manfaat kasiat bunga kitolod

Bunga Kitolod untuk Obat Mata

BUNGA KITOLOD – Nama bunga kitolod rasanya masih terdengar asing ditelinga masyarakat jika dibandingan dengan nama tanaman obat yang lainnya, seperti brotawali atau sambiloto.

Nama lain bunga kitolot adalah Isotoma loniflora atau Laurentia longiflora. Bunga ini memiliki tangakai bunga yang cukup panjang, sehingga bungga ini biasa dijuluki longiflora. 

Mahkota bunga kitolog berbentuk bintang dan berwarna putih bersih. Bentuk bunga mirip dengan bunga melati gambir (jenis melati yang digunakan sebagai bahan campuran teh).

Tanaman Bunga Kitolod 

tanaman bunga kitolod
photobucket.com

Tanaman bunga kitolod biasa tumbuh sekitar 50 cm, berbentuk semak, dan tumbuh semusim. Batangnya bulat, berkayu, dan berwarna hijau.

Daun kitolod  berwarna hijau dengan tepi yang bergerigi. Daun kitolod merupakan daun tunggal dengan ukuran lebar 2-3 cm dan panjang 5-15 cm. 

Bunga berbentuk lonceng dengan mahkota menyerupai bintang bertajuk lima dan berwarna putih. Buahnya berbentuk lonceng berwarna hijau, dengan biji berbentuk telur bulat, ukuran kecil, dan berwarna putih. Akar tanaman termasuk akar tunggang yang mudah dicabut.

Bunga kitolot dulunya dianggap sebagai tanaman liar yang biasa tumbuh di sela-sela bebatuan, di pinggir-pinggir selokan, bahkan di areal tanaman hias yang tumbuh begitu saja.

Kandungan Kimia Bunga Kitolod

bahan kimia pada bunga kitolod
libguides.willamette.edu

Tanaman bunga kitolod memiliki banyak kandungan bahan kimia. Kandungan yang ada di dalam tanaman kitolod antara lain senyawa alkaloid, yakni lobelamin, lobelin, dan isotomin.

Daunnya mengandung saponin, kaloid, flavonoid, dan poliferol. Getah tanaman mengandung racun, tetapi bagian tanaman yang lain memiliki efek antiradang, antikangker atau antineoplastik, antiperadangan atau antiinflasi, analgesik (penghilang rasa nyeri ), dan hemostatik (menghentikan pendarahan).

Manfaat/Kasiat Bunga Kitolod

manfaat kasiat bunga kitolod
beritagar.id

Penggunaan bunga kitolod sebagai obat gangguan mata sebenarnya sudah sering dilakukan oleh masayarakat di pedesaan. Mereka biasa memanfaatkan kitolod sebagai obat mata.

Selain itu beberapa sifat dari tanaman kitolod bisa menyembuhkan beberapa penyakit ringan seperti antiinflasi (antiperadangan), analgesik (menghilangkan nyeri)dan hemostatik (menghentikan pendarahan)

Bunga Kitolod untuk Obat Tetes Mata

bunga kitolod untuk obat tetes
matanetdoctor.co.uk

Penggunaan kitolod untuk obat mata tetes mata sudah sejak lami dilakukan oleh masayarakat pedesan. Caranya dengan memetik bunga kitolod pada pagi hari, yakni saat bunga masih berembun.

Embun yang menempel di bunga diteteskan ke mata sebagai obat gangguan mata.

Bunga Kitolod untuk Obat Iritasi Mata dan Kebutaan

bunga kitolod untuk iritasi dan kebutaan
societyfortheblind.org

Menurut Allen (1943) dan Burkill (1935), air yang diperoleh dari bagian tanaman kitolod bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati iritasi mata, serta bisa dimanfaatkan sebagai penyegar mulut dan tenggorokan.

Souder (1963) berpendapat bahwa air kitolod yang diteteskan bisa mengobati kebutaan.

Bunga Kitolod untuk Mata Merah/Radang Mata

bunga kitolod untuk mata radang mata radang merah
netdoctor.com

Peradangan atau inflasi pada mata disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya disebabkan karena alergi, infeksi, gesekan atau kemasukan benda asing seperti pasir, debu, atau benda kecil lainnya.

