Cacar Ular Beserta Pengertian, Ciri-ciri, Gejala dan Cara Mengobati

CACAR ULAR – Selamat datang di portal Sehatafiat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyakit kulit herpes. Mungkin dari kita jarang mendengar jenis penyakit kulit ini, karena memang penyakit ini jarang kita temui.

Cacar ular begitu ngerinya, bahkan jenis cacar lainnya seperti cacar air masih kalah dengannya. Di artikel ini nanti anda akan kami giring untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang cacar ular beserta cara penyembuhannya.

Baiklah tanpa berlama-lama berikut ini adalah ulasannya, silahkan disimak.

Pengertian Cacar Ular

pengertian cacar ular
cacarular.com

Cacar ular atau dalam bahasa latinnya Herpes Zoster merupakan jenis penyakit kulit yang mana salah satu penyebabnya adalah Virus Varicella Zoster. Sebenarnya penyakit cacar ular ini adalah tahap kedua setelah seseorang terkena cacar air.

Gampangannya adalah seseorang belum bisa terkena cacar ular sebelum dia menderita cacar air terlebih dahulu. Ketika penderita masih terkena cacar air, virus Varicella Zoster masih berdiam di ganglia dalam kondisi belum aktif. Virus ini akan aktif apabila penderita cacar air sudah menurun kekebalannya.

Baru kemudian setelah kekebalan menurun, virus ini akan aktif dan menyebar ke kulit melalui saraf tepi menyebabkan penyakit cacar ular di kulit.

Sebenarnya Bintil-bintil merah tersebut adalah hasil bentukan dari virus yang melakukan perbanyakan diri. Nantinya bintil tersebut akan mengembung dan jika diletuskan akan mengeluarkan cairan.

Pada umumnya penyakit cacar ular menyerang pada orang yang sistem imunnya sudah lemah seperti orang yang sudah tua atau lanjut usia (45 tahun ke atas) dan para penderita penyakit lainnya diantaranya Aids, Leukemia, Lupus dan jenis penyakit lainnya.

Faktor Penyebab Penyakit Cacar

faktor penyebab cacar ular
huffpost.com

Salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit cacar adalah adanya kontak langsung antara kulit manusia dengan penderita. Selain bisa menular dari kulit manusia, yang tak kalah hebat adalah bisa menular melalui pernapasan.

Berikut beberapa faktor penyebab orang terkena penyakit cacar.

  1. Sistem imun sudah melemah seperti yang dialami oleh kebanyakan orang lanjut usia
  2. Jumlah sel darah putih menurun
  3. Penyakit cacar air semakin parah, akibatnya berubah menjadi cacar ular
  4. Faktor bawaan dari lahir
  5. Tidak mendapatkan vaksinasi ketika masih balita
  6. Sebelumnya penderita terkena penyakit HIV atau AIDS
  7. Orang yang melakukan leokimia

Gejala Cacar ular

gejala cacar air
sapnuherbal.com

Pada umumnya ada beberapa gejala yang bisa menunjukkan seseorang terkena penyakit cacar ular, berikut ini diantara gejalanya.

  1. Ketika virus sudah mulai aktif, penderita akan merasakan nyeri yang sangat sakit, terbakar di bagian punggung dan muka
  2. adanya ruam pada permukaan kulit
  3. kulit menjadi sensitif apabila terkena materi luar
  4. Mengalami demam tinggi
  5. Penderita merasakan pusing
  6. rasanya gatal dan perih

Cara Mendeteksi Cacar Ular

cara mendeteksi cacar air
futuready.com

ada beberapa cara yang bisa dokter lakukan untuk bisa mendeteksi adanya penyakit cacar ular, diantaranya:

1. Melakukan kultur virus

Pecahan baru unilepuh yang mengeluarkan cairan, cairannya diambil dan dibawa ke laboratorium virologi kemudian dimasukkan ke medianya supaya dapat dianalisis.

2. Deteksi antigen

Sel yang berasal dari ruam diambil memakai scapel bisa juga jarum lalu dioleskan pada kaca, cara ini bisa untuk mendeteksi adanya glikoproten virus.

Cara Mengobati Cacar Ular

cara mengobati cacar air
foxnews.com

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan bagi mereka yang sudah terlanjur terkena penyakit cacar ular, yaitu:

1. Menggunakan air dingin

Jernihkan tubuh Anda, khususnya bagian tubuh yang dipengaruhi oleh herpes zoster, dalam air dingin untuk sementara waktu. Kemudian keringkan dengan handuk bersih. Disarankan agar tingkat suhu air tidak terlalu dingin.

Lihat juga, kain yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh apakah steril atau tidak. kalau sudah tidak steril, silahkan direndam dalam air panas. Tujuannya agar infeksi tidak dapat ditransmisikan.

2. Kompres

Selain mandi air yang dingin, cara lain yang efisien untuk mengobati infeksi herpes zoster adalah dengan memampatkan kain atau handuk yang dicelupkan ke air dingin untuk meminimalkan rasa sakit dan infeksi. Namun jangan sampai lupa membersihkan kain setelah memanfaatkannya agar tetap bersih tidak menyebarkan infeksi.

3. Perawatan mandi

Oatmeal koloid juga dapat digunakan untuk mengurangi infeksi. Masukkan oatmeal koloid dengan air hangat, lalu keringkan tubuh dengan menggunakan handuk. Jangan sampai lupa, sebelum pemakaian, kain atau handuk dianjurkan untuk disterilkan pada awalnya.

4. Krim

Oleskan lotion pada bagian tubuh yang terinfeksi, setelah itu segera cuci tangan agar terhindar infeksi. Krim yang mengandung capsaicin atau ekstrak lada di dalamnya sangat ampuh untuk meminimalkan nyeri. Patuhi pedoman saat memakai produk tersebut.

5. Jagung atau sodium bikarbonat

Taburi tepung jagung atau sodium bikarbonat pada daerah tubuh yang menderita infeksi. Bahannya itu bisa membantu mengeringkan infeksi. Jika infeksi kering, jangan coba untuk menggaruk, terutama jika terkena luka. Infeksi yang sudah benar-benar mengering pasti akan sembuh dengan sendirinya.

Demikian beberapa informasi tentang cacar ular beserta gejala dan cara mengatasinya, semoga bisa menambah wawasan anda tentang cacar ular.