Cacing Kremi, Bahaya dan Cara Mengobatinya

 

Cacing kremi, juga populer disebut pinworm (dalam bahasa inggris) adalah cacing parasit yang menjangkiti tubuh manusia, umumnya di usus besar.

Parasit yang bernama latin Enterobius vermicularis memiliki ciri bewarna putih dan tampak seperti benang putih. Cacing ini bisa terlihat di sekitar anus penderita karena umumnya cacing ini terdapat pada usus besar yang berhubungan langsung dengan anus.

Cacing ini juga menaruh telur telurnya di anus penderita saat penderita tertidur.

Penyakit ini biasanya tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Namun, jika dibiarkan terus menerus cacing kremi dapat menyebabkan komplikasi ringan disekitar vagina dan peradangan yang terjadi dalam lapisan dinding uterus.

Hal ini bisa terjadi karena parasit cacing naik dari daerah anal ke vagina, berlanjut ke uterus, tuba valopi, dan area sekitar organ di pinggul.

Bahaya Cacing Kremi

obat cacing kremi

1. Berat Badan Berkurang

Seseorang yang terkena penyakit cacing kremi bila tidak segera mendapatkan penanganan akan kehilangan berat badan terus menerus, karena hilangnya nafsu makan. Hal ini dikarenakan telah terjadi iritasi di usus penderita.

Dan orang yang terkena penyakit dalam waktu cukup lama, tubuhnya akan kurus dengan perut membuncit.

2. Radang Pada Saluran Tuba

Radang pada saluran tuba disebabkan karena aktivitas parasit cacing didalam tubuh.

Kondisi tersebut mempermudah masuknya bakteri dari luar tubuh dan bergabung untuk menyerang getah getah bening sehingga menyebabkan peradangan.

Peradangan yang terjadi di getah bening menyebabkan banyaknya cairan nanah didalam saluran tuba.

3. Insomnia

Insomnia, Kondisi dimana orang sulit tidur biasanya juga menyerang penderita cacing kremi.

Aktifitas cacing yang terus berlanjut ketika seseorang tidur mengakibatkan perut mual mual dan perih pada perut seseorang.

Sedangkan aktifitas cacing di anus dapat menyebabkan gatal yang tentunya sangat mengganggu kenyamanan tidur.

4. Radang Usus Buntu

Radang usus buntu/apendiks ternyata bisa disebabkan oleh telur cacing dan cacing kremi itu sendiri. Awal mula gejala adalah sakit perut di bagian tengah, kemudian hilang beberapa jam setelahnya, dan berganti sakit perut di bagian kanan bawah, tepat di tempat apendiks berada.

Cacing kremi dapat mengiritasi dan membuat luka pada usus, sehingga jika terus meradang akan ikut mencemari usus bagian bawah. Hal ini dapat menyebabkan sesorang terkena penyakit usus buntu.

Pencegahan dan Cara Mengobati

cacing kremi obat

Pasien mungkin akan mengalami efek samping ringan pada saluran pencernaan saat menjalani pengobatan. Beberapa obat anti parasit untuk menangani cacing kremi yaitu:

Tujuan pengobatan cacing kremi sendiri adalah untuk menumpas parasit cacing ini dan mencegah peradangan/infeksi kembali terjadi.

Oleh karena itu, dibutuhkan komitmen semua orang yang tinggal serumah untuk sama sama menjalani pengobatan.

Resiko penularan yang sangat tinggi terhadap anggota keluarga lain juga menjadi pertimbangan bahwa satu keluarga harus sama sama berkomitmen untuk mencegah sebelum mengobati penyakit ini.

Efek samping biasa terjadi dalam masa pengobatan, namun anda tak perlu khawatir, karena efek samping tersebut adalah hal yang wajar.

Ada beberapa jenis obat yang biasa digunakan untuk pengobatan cacing kremi ini, yaitu:

  1. Albendazol

    Obat ini dianjurkan untuk semua kalangan, mulai dari dewasa sampai anak anak. Berfungsi sebagai penyembuh cacing kremi yang sudah cukup lama diderita. Dianjurkan dosis tunggal, yaitu 400 mg setiap hari bagi anak anak dan dewasa.

  2. Obat Pirantel Pamoal

    Obat cacing pirantel pamoal (Combrantine) yang mampu menghentikan infeksi yang telah terjadi padaa jaringan pencernaan akibat serangan cacing kremi dewasa.Pernah dengar combantrine? ya, combantrine adalah salah satu obat pirantel pamoal yang mampu mengurangi dan menghentikan infeksi akibat cacing kremi dewasa.Obat ini juga bisa digunakan semua kalangan. Namun berbeda dosis antara satu dan lainnya.
    Untuk anak anak usia 6 bulan sampai 2 tahun adalah 250 mg perhari sedangkan untuk orang dewasa adalah 1000 mg.

  3. Mebendazole

    Obat ini selain ampuh membunuh cacing kremi juga bisa untuk membasmi cacing  cacing kremi, cacing gelang, cacing pita, cacing tambang, dan cacing cambuk. Obat yang efektif untuk membunuh cacing yang menginfeksi saluran pencernaan.

Udah tau bahaya dan cara pencegahan penyakit ini kan? Jadi harap lindungi diri dan keluarga dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan

Yuk, baca juga artikel lain ini Mengenal tes darah dan Manfaatnya Untuk Tubuh