Macam-macam Buah Penurun Kolesterol

BUAH PENURUN KOLESTEROL – Buah-buahan merupakan makanan alami yang kaya akan manfaat. Terlebih lagi, buah-buahan memiliki rasa yang menyegarkan. Salah satu manfaat buah adalah untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Apa saja jenis buah penurun kolesterol tersebut?

Kolesterol merupakan senyawa kompleks yang dihasilkan oleh tubuh seseorang di dalam hati dengan kadar tertentu, dan ada juga kolesterol tambahan yang dihasilkan dari luar tubuh yaitu dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Seperti gula, daging, dan lainnya.

Ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh yaitu kolesterol HDL (Baik) dan kolesterol LDL (Jahat). Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan kadar kolesterol di dalam tubuh bertambah tinggi dan bisa melebihi batas. Hal ini yang membuat kolesterol tersebut bisa membentuk plak yang akan menyumbat darah.

Bahaya kolesterol tinggi benar-benar bisa mengancam nyawa manusia. Kita semua pasti tahu dengan yang namanya penyakit jantung koroner, yaitu penyakit yang disebabkan karena darah tersumbat. Salah satu penyebab tersumbatnya darah yaitu kolesterol tinggi.

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara menurunkan kolesterol
Sumber: ahlikolesterol.com

Jika tubuh anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sebelum terlambat sebaiknya anda mulai berusaha untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Jika belum terlambat sebaiknya mulailah menerapkan cara menurunkan kolesterol secara alami.

Bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol secara alami? Salah satu cara alami yang paling ringan yaitu mengkonsumsi buah penurun kolesterol. Cara ini tidak ribet dan bersifat sehat yang alami.

Seperti yang sudah kita singgung di atas, bahwa buah-buahan memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Berikut ini beberapa jenis buah-buahan yang bagus untuk menurunkan kolesterol.

Buah Penurun Kolesterol

Buah penurun kolesterol tinggi
Sumber: everydayhealth.com

Ada beberapa jenis buah penurun kolesterol yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Selain membantu menurunkan kolesterol, buah ini juga bagus untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga organ-organ tubuh lainnya.

Jenis buah ini merupakan jenis buah yang mudah kita jumpai dan mudah juga kita dapati dengan harga yang bersahabat. Andai saja harganya tidak bersahabat, tentunya bukan merupakan hal yang terlalu dipermasalahkan demi kesehatan dan kebaikan diri sendiri.

Beberapa jenis buah ini bisa anda konsumsi salah satunya saja, yang terpenting adalah mengkonsumsinya secara rutin. Bisa juga mengkonsumsi semua jenis buah penurun kolesterol, asal jangan berlebihan. Mungkin cukup sehari makan satu jenis buah, hari berikutnya ganti jenis buah lainnya, dan seterusnya.

Pisang

Pisang
Sumber: healthyrise.com

Buah pisang merupakan jenis buah yang kaya serat. Buah pisang sendiri bermacam-macam, tapi pada intinya sama, yaitu kaya akan serat. Serat dalam buah pisang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. LDL merupakan singkatan dari kata Low Density Lipoprotein.

Kolesterol LDL merupakan jenis kolesterol jahat yang bisa menyebabkan berbagai penyakit mematikan. Seperti jantung koroner dan struk. Hampir semua orang yang terserang penyakit tersebut nyawanya tidak bisa tertolong.

Buah Pir

Buah pir
Sumber: bacailmu.com

Buah pir dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Karena buah pir mengandung pektin yang tinggi. Pektin dalam buah pir bermanfaat untuk membersihkan usus dari sisa-sisa makan.

Selain itu pektin dipercaya membantu menurunkan kolesterol jahat. Pektin merupakan zat yang terdapat pada buah-buahan tertentu. Pada buah pir terkandung sekitar 60% pektin, oleh karena itu buah pir sangat dianjurkan untuk penderita penyakit jantung.

Apel

Apel
Sumber: pinterest.com

Buah apel tidak jauh seperti buah pir, yaitu sama-sama mengandung pektin. Bentuk dan rupanya pun hampir sama. Buah apel juga terkenal sangat menyehatkan dan sangat mudah dicari.

Buah apel mengandung zat beta gulacan, yang mana zat tersebut dipercaya mampu mengontrol kolesterol dalam tubuh. Jadi buah ini selain dipercaya untuk mengatasi penurunan kolesterol, bagus juga untuk mencegah kolesterol tinggi.

Semangka

Semangka
Sumber: crafthubs.com

Buah semangka merupakan buah yang terkenal akan kandungan airnya. Sehingga bagus untuk menghilangkan rasa dahaga secara cepat. Buah ini juga merupakan buah yang mudah didapatkan. Harganya juga sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Banyak manfaat dari buah yang satu ini. Salah satu manfaatnya yaitu membantu dalam menurunkan kolesterol tinggi. Di dalam buah semangka terkandung antioksidan yang bernama likopen. Yang mana likopen bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Jambu Biji Merah

Jambu Biji Merah
Sumber: pofolks.org

Jambu biji merah merupakan salah satu dari beberapa jenis jambu biji. Namun, dari beberapa jenis jambu biji yang populer adalah jambu biji merah. Mengapa demikian? Selain rasanya yang lebih manis, jambu biji merah memiliki banyak manfaat.

Jambu biji merah dipercaya dapat menambah trombosit dalam tubuh. Manfaat lainnya yaitu membantu menurunkan kolesterol tinggi. Senyawa flavonoid adalah kandungan dalam jambu yang berperan dalam membantu mencegah kolesterol tinggi.

Jeruk Nipis / Lemon

Lemon
Sumber: diabetes.co.uk

Jeruk nipis merupakan jenis buah yang biasa dikonsumsi dengan cara diolah terlebih dahulu. Bia dijadikan minuman hangat, bisa juga buat campuran makanan. Perlu diketahui, meskipun jeruk nipis rasanya asam, jeruk nipis memiliki banyak manfaat.

Diantara manfaatnya adalah membantu mencegah kolesterol tinggi. Jeruk nipis atau lemon mengandung flavonoid yang bagus untuk mencegah produksi kolesterol jahat (LDL). Jadi buah ini bagus untuk kesehatan.

Buah Zaitun

buah zaitun
Sumber: tipskeren.com

Buah zaitun terkenal dengan minyaknya yaitu minyak zaitun. Yang mana minyak zaitun memilik banyak manfaat untuk kesehatan. Begitu juga dengan buah zaitun, buah ini juga memiliki banyak manfaat.

Ya… Termasuk juga untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada dalam tubuh manusia. Kadungan zat hydroxytyrosol atau zat anti oksidan merupakan zat yang berperan dalam memerangi kolesterol jahat (LDL) tanpa berpengaruh terhadap kolesterol baik( HDL).

Jadi mengkonsumsi buah-buahan tersebut merupakan salah satu cara alami, untuk menangani kolesterol tinggi yang bisa menyebabkan datangnya penyakit mematikan. Buah penurun kolesterol yang sudah disebutkan di atas, merupakan jenis buah yang paling bagus untuk masalah kolesterol. Akan tetapi, pada dasarnya semua jenis buah bagus untuk kesehatan.