Infeksi konjunktivis bisa menyebabkan peradangan mata dengan mata bernanah. Mata merah termasuk penyakit yang sering ditemukan, dan hampir semau orang pernah mengalaminya.

Di Indonesia, ada banyak ramuan obat untuk mengatasi radang mata tersebut, diantaranya adalah dengan menggunakan bunga kitolod.

Bunga Kitolod untuk Obat Hepatitis

bunga kitolod untuk hepatitis
CrawfordMedical.com

Kitolod juga digunakan sebagai salah satu bahan campuran ramuan tradisional untuk mengobati penyakit hepatitis oleh Ki Tjipto Pringgondani di Semarang.

Membuat Ramuan Obat dari Bunga Kitolod untuk Penyakit Mata

  • Membuat Ramuan Obat dari Bunga Kitolod untuk Iritasi Mata atau Mata Merah
  • Ambil 3 bunga kitolod
  • Siapkan 1/2 botol air minum steril berukuran 600 ml
  • Keluarkan air dalam botol tersebut dengna menyisakan kurang lebih setengah botol
  • Masukkan 3 bungga kitolod yang sudah disiapkan tadi
  • Kocok-kocok selama kurang lebih 10 detik
  • Siramkan air hasil kocokan bunga kitolod tadi ke mata sebanyak satu tutup
  • Lakukan peniraman untuk setiap mata kurang lebih 3 kali

Manfaat Daun Kitolod untuk Mengobati Iritasi Kulit dan Luka/Memar

bunga kitolod untuk iritasi kulit
healthtap.com

Kandungan antiinflasi (antiperadangan), analgesik (menghilangkan nyeri)dan hemostatik (menghentikan pendarahan) yang terdapat pada daun kitolod mampu menyembuhkan iritasi kulit maupun luka memar akibat terjatuh atau terkena senjata tajam.

Menurut pendapat Lipp dan Von Reis (1982) mencatat bahwa air kitolod bisa mengobati iritasi kulit dan kebutaan. Menurut Morton (1981), kitolod bisa mengobati luka di kulit yang disertai peradangan.

Di samping itu, daun tanaman kitolod juga bisa digunakan untuk mencegah berbagai gangguan iritasi (Burkill, 1935).

Membuat Ramuan Obat dari Daun Kitolod untuk Iritasi Mata

Tumbuh 3-5 helai daun kitolod, tempelkan pada luka/memar, ikat dengan perban atau kain, dan ganti dua kali sehari hingga sembuh

Cara Menanam Bunga Kitolod 

cara menanam bunga kitolot
pricepedia.com

Cara menanam tanaman kitolod boleh dikatakan cukup mudah. Bunga ini bisa tumbuh dengan mudah tanpa harus kita beri perawatan khusus.

Sering kita mendapati bunga kitolod yang tumbuh di pinggir-pinggir selokan atau di sela-sela bebatuan yang tumbuh begitu saja.

Kitolod cocok tumbuh di dataran tinggi, akan tetapi tanaman ini juga bisa tumbuh di dataran renda seperti di daerah Jakarta, akan tetapi pertumbuhannya tidak begitu bagu jika dibandingkan jika tumbuh di dataran tinggi.

Cara budi daya tanaman kitolod tergolong mudah. Pada prinsipnya cara memperbanyak kitolod menggunakan biji tidak berbeda dengan tanaman semusim lainnya, sperti kangkung atau banyam.

Pemeliharaannya cukup mudah, karena kitolod hanya membutuhkan penyiraman yang cukup agar kelembapan tanah tetap terjaga.

Karena dimanfaatkan untuk bahan pengobatan, pemupukan kitolod harus menggunakan pupuk dasar yang berupa pupuk organik atau humus.

Demikian artikel mengenai bunga kitolod yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit bermancam penyakit, semoga bisa memberikan manfaat untuk kesembuhan penyakit Anda.

Jangan lupa konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan kesembuhan yang maksimal.

Leave a Comment