ibu hamil tidak boleh mengonsumsi Baquinor Forte

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan dan Minum Kopi?

BOLEHKAH IBU HAMIL MAKAN MIE INSTAN DAN MINUM KOPI – Ketika sedang hamil, sebaiknya ibu memperhatikan benar-benar makanan yang dikonsumsinya. Makanan harus kaya akan gizi dan nutrisi agar dapat mampu menunjang pertumbuhan janin.

Selain makan-makanan yang sehat, ibu hamil juga tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan yang bisa membahayakan kesehatan janin. Tidak hanya makanan, ibu hamil juga juga harus berhati-hati saat hendak meminum obat. Dikarenakan beberapa obat mengandung zat kimia yang berbahaya bagi janin.

Biasanya timbul pertanyaan “Bolehkah ibu hamil makan mie instan dan minum kopi?”. Pertanyaan seperti sering muncul dikarenakan dikarenakan sebelum hamil, biasanya sering makan mie dan minum kopi. Sehingga merasa sulit jika harus meninggalkan kebiasaan tersebut.

Pada hakekatnya tidak ada larangan untuk makan mie instan dan minum kopi bagi ibu hamil. Namun, terlalu sering mengonsumsi mie instan dan kopi dapat berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Karena apabila terlalu berlebihan, zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya akan mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin.

Lantas, bolehkah ibu hamil makan instan dan minum kopi? Agar lebih jelas simak pembahasan di bawah ini. Pada sub-judul di bawah akan dibahas mengenai bahaya-bahaya makan mie instan dan minum kopi bagi ibu hamil. Selanjutnya dibahas juga cara mengonsumsinya agar aman dan tidak berbahaya bagi ibu hamil.

Bahaya Minum Kopi Bagi Ibu Hamil

BOLEHKAH IBU HAMIL MAKAN MIE INSTAN DAN MINUM KOPI
pixabay.com

Salah satu hal yang menyebabkan kopi menjadi berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil adalah adanya kandungan kafein. Kafein yang terkandung di dalam kopi dan teh bisa membuat detak jantung dan metabolisme tubuh meningkat.

Selain itu, kafein dapat dengan mudah menembus ke dalam plasenta ibu hamil, sehingga akan mempengaruhi detak jantung janin.

Menurut Lembaga Kesehatan New South Wales (NSW Health) bahwa perempuan yang sedang hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg setiap hari. Hal tersebut kira-kira sama dengan 2 cangkir kopi atau 4 gelas teh. Namun, jumlah kafein di dalam setiap kopi bergantung pada jenisnya.

Selain kafein ada juga zat-zat berbahaya lainnya yang terkandung di dalam kopi, yaitu:

  1. Putrescine, zat ini mampu mempercepat proses pembusukan pada daging, meskipun kadarnya sangat kecil tapi terlalu sering minum kopi maka akan terus menumpuk di dalam tubuh.
  2. Ethypenol merupakan zat yang menyebabkan bau khusus ketika seseorang bangun tidur.
  3. Quinic Acid menjadikan kopi teras lebih asam dan kadarnya berbeda-beda tergantung jenisnya, sehingga orang yang maag tidak dilarang minum kopi.
  4. Dimethyl Disulfide membuat nafas menjadi bau.
  5. Niacin, jika di dalam tubuh kita terdapat banyak zat ini akan menyebabkan gagal hati akut.
  6. Trigonelline merupakan zat yang membuat kopi memiliki ras manis meskipun tidak memakai gula. Rasa manis ini kurang diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Zat-zat berbahaya dalam kopi bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan orang yang meminumnya. Sehingga ibu hamil tidak boleh terlalu berlebihan mengonsumsi kopi. Adapun bahaya yang bisa ditimbulkan kopi adalah sebagai berikut:

  1. Keguguran.
  2. Mengurangi asupan gizi ke janin, sehingga bayi lahir dengan bobot yang rendah.
  3. Kematian Bayi.
  4. Ibu hamil mengalami gangguan lambung, karena naiknya asam lambung.
  5. Mengalami Anemia, karena kafein menghambat proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

Cara Minum Kopi Bagi Ibu Hamil

BOLEHKAH IBU HAMIL MAKAN MIE INSTAN DAN MINUM KOPI
mountainstrongdenver.com

Agar terhindar dari bahaya minuman kopi bagi ibu hamil, batasi konsumsi kopi atau sebaiknya tidak meminumnya sama sekali. Seperti yang dijelaskan sebelumnya konsumsi kafein bagi ibu hamil adalah 200 mg. Adapun umumnya jumlah kafein yang terkandung di dalam berbagai jenis minuman adalah sebagai berikut:

