Bisul Di Ketiak dan Pantat, Penyebab dan Cara Mengatasinya

BISUL DI KETIAK DAN PANTAT, PENYEBAB DAN CARA MENGATASINYA – Bisul merupakan sekumpulan nanah berwarna kekuningan (neutrofil mati) yang terjadi akibat infeksi terhadap diakibatkan karena benda-benda asing seperti kotoran debu, bakteri, parasit atau juga bisa diakibatkan oleh makanan tertentu yang dapat mengakibatkan timbuhnya bisul pada kulit.

Bisul bisa terjadi karena ketahanan tubuh yang lebah dalam mengatasi  menyebarnya benda asing di dalam tubuh terutama pada tempat tumbuhnya bisul.

Benda atau objek asing yang masuk dalam tubuh dapat membunuh sel yang ada di sekitarnya dan memacu keluarnya toksin.

Toksin dapat mengakibatkan peradangan pada kulit, sel darah putih mengalir menuju kulit yang terkena bisul kemudian mengalirkan aliran darah namun mengendap pada kulit tempat tumbuhnya bisul.

Bisul biasanya banyak dialami oleh balita dan anak-anak, hal ini disebabkan karena anak-anak senang bermain mainan yang berdebu dan kotor. Bisul juga bisa terjadi akibat infeksi dan keadaan lingkungan sekitar yang kotor.

Lingkungan kotor sangat berpengaruh terhadap penyebab bisul karena bakteri akan menempel pada kulit dan menginfeksinya, oleh karena itu, kulit yang terinfeksi akan menjadi bisul.

Kulit yang lembab memiliki resiko yang lebih besar terkena bisul, karena kulit yang lembab merupakan tempat yang banyak mengandung kuman dan berpotensi tinggi terjadi infeksi.

Bisul di Ketiak

bisul di ketiak
bisul di ketiak
| youtube.com

Bisul yang mucul di bagian tubuh tertentu seperti ketiak, biasanya disebabkan oleh bakteri stafilokukus yang dapat menyerang siapa saja.

Bisul di ketiak biasanya banyak dialami oleh bayi dan anak-anak, namun orang dewasa juga harus waspada, karena orang dewasa juga bisa terkena bisul di ketiak yang cukup merepotkan.

Efek yang ditimbulkan dari bisul di ketiak bisa bermacam-macam, beberapa efek yang terjadi seperti demam hingga yang paling berat adalah mengalami kangker.

Oleh sebab itu, gejala-gejala penyebab timbulnya bisul harus kita ketahui sejak dini supaya bisa kita obati sebelum bisul menjadi parah.

Penyebab Bisul di Ketiak

penyebab bisul ketiak
reference.com

Setiap penyakit yang muncul pada tubuh, pasti memiliki sebab-sebab yang membuat penyakit tersebut bisa terjadi, beberapa penyebab munculnya bisul di ketiak yaitu :

  • Inveksi Virus, vius-virus yang menginveksi seperti Herpes zoster, virus HIV ataupun cacar air yang menghasilkan kelenjar getah bening hingga membentuk benjolan (bisul).
  • Pemakian deodoran, juga ikut andil dalam menyumbang timbulnya bisul pada ketiak, karena bahan kimia dalam deodoran dapat memberikan efek negatif pada tubuh jika dipakai dalam jangka waktu yang lama.
  • Reaksi alergi terhadap sulfat, yodium, penisilin, dan obat-obat lainnya dapat menyembabkan kelenjar getah bening mengalami pembesaran.
  • Kangker payudara yang terjdi pada laki-laki maupun perempunan, berpotensi mengakibatkan benjolan kangker.
  • Infeksi bakteri dapat terjadi karena menumpuknya bakteri dan sel-sel kulit mati yang masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori serta folikel rambul.

    Contohnya, ketika kita mencabut atau mencukur bulu ketiak dan terjadi luka pada kuit, saat itulah bakteri bisa masuk dan dapat menyebabkan timbulnya bisul.

Cara Mengobati Bisul di Ketiak

rjshipnoterapisolo.com

Bisul di ketiak bisa diberi penanganan sesuai dengan faktor-foktor yang menyebabkan terjadinya bisul, bahkan pengobatan bisa dilakukan tanpa menggunakan obat bisus ketika gejala yang dilakukan cukup ringan.

Bisul yang disebabkan oleh infeksi kuman, bisa diatasi dengna menusuk atau menyayat bagian bisul dan dikeluarkan nanahnya, kemudian diperban yang sebelumnya sudah diberi anti septik.

Cara lain mengobati bisul ringan adalah dengan mengompres bagian kulit yang terkena bisul, setelah bersih, bisul dioles menggunakan krim antik septik serta diperban.

Anda juga bisa mengolesinya dengan minyak pohon teh karena minyak ini mengandung anti septik yang dapat mengurangi infeksi pada bisul.

Bisul di Pantat

bisul pada pantat
ilustrasi | telegraph.co.uk.jpg

Bisul yang sering terjadi di daerah pantat adalah bisul Karbunkel atau Furunkel. Bisul ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri Staphilococcus aureus yang disebut juga dengan Pioderma. Ada juga yang dinamakan dengan dermatitis gerpetiformis, merupakan bisul yang diakibatkan oleh alergi.

Ada juga bisul yang dinamakan sinus pilondidal atau kista. Bisul ini biasa terjadi di area lipatan pantat. Hal ini terjadi karena tekanan dari rambut kulit ke dearah dalam, apabila tekanan sampai di jaringan yang lebih dalam, tubuh menganggapnya sebagai benda asing.

Tubuh akan melakukan pertahanan terhadap benda asing tersebut sehingga terbentuk kantung dari bisul (disebut kista).

Penyebab Bisul di Pantat

penyebab bisul pantat
nytimes.com

Bisul yang terjadi pada pantat diakibatkan oleh beberapa sebab-sebab berikut :

  1. Infeksi langsung oleh bakteri
  2. Diabetes melitus
  3. Duduk di sembarang tempat
  4. Jarang mengganti pakaian atau dalaman
  5. Kurang menjaga kebersihan kulit sekitar pantat
  6. Alergi gluten
  7. Trauma atau luka
  8. Menggaruk kulit sekitar pantat
  9. Gigitan serangga
  10. Sering berkeringan atau kulit lembab
  11. Ketidak semimbangan hormon
  12. Terlalu lama duduk

Cara Mengobati Bisul di Pantat

Biopsi adalah
hellosehat.com

Penanganan yang bisa dilakukan untuk mengobati bisul di pantat adalah :

  1. Mengompres dengan air hangat pada wilayah bisul sebanyak 3 kali sehari selama kurang lebih 15 menit.
  2. Apabila bisul pecak dan mengeluarkan nanah, bersihkan tertebih dahulu nanah yang keluar dengan kapas atau kain kasa yang steril, dan gunakan antisepti seperti rivanol atau merek yang lainnya, hal ini bertujuan untuk menyerap nanah dan mengurangi terjadinya infeksi yang mungkin terjadi.
  3. Jika Anda tidak alergi terhadap obat, Anda bisa mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol  sehingga Anda tidak merasakan nyeri pada daerah kulit yang terkena bisul.

Demikian pembahasan mengenai bisul di ketiak dan pantat, peneyebab dan cara mengatasinyasemoga bermanfaat bagi Anda dan memudahkan Anda untuk mendapatkan kesembuhan.