bilirubin adalah

Mengenal Bilirubin Pada Bayi yang Baru Lahir serta Penjelasan Lengkap

BILIRUBIN ADALAH – Hampir dari 60 persen bayi yang baru saja lahir ke dunia mendapati jaundice atau kuning, karena kadar bilirubin yang ada didalam tubuhnya sangat tinggi. Apa itu bilubirin? Bilubirin adalah kandungan hasil dari pemecahan sel darah merah yang dikeluarkan lewat plasenta.

Sesudah bayi lahir, seharusnya sang bayi sudah dapat mengeluarkan bilubirin yang ada didalam tubuhnya sendiri. Apabila tidak dikeluarkan, maka bilirubin akan semakin banyak dan menumpuk didalam tubuh bayi sehingga sang bayi akan mengalami hiperbilirubin.

Penumpukan bilirubin ditandai dari putih mata yang berwarna kuning dan pada kulit bayi yang baru saja lahir. Gejala-gejala lain yang nampak kelihatan adalah selaput lendir, gusi, dan mata yang berwara kuning, bayi yang kurang dengan menyusu asi dari ibu nya, air kencing berwarna kuning tua, rewel, bayi merasa lemas, dan sering mengantuk.

Bayi yang ukuran bilirubinnya tinggi itu biasanya akan mengantuk terus menerus, tidak bisa menghisap, matanya pun berputar kebagian atas dan pada badannya akan melengkung.

Penjelasan Bilirubin

bilirubin adalah
republika.co.id

Bilirubin ialah pigmen kuning yang terdapat didalam urine, darah, dan kotoran manusia. Pigmen ini asal mulanya berasal dari sel-sel darah merah yang tak berfungsi/mati dan pecah. Terkadang kekuatan pada bilirubin ini melibihi dari batas-batas normal sampai-sampai bisa mengakibatkan berbagai macam gejala dan tanda-tanda yang bisa kita lihat, yaitu bagian putih pada bola mata akan berubah menjadi kuning.

Bilirubin dibikin didalam tubuh ketika sel-sel pada darah yang sudah tua dan terpecah. Pemecahan pada sel darah merah yang tua itu ialah proses-proses pemecahan secara normal ketika sang bayi sudah memasuki usia 120 hari.

Bilirubin yang didapatkan dari hasil pemecahan eritrosit lalu menuju kedalam hati melewati aluran-aluran darah. Didalam hari, bilirubin ini di proses kemudian dipindahkan ke dalam saluran-saluran empedu dan disimpan didalam kantong empedu.

Pada akhirnya, bilirubin yang didalam cairan empedu dikeluarkan ke usus-usus kecil untuk dalam pencernaan lemak dan dipindahkan juga ke daerah tinja (Kotoran) sehingga feses atau tinja (Kotoran) kita berwarna kuning.

Bilirubin ini terdapat 2 jenis yang ada pada aliran darah yaitu: Bilirubin yang telah diolah didalam hat dan mempunyai kandungan gula disebetul “bilirubin direct, dan pada sisi-sisi lain, bilirubin ini tanpa adanya gula disebut “Indirect bilirubin”.

Total semua jumlah bilirubin pada darah disebut dengan sebutan “bilirubin total?

Tes bilirubin didalam darah akan mendapati perhitungan-perhitungan yang akurat dari ketika jenis bilirubin tersebut: Indirect, direc dan total.

Gelaja/Indikasi Pemeriksaan Bilirubin

bilirubin adalah
penyakitkuning.com

Pemeriksaan pada bilirubin paling kerap dilakukan untuk memeriksa adanya kerusakan pada hato, karena bagian-bagian/organ inilah yang memproses dan mengeluarkan bilirubin dari dalam tubuh melewati feses dan sebagian lagi melewati air kencing.

Apabila hati mendapati kerusakan maka proses pembuangan bilirubin ini tidak akan berjalan dengan lancar, dan akan mengakibatkan bilirubin menumpuk jadi banyak dan tumbuh berwarna kuning pada bagian kulit dan dibagian putih mata.

