Bintik Merah pada Gejala Demam Berdarah dan Cara Menyembuhkannya

BINTIK MERAH DEMAM BERDARAH – Penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Setiap tahunnya, penyakit ini menjangkiti ribuan orang di seluruh Indonesia. Dengan adanya kenyataan ini, sudah sepatutnya bagi kita untuk mengenali gejala dan ciri-ciri demam berdarah, contohnya bintik merah demam berdarah.

Gejala dan Tanda-tanda Demam Berdarah

sumber: dedaunan com

Di bawah ini gejala tanda-tanda Demam Berdarah yang perlu  anda perhatikan:

Bintik Merah Demam Berdarah

sumber: lintassulsel.com

Bintik merah demam berdarah ini merupakan tanda yang biasanya dijumpai pada penderita demam berdarah, terutama pada anak-anak.

Kendati demikian, gejala DBD ini masih sering masih sering disalahartikan dengan gejala penyakit lainnya seperti campak. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan dalam membedakan antara bintik merah tanda-tanda dbd dengan gejala penyakit yang lainnya.

Cara membedakan bintik merah ciri-ciri demam berdarah sebagai berikut:

Menurut Dokter Widodo Judarwanto, seorang Dokter Spesialis Anak, ruam merah pada orang yang diduga terjangkit Demam Berdarah, biasanya timbul pada bagian muka, leher dan dada.

Ruam merah tersebut kemudian akan mulai memudar seiring memasuki hari ke-4 dan ke-5. Ruam ini biasanya akan hilang di hari ke-6. Bintik pada kulit bayi juga harus diwaspadai mengingat daya tahan tubuh pada bayi lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa.

Hal ini berbeda dengan penyakit campak, di mana ruam pada penyakit campak biasanya timbul pada hari ke-3. Ruam akan bertambah banyak pada hari ke-6 dan ke-7.

Kemudian berubah warna jadi kehitaman dan bertahan selama seminggu.Bintik merah akan tetap terlihat, walaupun kulit direnggangkan.

Naiknya Suhu Tubuh

sumber: familinia.com

Gejala DBD juga sering kali ditandai pula dengan naiknya suhu tubuh yang terjadi secara mendadak. Hal inilah yang dapat membedakan antara bintik merah demam berdarah dengan bintik merah karena hal lain. Naiknya suhu tubuh ini dapat mencapai 41 derajat celcius.

Hilang Nafsu Makan

sumber: socialh.com

Seseorang yang terjangkit demam berdarah biasanya kehilangan nafsu makannya. Nafsu makan yang menurun uini dapat memperparah kondisi penderita, karena kurangnya asupan gizi sebagai penguat pada imun tubuh.

Tubuh Menggigil dan Badan Lemas

sumber: quierocambiarmisventanas.com

Hal ini terjadi biasanya disertai dengan syok (fase kritis) yang dipercepat oleh kondisi kekurangan cairan. Dalam kondisi ini, terjadi penurunan trombosit yang mengakibatkan kelainan pada pembuluh darah (pendarahan).

Fase kritis inilah yang  menjadi penyebab utama kematian pada penderita demam berdarah. Penanganan yang cepat dan tepat sangat ditekankan di dalam fase ini. Penanganan disertai dengan pemeriksaan laboratorium segera setelah mengalami panas tinggi hingga 3 hari berturut-turut.

Nyeri sendi, Otot, dan Tulang

sumber: BlueprintFitnessaltanta.com

Penderita demam berdarah akan merasakan nyeri pada bagian sendi, otot, dan tulangnya, hal ini terjadi karena virus yang sudah mulai menyebar di bagian-bagian tubuh tersebut.

Mual-mual dan Muntah

sumber: ilmubayoe.blogspot.com

Salah satu reaksi yang ditimbulkan dari gejala demam berdarah adalah terjadinya mual-mual. Virus yang mulai menyerang mengakibatkan kondisi tubuh tidak stabil. Biasanya mual-mual akan diijkuti dengan muntah.

Di fase ini, usahakan penderita memperbanyak meminum air. Hal ini sangat penting untuk tetap menjaga cairan tubuh tetap pada jumlah yang semestinya, sehingga kondisi tidak semakin drop. Dianjurkan untuk di bantu dengan melakukan infus, guna membantu peningkatan cairan tubuh.

Nyeri pada Bagian Belakang Mata

sumber: iqacademy.nl

Nyeri pada bagian mata merupakan salah satu gejala demam berdarah yang sering terjadi. Biasanya nyeri pada bagian mata ini terjadi ketika mata dipejamkan atau ditekan.

Nyeri pada Bagian Tengkuk

sumber: elcorreodelsol.com

terjadinya nyeri pada bagian tengkuk biasanya terjadi karena terjadi pembengkakan. Hal ini berkaitan dengan virus yang menyerang pada sel darah merah, sehingga berpengaruh pada bagian tubuh tempat beredarnya darah yang lainnya.

Feses Mengeras dan Berwarna Hitam

sumber: karenkamal.com

Gejala demam berdarah ini mulai terlihat apabila trombosit sudah mulai rendah, dan berada di bawah ambang normal (150 ribu – 500 ribu).

Cara Menyembuhkan Demam Berdarah Tanpa Opname

sumber: cookingdetective.com
  • Perbanyaklah minum air putih. Minimal minumlah 20 gelas sehari (gelas ukuran 250 ml), guna meminimalisir kemungkinan terjadinya dehidrasi lebih banyak lebih baik.
  • Minumlah obat penurun panas yang mempunyai kandungan Paracetamol.
  • Perbanyak meminum jus jambu merah. Jambu merah terkenal dengan kemampuannya dalam meningkatkan trombosit dalam darah, bisa juga menggunakan daun jambu, tetapi dengan rasa yang lebih pahit dan hambar.
  • Memakan makanan dengan kandungan gizi yang tinggi. Sekalipun biasanya nafsu makan akan menurun. Tetapi makanan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membantu pemulihan penderita demam berdarah.
  • ambang normal (150 ribu – 500 ribu).Minumlah sari kurma yang biasanya sudah banyak dijumpai di apotek-apotek.

Demikianlah gejala dan tanda-tanda demam berdarah, seperti bintik merah demam berdarah, hilang nafsu makan, dan sebagainya. Kami cantumkan pula cara menyembuhkan demam berdarah agar pembaca sekalian dapat menangani dan mengantisipasi dengan cepat terjadinya demam berdarah.

Leave a Comment