Buah Bit Beserta Kandungan dan Khasiat yang Dahsyat Padanya

BUAH BIT –  Anda tahukan, apa itu buah bit dan apa manfaat dari buah bit? Sebagaimana yang telah anda kenal tentang buah bit yang terdapat di pasar maupun dimana saja. Anehnya, buah bit ini dikategorikan dalam umbi-umbian. Buah ini mempunyai akar yang biasanya dipakai untuk bahan-bahan herbal.

Adapun buahnya, biasanya dibuat menjadi minuman entah itu jus ataupun yang lainnya. Namun, buah bit juga bisa dimanfaatkan untuk masker wajah yang mampu memberikan kesehatan untuk wajah anda, serta bisa juga dibuat menjadi sup, ataupun dibuat menjadi salad.

Nah, supaya pembahasan mengenai buah bit lebih jelas dan detail maka simak ulasan-ulasan mengenai kandungan yang terdapat buah bit serta manfaat dan khasiat pada buah tersebut. mari kita kupas tuntas sedetail-detailnya.

Kandungan Buah Bit

Buah Bit
wajoo.blogspot.co.id

Buah bit merupakan buah yang mempunyai banyak nutrisi dan mineral, antara lain tembaga, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, protein, triptofan, karbohidrat, dan juga kaya antioksidan. Selain itu, vitamin yang terdapat pada buah bit juga banyak, semisal vitamin C, vitamin A, vitamin B6, vitamin B9 dan lainnya.

Dalam kandungan folat dan vitamin tersebut sangat penting dan berkhasiat bagi ibu yang sedang hamil serta janin yang masih di dalam kandungan. Namun, secara hitungan persentase dan garis besarnya bisa dilihat pada rincian berikut;

  1. Manfaat asam folat sebesar 34% yang terdapat pada buah bit, mampu mengganti dan menumbuhkan sel yang rusak, serta mampu menunjang perkembangan otak pada janin.
  2. Manfaat kalium sebesar 14,8%, bermanfaat untuk menyehatkan organ pencernaan serta melancarkan proses pencernaan pada tubuh.
  3. Manfaat vitamin sebesar 10,2% pada buah bit mampu menjaga daya tahan pada tubuh serta merangsang pembentukan sel baru.
  4. Manfaat Magnesium sebesar 9,8% pada buah bit mampu menjaga fungsi dari otot serta sistem syaraf.
  5. Manfaat Zat besi sebesar 7,4% pada buah bit mampu membantu metabolisme energi serta mengikat oksigen pada darah.
  6. Manfaat tembaga sebesar 6,5% pada buah bit, mampu membentuk sel darah merah.
  7. Manfaat Triptofan sebesar 1,4% pada buah bit, sebagai pendukung pertumbuhan anak dan bisa mempercepat pemulihan saat sakit.
  8. Manfaat Fosfor sebesar 6,5% pada buah bit berfungsi sebagai penguatan tulang.
  9. Manfaat Serat sebesar 13,6% pada buah bit mampu melancarkan proses pencernaan serta menyehatkan organ pencernaan.
  10. Manfaat Betasianin pada buah bit dapat mencegah munculnya sel kanker.
  11. Manfaat Caumarin pada buah bit dapat mencegah munculnya sel tumor.

Nah, itulah secara garis besar persentase manfaat dan kandungan yang terdapat pada buah bit.

Manfaat Buah Bit

Buah Bit
greateasternlife.com

Buah bit mempunyai manfaat sera khasiat yang cukup banyak. Dengan kandungan nutrisi dan mineral dari buah tersebut mampu mencegah dan mengobati beberapa penyakit yang sedang maupun yang serius. Berikut manfaat dan khasiat yang terdapat pada buah bit untuk mengatasi penyakit;

1. Penstabil Tekanan Darah

dalam buah bit yang terkandung banyak nutrisi dan mineral mampu menstabilkan tekanan darah sehingga terhindar dari penyakit hipertensi. Hal tersebut sudah terujii dan sudah diteliti oleh Barts and London School of Medicine dan Peninsula Medical School. Mereka menyarankan untuk mengkonsumsi buah bit ini untuk penstabil tekanan darah.

Mengkonsumsi buah bit tersebut dengan cara dibuat minum, yaitu dibuat jus. Kandungan nitrat yang terdapat padanya lah yang membuat otot menjadi rileks  sehingga tekanan darah menjadi stabil.

