Biaya Tes DNA

Biaya Tes DNA Serta Manfaat dan Pengertiannya

BIAYA TES DNA – tes DNA adalah sebuah ketentuan yang dilakukan untuk mengetahui informasi genetika seseorang. Seseorang bisa tau asal keturunan dan risiko penyakit tertentu dengan adanya tes DNA.

DNA kepanjangan dari deoxyribonucleic acid atau juga asam deoksiribonukleat. DNA akan membentuk materi genetika yang berada di dalam badan tiap orang yang diwariskan dari kedua orang tua.

Tes DNA

Biaya Tes DNA
biologigonz.blogspot.com

Berapa besar biaya yang diperlukan jika mau melakukan tes DNA?
Tes DNA adalah salah satu tes yang reliabel guna mengetahui sebuah hubungan darah seseorang. Pengujian ini banyak juga digunakan untuk menuntaskan perselisihan keluarga atau kasus kriminal.

Manfaat Mencari Informasi Genetika

Hasil dari tes genetika bisa memberitahukan tidak atau adanya kondisi genetika, membantu dalam menentukan risiko seseorang mewariskan penyakit genetika, dan lain sebagainya.

Uji Pra-implantasi

Bertujuan mengetahui perubahan pada embrio yang terbentuk dengan menggunakan teknik tertentu, semisal fertilisasi in-vitro (FIV). Untuk melakukan tes ini, bagian kecil sel telur yang sudah dibuahi dari luar rahim akan diambil. setelah diperiksa guna ketidaknormalan pada genetika tertentu. Hanya embrio sehat yang akan dimasukkan ke dalam rahim guna usaha kehamilan.

Uji Pra-kelahiran

Tes ini disarankan bagi mereka yang memiliki bayi yang kemungkinan lebih tinggi mengalami sebuah kondisi genetika tertentu. Namun, tes ini tak bisa mendeteksi semua penyakit. Contoh uji DNA sebelum melahirkan adalah melalui chorionic villus sampling atau amniosentesis .

Memantau Bayi Yang Baru Dilahirkan.

Deteksi dini dikerjakan secepatnya setelah bayi baru lahir yang gunanya mengetahui kemungkinan adanya penyakit genetika pada bayi, sehingga bisa diatasi sejak awal. contohnya gangguan pada metabolisme.

Diagnosis Kondisi Genetika

Digunakan untuk mencari identitas atau mengesampingkan kondisi genetika tertentu apabila bayi atau seseorang mempunyai gejala tertentu, contohnya sindrom Down.

Uji Pembawa atau Carrier Testing

Untuk mengetahui apakah seseorang mempunyai gen disaat kondisi tertentu yang mungkin akan diwarisi kepada anak-anaknya. Informasi semacem ini dapat bermanfaat untuk membantu pasangan dalam menentukan keputusan mereka mengenai kehamilan kemungkinan terkait kondisi genetika tertentu.

Uji Prediksi

Dilakukan untuk mendeteksi mutasi genetika yang ada hubungannya dengan penyakit yang bisa datang bertahun-tahun sesudah lahir. Pengujian seperti ini bisa membantu keluarga yang mempunyai kelainan genetika, tapi belum mengalami tanda-tanda saat ini. Uji prediksi ini dapat mengetahui mutasi gen yang menambah risiko seseorang untuk mengalami kondisi genetika. Info ini berguna, terutama jika Anda mempunyai orang tua atau saudara dengan penyakit ini. Manfaatkan untuk melakukan pencegahan atau perencanaan pengobatan.

Uji Forensik

Menggunakan serangkaian DNA guna mengidentifikasi seseorang dalam kepentingan hukum. Berbeda dengan pengujian yang lain, uji forensik tidak dipakai untuk memeriksa mutasi gen berhubungan penyakit. Pengujian ini bisa digunakan untuk tau identitas orang tua dari seorang anak. Juga untuk mencari identitas dari sisa tubuh yang dikarenakan bencana, seperti tsunami atau kebakaran.

Uji Parental

Pengujian genetika parental memakai penanda DNA khusus untuk mencari identitas pola yang sama atau mirip antara individu terkait. Hal ini berdasarkan fakta, tiap orang mewariskan setengah DNA dari orang tuanya (ayah dan ibu). Peneliti akan mencoba kecocokan urutan DNA individu. dengan menggunakan beberapa penanda diferensial guna mengetahui hubungan kekeluargaan.

Biaya Tes DNA?

Di Indonesia hanya beberapa lembaga yang bisa melakukan tes DNA. Yaitu:

  • Laboraturium Pusdokkes Polri yang terletak di Jakarta Timur.
  • Division of Human Genetics Center for Biomedical Research Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang.
  • DNA Worldwide.

Untuk proses mencari identitas bisa dilakukan sampai lima kali, sehingga bisa keluar biaya sampai Rp 25 juta – Rp 50 juta. Sementara biaya tes DNA di lembaga Polri, Eijkman Institue kisaran Rp 5 juta per tes, Division of Human Genetics Center for Biomedical Research Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang berkisar Rp 8 juta hingga Rp 12 juta per tes, dan DNA-Worldwide kisaran Rp 1,69 juta hingga 25,5 juta per tes.

menurut Kombes Awi Setiyono selain dari lembaga, biaya tes DNA tidak dikenakan kepada perindividu. Hal tersebut merupakan ketentuan yang cuma dapat dilakukan atas perintah seorang penyidik dari kepolisian.

“Tidak ada biaya untuk perorangan, adapun ketentuan tes DNA itu langsung urusan kepolisian dan dipasrahkan ke penyidik. Jadi tidak ada biaya apapun itu. Itu urusan pihak penyidik dan kepolisian.”

“Iya, jadi untuk selama ini tidak ada biaya yang dikenakan pada perorangan. yang berwewenang mengurus hal-hal tes DNA tersebut adalah Penyidik” ujar Kombes Awi Setiyono.

Jika Anda berniat atau disarankan melakukan tes DNA, baiknya terlebih dahulu konsultasikan kepada dokter atau dokter spesialis genetika. Paparkan mengenai risiko, manfaat, dan apa arti dari tes DNA tersebut terhadap diri Anda ataupun keluarga.

Itulah ringkasan mengenai apa itu DNA dan Biaya Tes DNA. Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa memenuhi apa yang anda cari.

Leave a Comment