Terjadinya warna kuning ketika banyaknya eritrosit-eritrosit yang pecah, contoh kecil misalnya akibat malaria talasemia, anemia hemolitik, dan lain-lain sebagainya dimana hati tidak memiliki kemampuan untuk mengolahnya dan mengeluarkannya

Bayi yang baru lahir kerap mendapai ikterus ringa, yang mana ikterus ringan tersebut bisa diakitabkan oleh perubahan yang normal pada metabolisme bilirubin atau bisa menjadi tanda-tanda pertama dari masalah kedokteran (medis).

Apabila ketika bayi lahir kekuatan bilirubin sudah terlalu tinggi , maka bilirubin yang ada didalam tubuh bayi ini akan dipantau/diawasi terus menerus hingga fungsi hati kembali membaik dan dapat berfungsi normal seperti pada fungsi-fungsi biasanya.

Apabila terjadi penyakit kuning kepada bayi yang baru saja lahir, penyakit kuning pada bayi itu dapat sangat serius dan akan mengancam kepada kehidupan sang bayi apabila tidak langsung ditangani oleh medis dengan benar.

Cara Pemeriksaan Bilirubin pada Darah

bilirubin adalah
quantumresonanceversiindonesia.blogspot.co.id

Dibutuhkan sejumlah kecil untuk melakakan ters bilirubin pada tubuh ini. Contoh darah bisa didapatkan melalui fungsi vena, dimana jarum suntik akan di masukkan kedalam pembuluh darah melewati kulit di bagian lengan untuk mengambil darah, lalu darah tersebut akan di taruh pada suatu tabung.

Sebaiknya kalian jangan dulu makan dan minum apapun selain meminum air putih selama empat jam lamanya sebelum pengambilan darah dilakukan. Mungkin kalian juga harus berhenti sejenak dalam mengkonsumsi obat tertentu sebelum dimulainya pengecekan, namun hanya satu catatan saja yaitu apabila seorang dokter memberitahu kalian untuk melakukannya.

Contoh obat yang bisa mempengaruhi kekuatan bilirubin termasuk antibiotik misalnya seperti penisilin G, seperti fenobarbitar (Obat penenang), seperti furosemide, dan yang terakhir adalah obat asma seperti teofilin.

Tulisan obat diatas itu hanya beberapa obat saja, dan sebenarnya masih banyak obat-obat lainnya yang bisa memepengaruhi kekuatan pada bilirubin, sebaiknya sebelum dimulainya tes bicarakan terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui apakah kalian harus berhenti mengkonsumsi obat atau terus mengkonsumsi obat.

Kekuatan Bilirubin Normal untuk Umum

bilirubin adalah
sikkahoder.blogspot.co.id

Utuk anak-anak dan orang yang sudah dewasa, nilai kadar normal bilirubin direk ialah 0-0.4 mg/dL. Nilai kadar normal bilirubin total ialah 0,3-1,0 mg/dL. Untuk bayi yang baru saja lahir, kadar bilirubin tinggi ialah normal, karena bawaan stres ketika lahir.

Bilirubin normal untuk bayi yang baru saja lahir akan berada di ukuran dibawah 5 mg/dL, akan tetapi banyak juga bayi yang baru saja lahir mempunyai beberapa sepesies penyakit kuning dan terdapat bilirubin di atas 5 mg/dL.

Kekuatan Bilirubin Tinggi untuk Orang Dewasa

bilirubin adalah
alodokter.com

Ketika dokter menjumpai hasil pemeriksaan pada bilirubin yang tinggi, maka dokter akan melakukan pemeriksaan pada darah melalui USG. Untuk orang yang sudah dewasa, bilirubin tinggi mungkin dikarenakan adanya masalah pada hati, kantung empedu, dan saluran empedu.

Contohnya:

  • Batu empedu.
  • Kanker prangkeas atau empedu.
  • Sirosir, jaringan parut pada hati.
  • Toksisitas obat
  • Penyakit Hepatitis
  • Sitrikur, bagian dari saluran empedu yang sempit sehingga aliran tersebut terhambat.
  • Penyakit genetik yang mempengaruhi beberapa keluarga.

Demikian penjelasan tentang Bilirubin Adalah, mudah-mudahan adanya pembahasan ini bisa lebih bermanfaat lagi bagi kita semua untuk menjaga kesehatan untuk kedepannya.

 

Leave a Comment