2. Penurun Kadar Kolestrol

Khasiat yang lain dari buah bit adalah menurunkan kolesterol yang terdapat pada tubuh kita. Walaupun kolesterol tidak terlalu bahaya untuk kesehatan kita, hal itu tak boleh kita abaikan begitu saja. Untuk menjaga keseimbangan tubuh dan supaya kolesterol pada darah kita tetap stabil, konsumsi buah bit di setiap hari anda.

3. Pembersih Kantong Empedu dan Ginjal

Manfaat yang lain dari nutrisi dan mineral buah bit yaitu adalah membersihkan kantong empedu serta membersihkan ginjal. Bahkan buah bit juga mampu menetralkan racun yang terdapat dalam tubuh. Dalam penyaringan racun yang dilakukan oleh ginjal dan kantung empedu, buah bit juga berperan membantu ginjal dan kantung empedu. Sehingga kerja dari ginjal dan kantung empedu lebih efektif.

4. Pencegah dan Mengobati Anemia

Salah satu kandungan pada buah bit yaitu zat besi, berfungsi untuk mengatasi penyakit anemia. Selain berfungsi untuk mengatasi anemia, zat besi juga dapat membantu pembentukan sel darah merah serta membantu pengedaran oksigen ke seluruh tubuh.

5. Pencegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke biasanya disebabkan oleh penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Karena jika penumpukan kolesterol pada pembuluh darah terjadi, pembuluh darah akan menjadi sempit dan bahkan pembuluh darah bisa pecah sewaktu-waktu. Dengan adanya kandungan kalium pada buah bit, mampu memperlebar pembuluh darah, dab bahkan buah bit juga bisa menurunkan kolesterol dalam darah.

6. Penyembuh Penyakit Tumor dan Kanker

Manfaat salah satu dari kandungan buah bit yaitu kandungan antioksidan mampu membasmi sel tumor dan kanker dalam tubuh. Jadi buah bit mampu dijadikan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit berat yaitu kanker dan tumor.

7. Mampu Menjaga Kesehatan Hati

Buah bit mampu menjaga kesehatan hati dalam tubuh kita, walaupun belum dilakukan penelitian secara khusus. Karena kandungan pada buah bit mampu mengurangi timbunan lemak yang menjadikan organ hati bisa berfungsi dan berjalan secara normal dan sehat.

8. Pelancar Proses Pencernaan

Khasiat lain dari buah bit ini adalah mampu melancarkan proses pencernaan tubuh. Kandungan serat yang melancarkan pencernaan dengan maksimal serta menjaga organ pencernaan. Dengan kandungan serat, sisa makanan dan racun akan terbawa keluar dalam bentuk feses.

9. Memberi Kesehatan Mata

Buah bit juga mampu menjaga kesehatan mata. Yaitu menjaga dari gangguan polusi, dan racun yang dapat mempengaruhi kesehatan mata.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan mengkonsumsi buah bit yaitu dengan dibuat menjadi minuman (jus), buah bit sangat bagus untuk menjaga dan merawat kesehatan jantung anda. Hal ini sudah dilakukan dengan penelitian di Inggris, bahwa dengan mengkonsumsi segelas jus buah bit dapat membantu kesehatan jantung.

11. Pencegah Alergi, Radang dab Iritasi

Alergi, radang, ataupun infeksi sering menimpa seseorang disebabkan adanya bakteri dan virus yang berada dimana-mana. Namun, hal itu dapat diatasi dan cegah dengan  mengkonsumsi buah bit. Karena kandungan antioksidan pada buah tin serta anti inflamasi mampu mencegah virus-virus radikal..

12. Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan dapat anda lakukan dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi buah bit. Dengan kandungan karbohidrat dan lemak serta kalori yang rendah, mengkonsumsi buah tersebut secara rutin akan membantu proses diet anda.

13. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C pada buah bit berkhasiat untuk menyangkal virus-virus radikal bebas. Serta bisa menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terkena sakit.

14. Mengatasi Sembelit

Kurang lancarnya pencernaan menjadi penyebab sembelit. Namun, jangan terlalu khawatir untuk mengatasinya. Buah tin mampu mengatasi sembelit, yaitu dengan kandungan serat sehingga saluran pencernaan bisa lancar dan tidak terhambat.

