Biaya CT Scan Terbaru, Beserta Informasi Pemeriksaan Seputar Kesehatan

BIAYA CT SCAN – Ketika dokter memberi saran seseorang untuk menggunakan pemeriksaan CT scan tentu itu yang tebaik yang harus dilakukan pasien supaya melakukannya. Akan tetapi terkadang kita bingunh lantaran belum mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk Ct Scan kita merasa cemas jangan-jangan itu mahal sekali. Memang harga menjadi pertimbangan yang lumayan berpengaruh, lebih-lebih jika hal itu harus dibiayai sendiri.

Meskipun begitu pasti akan mudah obyek penyakit yang berada dalam tubuh kita untuk ditemukan, karena dalam pemeriksaan menggunakan Ct Scan terbukti penyakit cepat diketahui dan sehingga dokter akan mudah menagani penyakit yang diderita yang terutama dan dokter yang profesional pasti saja tidak asal memberi saran pemeriksaan ct scan jika itu tidak diperlukan.

CT scan singkatan dari istilah Computerized tomography atau yang familiar dikenal dengan istilah CT scan. yang mana merupakan sebuah teknologi di dalam kedokteran yang telah dikenal sejak awal tahun. 1970an. Sejak kemunculannya, CT scan menjadi alat pemindaian yang sangat penting di dalam dunia medis ke dokteran.

Dalam proses CT scan bekerja dengan cara mengkombinasikan antara serangkaian pemindaian x-ray yang diambil alih dari sejumlah sudut yang berbeda. Kemudian hasil pemindaian tersebut akan diproses oleh komputer agar mampu menghasilkan gambar tulang dan jaringan lunak yang tersedia di dalam tubuh yang hendak di Scan..

Fungsi Dari Pemeriksaan CT Scan

Fungsi CT Scan di Rumah Sakit
emergencymdsc.com

Peralatan CT scan mungkin anda pernah menemui bentuk alat tersebut, bisa ditemui di tempat rumah sakit atau kita jumpai di televisi. Alat ini berupa mesin pemindai berupa lingkaran besar yang memadai dimasuki oleh orang dewasa di dalam kondisi berbaring. Dokter umumnya akan menganjurkan Anda untuk menjalani CT scan di dalam pengecspekan kasus-kasus layaknya mendiagnosis kelainan otot dan tulang layaknya tumor atau retak terhadap tulang, menentukan wilayah tumor atau infeksi.

Memandu prosedur medis disaat melaksanakan operasi atau terapi lainnya, memonitor kondisi dan penyakit tertentu, juga melacak menyadari cedera atau pendarahan internal. Dari sekian banyak organ tubuh, bagian-bagian layaknya kepala, paru-paru, jantung, rongga perut dan panggul, serta tulang adalah bagian yang paling kerap direkomendasi untuk menjalani CT Scan.

Biaya pengecekan CT scan sendiri memang tergolong memadai mahal. Apalagi kecuali Anda meminta mengfungsikan cairan kontras atau cairan serupa pewarna untuk menopang memperjelas gambar. Cairan contrast umumnya diberikan di dalam bentuk minuman atau disuntikkan di dalam aliran darah dan sesudah itu nampak lewat urine.

Biaya CT Scan Berdasarkan Jenis Pemeriksaannya

biaya st scan
urbanradiology.com

Dibawah ini referensi beberapa informasi seputar  biaya CT scan mengggunakan atau tanpa menggunakan kontras di Rumah Sakit, mungkin setiap rumah sakit daerah memiliki biaya CT scan yang berbeda, setidaknya kita memiliki ganbaran biaya yang harus kita keluarkan untuk periksa, berikut ini beberapa biaya mulai dari jenis pemeriksaan CT scan sebagai berikut .

Jenis Pemeriksaan CT Scan Kisaran Biaya
CT Scan kepala Rp 600 ribuan
CT Scan Kepala + Kontras Rp 1,2 jutaan
CT Scan abdomen atas Rp 900 ribuan
CT Scan abdomen bawah Rp 900 ribuan
CT Scan abdomen atas + bawah Rp 1,6 jutaan
CT Scan abdomen atas + kontras Rp 2 jutaan
CT Scan abdomen bawah + kontras Rp 2 jutaan
CT Scan abdomen atas + bawah + kontras Rp 2 jutaan
CT Scan thoraks Rp 900 ribuan
CT Scan lumbal Rp 800 ribuan
CT Scan angio circum w/c Rp 2,7 jutaan
CT Scan angio thoraco Rp 4 jutaan
CT Scan angio femoralis Rp 4,7 jutaan
CT Scan angio abdomen Rp 4 jutaan
CT Scan angio thoraco abdomen Rp 4,7 jutaan
CT Scan ango kepala Rp 3,7 jutaan
CT Scan urologi Rp 3,7 jutaan

Apakah Biaya CT Scan Bisa ditanggung oleh BPJS?

Apakah Biaya CT Scan Bisa ditanggung oleh BPJS?
hipwee.com

Dalam pembayaran biaya oemeriksaan CT Scan, BPJS kesehatan mampu untuk meng-cover biaya CT scan, apabila rujukannya cocok dengan indikasi klinis. Dalam hal ini telah disamping pada pihak BPJS, karena miliki standarisasi biaya yang dijaminkan, sedang besaran biaya CT scan kepala yang dijaminkan oleh pemerintah itu tentunya terkait terhadap kelas yang ditempati atau tipe tempat tinggal sakit. Jika tempat tinggal sakit tipe A (Rumah sakit besar dan rujukan), maka cost yang dijaminkan lebih besar dari terhadap tempat tinggal sakit tipe B dan C.

Jika anda sudah mendaftar dalam program JKN-KIS atau BPJS kesehatan, maka biaya CT Scan bisa ditanggung  oleh pihak BPJS, dengan catatan. Peserta yang telah terdaftar telah memenuhi syarat dan mengikuti atas prosedur yang telah ditentukan, karena pada dasarnya pemeriksaan CT Scan merupakan tindakan medis yang dilakukan atas indikasi yang telah berdasarkan saran dari dokter.

Hal yang harus diingat, bahwa biaya yang ditanggung untuk pemeriksaan CT Scan tidak sepenuhnya dapat ditanggung oleh pihak BPJS, karena ada standarisasi biaya tanggungan yang dikeluarkan. Seperti dengan jenis kelas peserta, tipe rumah sakit yang di masuki, dan sebagainya, untuk mengetahui lebih lanjut berkaitan dengan biaya CT Scan yang bisa ditanggung oleh pihak bpjs bisa ditanyakan langsung kepada petugas BPJS.

Mungkin hanya ini yang dapat informasikan kepada anda mengenai biaya CT Scan, semoga dapat bermanfaat dan semoga kita diberi kesehatan selalu serta kemudahan atas segala sesuatu yang sedang kita kerjakan saat ini. terimakasih.