14+ Manfaat Buah Okra Bagi Kehatan Tubuh [BONUS Cara Memasak Buah Okra]

BUAH OKRA – Bagi masyarakat Indonesia sepertinya buah okra masih sangat asing terdengar di telinga. Memang pada kenyataannya buah ini belum terlalu populer di Indonesia. Tapi siapa sangka, dibalik ketidak populeranya, buah okra justru menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Apa itu Buah Okra?

BUAH OKRA
lovebackyard.com

Buah Okra (Abelmoschus esculentus Moench) adalah tanaman tahunan yang berasal dari keluarga Mallow (Malvaceae). Dahulu, tanaman ini termasuk ke dalam genus Hibiscus namun saat ini masuk ke dalam genus Abelmoschus.

Buah okra memiliki ukuran sebesar cabai hijau besar, kelilingnya berlekuk serta memiliki bulu halus. Saat buah ini dipotong maka akan terlihat biji-biji kecil. Ketika dimasak pun lendir akan keluar dari dalam buah ini.

Rasa dari buah okra ini sangat renyah dengan tekstur yang hampir mirip dengan terong. Banyak sekali olahan dari buah okra ini, seperti dapat dimasak menjadi balado, campuran salad, hidangan tumis dan kari. Negara China dan Karibia sering menggunakan buah ini dalam menu masakannya.

Seiring berjalannya waktu, buah ini terus meningkat kebutuhannya setiap tahun di seluruh dunia. Hal itu terjadi karena buah ini sering digunakan untuk membuat bahan sup, acar, lauk dan minyak yang diekstraksi sebagai minyak sayur.

Asal Usul Buah Okra

BUAH OKRA
omkicau.com

Buah okra ini berasal dari negara Ethiopia lalu kemudian dibudidayakan oleh masyarakat Mesir kuno pada abad ke-12. Setelah dibudidayakan, buah ini menyebar ke seluruh Afrika Utara dan Timur Tengah. Pada abad ke-17, buah ini sampai ke Amerika dan Karibia dan meluas hingga Eropa Barat.

Kandungan Buah Okra

BUAH OKRA
bongotoday.com

Masyarakat dunia semakin menggemari buah okra ini, alasan utamanya adalah manfaat untuk kesehatan. Buah okra ini banyak sekali mengandung kandungan mineral, senyawa organik dan vitamin A, C, E, dan K. Selain itu ada pula zat yang terkandung dalam buah okra ini yakni;

  • Gula
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kolesterol
  • Mangan
  • Kalsium
  • Asam Folat
  • Protein
  • Asam Panthotenat
  • Niacin
  • Thiamine
  • Riboflavin
  • Pyridoxin
  • Potassium
  • Sodium
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Tembaga
  • Fosfor
  • Seng
  • Selenium

Manfaat Buah Okra

BUAH OKRA
klimg.com

Nah, buah ini selain memiliki rasa yang enak ketika diolah ternyata memiliki khasiat yang sangat banyak.
Berikut ini adalah manfaat dari buah okra;

Mengobati Diabetes

Buah okra mengandung baik insulin yang sangat berguna untuk mengobati penyakit diabetes. Okra juga dapat diolah menjadi jus yang sangat baik untuk mengurangi kandungan gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi jus okra secara teratur maka dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Menurunkan Berat Badan

Tanaman ini sangat rendah kalori, kandungan dalam setiap 100 gram buah okra hanya mengandung 30 kalori. Selain itu, buah ini juga tidak terlalu banyak mengandung lemak jenuh. Dengan demikian, tanaman ini adalah sumber makanan yang kaya vitamin, serat dan mineral.

Buah okra sering direkomendasikan oleh para ahli gizi sebagai sumber makanan untuk membantu mengontol kolesterol dalam penurunan berat badan.

Melindungi Paru-paru

Kandungan nutrisi yang tinggi dalam tanaman ini sangat diperlukan oleh tubuh. senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai anti-oksidan seperti beta-karoten, xanthin dan luthein dapat melindungi paru-paru.

Mencegah Sembelit

Bisa dikatakan juga bahwa tanaman ini termasuk ke dalam jenis polong yang memiliki banyak lender. Lendir ini berguna untuk membantu dalam proses peristaltic kelancaran makanan yang dicerna oleh usus, sehingga dapat mencegah penyakit sembelit.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan serat dan antioksidan yang terkandung dalam buah okra ini seperti katekin, epicatehin, procyanidin, quercetin, dan rutin pada tanaman okra ini memiliki manfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

Membantu Proses Pencernaan

Tanaman ini adalah sumber serat yang sangat bagus serta mampu meringankan pencernaan serta meningkatkan kadar gula dara.

Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Sebuah penelitian dari The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology menemukan bahwa ekstrak okra dapat bermanfaat menurunkan kolesterol dalam tubuh. okra akan mengikat kelebihan kolesterol seta racun dalam asam empedu, hal ini dapat mencegah berbagai masalah kesehatan.

Membantu Metabolisme Energi

Okra banyan mengandung mangaan serta magnesium yang dapat berperan sebagai co-faktor berbagai jenis enzim dalam tubuh kita. Magnesium ini bertindak sebagai katalisator dalam reaksi biologis dalam tubuh.

Mangaan bermanfaat untuk proses sintesis ureum, mencegah peroksidasi lemak oleh radikal bebas serta pembentukan jaringan ikat dan tulang. Magnesium dan mangaan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses metabolisme energi.

Menjaga Keseimbangan Tubuh

Kandungan vitamin B seperti Niacin, pyiridoxin, thiamine serta asam pantotenat sangat diperlukan hampir dalam seluruh fungsi tubuh. kerja vitamin B ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Jika saja tubuh kekurangan vitamin B maka keseimbangan dalam tubuh akan terganggu seperti kurang energi, sistem saraf yang kurang sehat serta pencernaan yang buruk.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Vitamin K yang terkandung dalam okra adalah co-faktor untuk enzim dalam membantu proses pembentukan darah serta dapat mengokohkan tulang. Okra juga disebut sebagai tanaman penghasil kalsium yang memiliki manfaat untuk kesehatan gigi dan tulang.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Buah okra dapat membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dari infkesi serta radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Okra mengandung 36% vitamin C serta menjadi rekomendasi banyak ahli gizi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Terdapat pula kandungan zat besi yang bisa mengatur molekul hemoglobin. Sel-sel darah merah berguna untuk melakukan distribusi oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. selain itu, zat besi juga sangat berperan dalam proses metabolisme energi, menjaga kekebalan tubuh dan proses sintesis DNA.

Mengurangi Resiko Cacat Pada Janin

Buah okra adalah sumber folat yang sangat baik. Dari 100 gram buah okra, terkandung sebanyak 22% RDA. Kandungan folat sangat baik untuk wanita hamil serta dapat membantu mengurangi resiko cacat pada tabung saraf janin dalam kandungan.

Mencegah Kanker Rongga Mulut

Kandungan yang terkandung dalam buah okra salah satunya adalah antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker rongga mulut.

Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Buah Okra adalah salah satu tanaman yang cukup banyak mengandung vitamin A. sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga sangat diperlukan untuk selaput lender yang berkontribusi dalam menjaga kesehatan kulit.

Efek Samping Mengkonsumsi Okra

buah okra
iheartrecipes.com

Ternyata selain memiliki manfaat yang begitu melimpah, buah okra ini memiliki beberapa efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan atau salah dalam mengolahnya. Tingginya kandungan oksalat pada okra bisa menyebabkan kondisi ginjal dan batu empedu menjadi rusak.

Jika mengolah okra dengan cara digoreng maka akan meningkatkan kolesterol sehingga dapat merusak kesehatan. Sangat dianjurkan untuk mengolah okra agar dengan baik sehingga aman ketika dikonsumsi.

Cara Mengolah Buah Okra

buah okra
7menit.com

Ternyata buah okra ini daunnya dapat dimanfaatkan sebagai makanan, daun okra dapat dimasak dengan cara di tumis atau langsung dimakan mentah sebagai salad. Bahkan, biji okra dapat dipanggang menjadi kopi alami yang bebas kafein. Selain menjadi kopi, biji okra juga dapat dikonsumsi langsung sebagai kudapan yang kaya lemak tak jenuh.

Di berbagai negara seperti Jepang, okra diolah dengan kecap atau taburan pada sushi nigiri. Sedangkan di negara tetangga yakni Malaysia, okra diolah menjadi sup.

Pilihlah buah okra yang masih muda serta berukuran kecil serta masih segar agar lebih cepat matang. Bersihkan buah okra untuk menghilangkan rambut halusnya, lalu keringkan terlebih dahulu sebelum dipotong-potong.

Berikut ini adalah cara membuat tumis okra yang sehat;

  • Panaskan minyak zaitun sekitar dua sendok makan.
  • Okra yang sudah dipotong tadi masukan sebanyak setengah kilogram
  • Tumis dengan kondisi api sedang selama kurang lebih lima menit, tumis hingga warna okra menjadi lebih cerah.
  • Tambahkan bawang putih serta bawang bombai yang telah dipotong dadu.
  • Tambahkan beberapa bumbu penyedap seperti garam, merica, lada hitam.
  • Tumis selama kurang lebih 3 menit lalu tambahkan potongan tomat segar untuk menambah cita rasa dari tumis okra.
  • Okra

    luar biasa memang khasiat buah okra. bahkan menurut hasil penelitian biji okra mengandung zat anti lelah.