  • 60-200 mg kafein = 1 cangkir kopi seduh.
  • 140 mg kafein = 1 cangkir kopi saring.
  • 100 mg kafein = 1 cangkir kopi instan.
  • 40 mg kafein =1 botol soda.
  • 75 mg kafein = 1 cangkir teh.
  • 25-50 mg kafein = 50 g cokelat

Untuk itu, perhatikan kandungan kafein dalam teh, kopi, cokelat yang tertulis pada kemasan.

Bahaya Makan Mie Instan Bagi Ibu Hamil

BOLEHKAH IBU HAMIL MAKAN MIE INSTAN DAN MINUM KOPI
pixabay.com

Cobalah lihat komposisi dibagian kemasan mie instan, Anda dapat mengetahui bahan dasar dari mie instan adalah tepung dengan bumbu berupa garam, minyak, cabai, dan biasanya juga ada sayuran kering. Sedangkan untuk agar mie menjadi kenyal digunakan natrium polifosfat.

Selain itu terdapat juga monosodium glutamate (MSG) atau biasa disebut vetsin yang membuat mie bisa menjadi begitu gurih dan nikmat di lidah. Berdasarkan komposisi tersebut maka mie instan mengandung karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, B1, B6, C, B12, asam folat, kalsium serta zat besi.

Dimana semua zat gizi tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Namun jumlahnya kurang untuk mencukupi kebutuhan gizi bagi ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mendapat  nutrisi dan gizi tambahan dengan makan makanan segar seperti sayur, buah dan lainnya.

Salah satu bahaya mie instan adalah adanya kandungan sodium cukup tinggi, terutama di dalam bumbunya. Coba saja lihat komposisi kebanyakan mie instan yang di konsumsi di Indonesia. Pada kemasan tertulis memiliki kandungan sodium lebih dari 1.000 mg.

Padahal asupan garam atau sodium yang dianjurkan setiap hari untuk orang dewasa berusia di bawah 50 tahun, yaitu kurang dari 2.300 mg per hari. Apalagi, bila Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit ginjal kronis, maka konsumsi garam dianjurkan kurang dari 1.500 mg per hari.

Istilah garam pada kemasan makanan ditulis dalam berbagai nama, diantaranya adalah sodium alginate, sodium ascorbate, sodium bicarbonate, sodium benzoate, sodium cloride, sodium saccharin, dan monosodium glutamate (MSG).

Cara Makan Mie Instan Bagi Ibu Hamil

BOLEHKAH IBU HAMIL MAKAN MIE INSTAN DAN MINUM KOPI
qraved.co

Jadi mengonsumsi mie instan bagi ibu hamil boleh-boleh saja, namun alangkah lebh baik dikurangi dan memperbanyak makan-makanan segar. Agar dapat dengan tenang dan aman mengonsumsi mie instan terdapat beberapa cara untuk makan mie instan bagi ibu hamil.

  1. Rebus mie dengan menggunakan air dengan jumlah dua kali lebih banyak dari biasanya, lalu tiriskan mie dan buang airnya. Jika mie kuah maka gunakan air baru yang sudah dipanaskan agar rasanya tetap sama.
  2. Gunakan hanya setengah bumbu mie instan.
  3. Tambahkan dengan bahan makanan yang lain seperti sayuran, tomat, ayam, telur, dan ikan agar semakin bergizi.
  4. Sebaiknya tidak menggunakan wadah plastik saat megonsumsi mie instan karena khawatir lelehan plastik tercampur ke dalam makanan.
  5. Jangan menggunakan garam tambahan.
  6. Jangan mengonsusmi mie instan setiap hari, minimal 2 kali setiap 1 minggu.

Setelah mendapat penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil makan mie instan dan minum kopi, sebaiknya mulai untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan kandungannya. Jangan hanya demi memuaskan lidah sehingga lupa dengan kebutuhan gizi janin.

Kehamilan menjadi momen yang ditunggu-tunggu dan membuat siapa saja menjadi bahagia. Agar kebahagian tersebut tetap terjaga, perhatikan pola makan dan memilih dengan baik makanan yang akan dikonsumsi. Demikian artikel tentang bolehkah ibu hamil makan mie instan dan minum kopi, semoga bermanfaat. Salam.

Leave a Comment