Aneka Buah Penambah Darah yang Paling Efektif

BUAH PENAMBAH DARAH – Tahukah Anda buah apa sebagai penambah darah? Nah, bagi Anda yang belum tahu dan ingin mengetahui buah apa yang mampu menambah darah, kita akan membahas di artikel ini. Buah yang berfungsi untuk menambah darah merupakan makanan yang alami untuk mengatasi kurang darah atau anemia.

Orang yang mengalami anemia biasanya merasakan pusing, letih, dan mudah lelah ketika menjalani aktivitas. Untuk mengatasi semua masalah itu, kita bisa mengkonsumsi buah-buahan yang terdapat di sekitar kita. Mengatasi penyakit tersebut dengan mengkonsumsi buah lebih aman dari pada memakai obat-obatan ataupun suplemen yang dijual di luar.

Macam-macam Buah Penambah Darah yang Efektif

Buah Penambah Darah
ekoran.co.id

Hal yang perlu dilakukan untuk mencegah anemia atau kekurangan darah adalah mengkonsumsi buah-buahan. Kebanyakan dari kita belum mengetahui bahwa buah-buahan yang ada disekitar kita itu memiliki manfaat untuk menambah sel darah.

Buah-buahan tersebut sering kita jumpai di pasar ataupun di tempat supermarket. Untuk lebih jelasnya, berikut buah-buah penambah darah beserta penjelasannya.

1. Buah Naga

Buah Penambah Darah
hellosehat.com

Buah naga, buah ini terkategorikan sebagai salah satu buah penambah darah. Buah naga dikategorikan sebagai buah penambah darah karena buah ini mengandung banyak sekali zat besi, kalsium, fosfor, serta vitamin, C, B1, B3, B12, dan masih banyak lagi mineral yang baik untuk tubuh. Buah ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat, jadi tidak usah susah-susah lagi untuk mencarinya.

Buah ini sudah dikenal mempunyai manfaat yang banyak, salah satunya adalah mampu menyembuhkan penyakit anemia. Buah naga memiliki jenis dan warna yang berbeda-beda. Buah naga yang lebih berkhasiat adalah buah naga yang berwarna merah. Warna merah yang sangat pekat tersebut memiliki zat bentuk pembentuk sel darah merah. Dari penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa buah yang mempunyai warna pekat memiliki kandungan zat antioksidan yang cucup tinggi.

2. Stroberi

Buah Penambah Darah
mrhifanie007.files.wordpress.com

Buah stroberi, buah yang satu ini juga merupakan buah yang bermanfaat untuk menambah darah. Stroberi mempunyai kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup banyak. Kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung pada buah ini antara lain adalah vitamin C, A, B1, B2, B3, B6, E, K, dan zat besi, mangan serta kalsium. Dan terlebih lagi buah ini mengandung zat antosianin yang berfungsi sebagai anti oksidan.

3. Jambu Biji

Buah Penambah Darah
buahaz.com

Pasti anda sudah mengenal buah yang satu ini, kebanyakan dari masyarakat mengolah buah ini dengan dibuat jus. Nah, minuman tersebut biasanya diberikan dan dikonsumsi oleh orang yang terkena demam berdarah, tahukan kamu tentang hal ini. Jambu biji juga mempunyai banyak jenis dan warna. Ada yang dagingnya berwarna merah dan ad yang berwarna putih.

Namun, yang lebih berkhasiat di antara dua jenis tersebut adalah yang dagingnya berwarna merah. Buah jambu biji ini mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi uang sangat banyak, antara lain adalah vitamin C, vitamin A, B1, serta zat besi yang mampu membentuk hemoglobin, sehingga buah ini sangat berfungsi sebagai penambah darah.

4. Anggur

Buah Penambah Darah
samasta.co.id

Anggur, buah anggur memiliki kandungan nutrisi yang lengkap serta kaya dengan vitamin,sebab itulah anggur merupakan salah satu buah sebagai penambah darah. Adapun nutrisi serta vitamin yang terkandung pada buah tersebut antara lain adalah kalsium, magnesium, fosfor, natrium, zat besi, serta vitamin C, B1, B2, B3, B5, B9, B12 dan vitamin K.

Namun, anggur jua terkenal bisa mengobati penyakit jantung koroner, mengatasi hipertensi , menghambat sel kanker dan sebagainya.

5. jeruk

Buah Penambah Darah
khasiat.co.id

Jeruk, buah ini termasuk dalam buah penambah darah. Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin pada jeruk, sehingga semua itu berperan untuk membentuk sel darah merah. kandungan tersebut antara lain adalah, zat besi, asam folat, kalsium, fosfor, tembaga, serta vitamin C, B1, B5, B6, dan sebagainya. Kandungan nutrisi dan vitamin tersebut yang membentuk sel darah merah dalam tubuh.

6. Alpukat

Buah Penambah Darah
manfaatbuahkesehatan.blogspot.co.id

Alpukat merupakan salah satu buah yang sangat efektif sebagai penambah darah. Namun, banyak orang yang masih khawatir untuk menggunakan buah ini. Mereka masih ragu dengan buah ini karena kandungan lemak yang terkandung padanya, padahal ,lemak yang terkandung padanya bukanlah lemak yang jenuh dan tak sehat. Melainkan kandungan lemak yang terkandung padanya tersebut adalah kandungan lemak yang bagus dan menyehatkan.

Kandungan nutrisi serta vitamin membentuk sel darah merah pada tubuh. Kandungan yang terdapat pada buah tersebut antara lain adalah zat besi, fosfor, kalsium, serta vitamin C, A, B1 dan juga berbagai mineral yang sangat berperan untuk tubuh. Selain itu, buah alpukat juga bermanfaat untuk melancarkan pernafasan.

7. Apel

Buah Penambah Darah
disehat.com

Buah apel sangat bagus dikonsumsi untuk menambah darah. Karena kandungan yang terdapat pada buah apel sangat banyak dari vitamin maupun nutrisi dan mineral. Selain itu, apel juga mampu memperlancar pencernaan dalam tubuh kita, serta mampu merawat kesehatan jantung kita.

Nah, demikian buah-buahan alami sebagai penambah darah. Buah-buahan tersebut sudah kita ketahui dan mudah untuk dicari. Untuk itu, bagi Anda yang mempunyai penyakit anemia atau kekurangan darah sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan yang dijelaskan di atas. Sekiranya pembahasan mengenai buah penambah darah cukup bisa dipahami dan semoga bermanfaat untuk kita bersama.