15. Menjaga Fungsi Otot Serta syaraf

Kandungan magnesium yang terdapat pada buah bit mampu menjaga esehatan otot serta syaraf. Oleh karena itu, buah bit dianjurkan untuk dikonsumsi supaya syaraf dan otot tetap sehat dan kuat.

16. Mengobati Diabetes

Fungsi dan khasiat pada buah bit yang lain adalah mampu mengobati penyakit diabetes. Hal tersebut dilakukan dengan cara perangsangan dan peningkatan produksi insulin dari buah bit. Selain itu, kandungan antioksidan asam alpha-lipoic pada buah bit juga mampu menurunkan kadar gula maupun glukosa dalam darah.

17. Menguatkan Stamina Tubuh.

Untuk menjaga kesehatan dan menambah stamina tubuh anda, anda bisa konsumsi buah bit, karena buah bit mengandung karbohidrat yang akan menghasilkan stamina dan energi yang cukup besar. Oleh karena itu, jika anda mengkonsumsi buah bit, maka energi dan stamina anda akan lebih kuat dan besar.

18. Menghasilkan Sel Darah Merah yang Banyak

Jika seseorang kekurangan darah, otomatis badan dia akan terasa lemas dan kepala pun terasa pusing. Namun, hal itu dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah bit. Karena buah bit mampu menghasilkan dan membantu meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh.

19. Pewarna Rambut

Buah bit selain digunakan untuk minuman, buah ini juga digunakan untuk pewarna rambut. Pemakaian buah bit sebagai pewarna rambut tidak akan mengurangi nutrisi rambut. Bahkan pemakaian pewarna rambut yang mengurangi nutrisi rambut dengan menggunakan bahan kimia. Dengan bahan alami mewarnai rambut, yaitu dengan menggunakan buah tin tidak akan merusak rambut,

20. Mengatasi Jerawat

Salah satu masalah yang terdapat pada wajah adalah jerawat. Yang membuat kesal adanya jerawat terkadang terasa gatal dan perih. Tapi yang harus anda ketahui bahwa buah bit mampu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Yaitu dengan menghaluskan buah bit dan menjadikannya masker untuk dioleskan di wajah atau dibuat jus dan meminumnya secara rutin.

21. Mengatasi Masalah Ketombe

Ketombe pada rambut memang sangat mengganggu dalam keseharian kita, dan yang membuat kesal jika terasa gatal di kepala. Untuk mengatasi ketombe, anda bisa memakai buah bit yang yang direbus dan ditambah dengan dicampur dengan sedikit cuka. Setelah itu, dioleskan dibagian kepala yang berketombe.

Lalu, biarkan selama semalaman yang dibungkus dengan handuk. Di esok harinya, keramas dan bilas kepala dengan air bersih.

22. Meningkatkan Kecerdasan Otak Pada Bayi

Buah bit mempunyai kandungan folat yang sudah terbukti bisa membantu perkembangan otak serta membuat bayi menjadi lebih pintar. Oleh karena itu, buah bit dapat dikonsumsi ibu hamil supaya janin yang berada dalam kandungan terus mendapat asupan folat yang cukup.

23. Memperpanjang Masa Berolahraga

Banyak sekali orang yang merasa kelelahan atau tidak kuat untuk berolahraga dengan tempo yang lama. Contohnya saja olahraga lari, sepak bola dan semacamnya. Hal itu disebabkan energi dan stamina yang kurang dari orang tersebut. Untuk meningkatkan stamina serta energi dalam tubuh anda, anda bisa mengkonsumsi buah bit.

Mengkonsumsi buah bit akan sangat  membantu menyuplai lebih banyak energi sehingga bisa membuat seseorang lebih lama dalam berolahraga. Selain itu, khasiat pada buah bit juga bisa mengurangi resiko sesak akibat masalah kardiovaskular dan pernapasan yang membuat anda bisa berolahraga lebih nyaman.

Nah, itulah pembahasan mengenai buah bit beserta kandungan yang terdapat pada buah bit dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita. Untuk itu, kita harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh kita. Sekiranya dengan ulasan di atas dapat memahamkan kita dan menambahkan pengetahuan mengenai buah bit. Semoga bermanfaat.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment