Cara Ampuh Menghilangkan Biang Keringat

Biang keringat adalah timbulnya ruam yang gatal berbentuk bintik-bintik merah kecil yang bisa menyebabkan rasa menyengat atau tusukan pada kulit orang yang menderitanya.

Ruam bisa berkembang dimanapun, tetapi yang mudah terjangkit biang keringat yaitu dibagian paha,punggung, dada, wajah dan leher.

Ruam terdiri dari bintik-bintik kecil atau benjolan yang dikelilingi oleh daerah kulit yang merah yang bisa menyebabkan pembengkakan ringan gatal dan tusukan yang menyengat.

Biang keringat bukan tergolong kedalam penyakit yang berbahaya, namun bisa menular melalui kontak pisik, udara atau pakaian.

bintik kecil biang keringat
www.vebma.com 

Penyebab Biang Keringat

Biang keringat terjadi karena tersumbatnya saluran keringat yang menyebabkan terjadinya penumpukan keringat di bawah lapisan kulit. Sumbatan ini dipicu oleh bakteri staphylococcus epidermis yang tidak berbahaya.

Bakteri yang biasanya hidup di permukaan kulit ini tidak menimbulkan infeksi, tapi memicu penyumbatan saluran keringat yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit dan ruam.

Gejala yang sering terjadi adalah rasa gatal, pedih dan kulit kemerahan, serta akan muncul gelembung-gelumbung kecil atau lenting yang berisi air pada kulit.

Biang keringat sering nampak pada sekitaran dahi dan leher, serta daerah lain yang sering nampak pada bagian-bagian yang tertutup pakaian seperti punggung dan dada.

biang keringat pada leher
www.vebma.com

Ada juga yang nampak karena mengalami gesekan atau tekanan pakaian. Bahkan ada sebagian kasus yang ditemukan pada kulit kepala.

Pada saat cuaca panas atau lembab umumnya seseorang mengeluarkan keringat lebih dari biasanya sehingga bisa menimbulkan biang keringat.

Namun sebaliknya tidak menutup kemungkinan pada musim dingin biang keringat pun bisa terjadi, yang disebabkan kalenjer keringat tubuh menjadi terhalang.

Keringat berlebih bisa menyebabkan keringat menjadi terperangkap di bawah kulit anda yang menyebabkan iritasi kulit dan mengalami ruam panas.

Kondisi yang  Mudah Terkena Biang Keringat

Siapaun bisa mudah terjangkit, baik anak-anak maupun dewasa apalagi saat cuaca sedang panas otomatis keringat akan banyak yang keluar. Namun ada beberapa kondisi yang beresiko terkena biang keringat diantaranya:

  • Kelebihan berat badan, orang yang gemuk sangat mudah berkeringat.
  • Ketika sakit keringat sangat mudah untuk keluar karena tidak ada aktivitas yang dilakukan
  • Pada usia bayi atau anak-anak keringat mudah keluar karena kalenjer keringat belum terbentuk sempurna
  • Menggunakan pakaian tebal atau menutupi seluruh tubuh ketika cuaca sedang panas.

 

Cara Mencegah dan Mengobati Biang Keringat

Meski bukan tergolong penyakit yang tidak berbahaya, namun banyak hal yang dirasakan, terutama bagi anak-anak dapat membuatnya rewel dan tidak nyaman.

Berikut ini ada beberapa hal yang mudah untuk dilakukan cara menangani dan mencegah biang keringat diantaranya:

  • Hindari baju berbahan sintesis yang tidak bisa menyerap keringat, di sarankan untuk menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun.
  • Gunakan kipas atau AC ketika cuaca sedang panas.
  • Menjaga kulit agar selalu kering dengan mandi teratur
  • Untuk meringankan ruam ,gunakan pelembap kulit yang mengandung kalamin atau krim yang mengandung hidrokortison dengan kadar rendah.
  • Gunakan sabun antiseptic atau antibakteri untuk meringankan ruam.
  • Anda dapat mencoba mengoleskan krim yang mengandung anhydrous lanolin untuk membantu mencegah penyumbatan kelenjar keringat.
  • Gunakan ramuan herbal untuk pengobatan yaitu ramuan herbal olahan timun yang dihaluskan, setelah halus lalu campur tepung kentang dan tepung jagung aduk secara merata. Setelah menyatu menjadi ramuan herbal oleskan lah pada bagian yang terkena biang keringat.
  • Membeli obat biang keringat yang dijual di apotek terdekat, pastikan obat yang anda beli aman dan sesuai resep dokter.