder disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur
  • Kortikosteroid dilarang digunakan dalam aktif okular herpes simpleks.

Cara Kerja Betametason

betametason
goapotik.com

Betametason bekerja melalui cara mencegah dan mengatur peradangan (inflamasi) dengan mengatur laju sintesis protein, menekan migrasi leukosit polimorfonuklear dan fibriblast, dan membalikkan permeabilitas kapiler dan stabilisasi lisosom.

Dosis Betametason

Dosis Betametason sangat berpengaruh pada penyakit, level keparahan dan respon seseorang pada obat tersebut.

  • Dosis umun yang adalah 1,5 hingga 5 mg per hari selama satu hingga tiga minggu.
  • Dosis injeksi intramuskular atau intravena lambat (inuf) 4 hingga 20 mg, diulangi hingga 4 kali dalam 24 jam.
  • Dosis anak lewat injeksi infus yaitu, anak usia dibawah 1 tahun 1 mg, anak usia 1 hingga 5 tahun 2 mg, anak usia 6 hingga 12 tahun 4 mg. Pemberian diulangi hingga 4 kali dalam 24 jam dan disamakan dengan respon.

Mengonsumsi Betametason dengan Benar

rjshipnoterapisolo.com

Sebelum mengonsumsi betametason pastikan mengikuti anjuran atau resep yang diberikan dokter dalam memakai betametason. Jangan pernah menambah atau mengurangi dosis tanpa ada izin dari dokter. Beritahu dokter mengenai riwayat medis dan juga obat-obatan yang pernah digunakan.

Steroid dapat mempengaruhi banyak penyakit dan juga berhubungan dengan berbagai obatan lain. Biasanya betametason dikonsumsi satu kali sehari. Dokter akan memberitahu waktu yang tepat untuk mengonsumsinya tergantung pada kondisi medis yang ia tangani.

Umumnya beta metason dikonsumsi setelah makan. Jangan pernah berhenti mengonsumsi betametason, kerena dapat meperparah kondisi yang di alami. Selain itu betametason juga dapat menyebabkan gejala putus obat.

Dokter akan mengurangi dosis yang ia berikan sebelumnya secara bertahap. Untuk pasien yang mengonsumsi betametason, dianjurkan untuk segera mengonsumsinya saat teringat saat waktu dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Jangan pernah menggandakan dosis betametason pada waktu berikutnya untuk menggantikan dosis yang sudah terlewat.

Peringatan

Betametasol
id.aliexpress.com
  • Untuk wanita yang hamil dan menyusui atau merencanakan kehamilan, diskusikan pada dokter sebelum mengonsumsi betametason.
  • Betametason bisa menutupi tanda dan gejala yang muncul sebab infeksi, dampaknya Ana mudah kena infeksi yang lebih serius.
  • Berhati-hati saat mengonsumsi betametason, bagi yang mengalami gangguan seperti pengumpalan darah, hiportiroid, myasthenia gravis, osteoporosis, diabetes, glaukoma, katarak, masalah pada jantung, hipertensi, penyakit ginjal, hati, gangguan pada pencernaan, gangguan mental dan baru saja terskena infeksi.
  • Jauhkan orang yang sedang mengalami infeksi selama mengonsumsi betametason. Orang mengonsumsi kelompok obat steroid sistem kekebalan tubuhnya akan melemah, hal itu membuatnya lebih mudah terkena infeksi.
  • Jangan mengonsumsi minuman keras saat memakai beta metason.
  • Saat mengonsumsi betametason, jangan melakukan imunisasi, tes kulit atau vaksinasi, hal itu dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Kecuali apabila dokter menyarankan.
  • Apabila Anda mengonsumsi obat-obatan kelompok kortikosteroid dalam waktu yang panjang, kenakan tanda pengenal media khusus.
  • Jangan mengemudi atau mengendarai peralatan berat saat masih mengonsumsi obat ini, karena obat ini dapat menyebabkan pusing.
  • Obat ini dapat memeperlambat pertumbuhan pada anak, konsultasikan pada dokter secara teratur untuk memantau pertumbuhan anak. Sedangkan untuk orang tua, obat ini dapat memperparah kondisi yang sebelumnya sudah diderita.
  • Hubungi dokter apabila terjadi reaksi alergi atau overdosis.

Dosis Betametason

Dosis yang diperlukan secara umum untk mengonsumsi betametason tergantung pada penyakit, tingkat keparahan dan respon pada obat tersebut. Dosis umum yang diberikan adalah 1,5-5mg per hari selama satu sampai tiga minggu. Sedangkan dosis untuk anak-anak akan ditentukan oleh dokter dan disesuaikan dengan umur serta berat badan anak.

Efek Samping dan Bahaya Betametasol

betametason
rumahherbal.com

Reaksi seseorang pada sebuah obat berbeda-beda. Beberapa efek samping yang pada umumnya terjadi adalah:

  • Mengalami sakit perut dan gangguan pada pencernaan.
  • Merasa mual dan muntah.
  • Mengalami perubahan hati.
  • Susah tidur.
  • Waktu menstruasi yang tidak teratur.
  • Berat badan naik.

Apabila efek samping terjadi dalam jangka waktu yang panjang, mengganggu kegiatan atau mengalami reaksi alergi, segera temui dokter atau pergi ke rumah saki terdekat.